Juli 02, 2014

Kisah Sukses Usahawan Muda (Tayangan Kick Andy)

322-Melinda istiqomah-Kwh 3



Berdasarkan video yang telah saya liat, saya menganalisis beberapa nilai – nilai yang dapat dijadikan sebagai motivasi pengelolaan wirausaha mandiri. Di video tersebut terdapat 3 narasumber yang mennceritakan berbagai pengalaman dan juga perjuangan – perjuangan yang dirasakan untuk mencapai kesuksesan diusia muda.  Adapun beberapa narasumber yang menceritakan pengalaman untuk sukses diusia muda adalah sebagai berikut :
           Pengusaha Kopi

Nama : Putri
Usia : 25 Tahun
Putri mengawali berwirausahanya sejak usia smp, diusia smp putri sudah mengeluti dunia wirausaha dengan menjual sepatu, kue ataupun gorengan – gorengan yang ia pasarkan ke teman – teman yang ada disekolahnya. Bukan sutu hal yang mudah untuk putri dalam merajut usaha kopinya banyak perjuangan – perjuangan yang ia lakoni didalam mensukseskan prodak yang ia jual. Dengan terbatasnya modal yang ia miliki putri memiliki strategi yang ia gunakan untuk memperlancar usahanya tersebut diawali dengan membeli biji kopi hingga meminjam kopi yang nantinya akan dibayar setelah kopinya laku dijual. Saat ini putri sudah lebih mandiri dalam mengolah produk kopinya, bahkan putri sudah memiliki perkebunan kopi seluas 4 hektar, itupun tidak menutup kebutuhan banyaknya pesanan kopi. Kopi yang putri jual antara lain kopi luwak lanang atau jantan, lanang landep yang produk keduanya tidak jauh berbeda. Alasan putri dengan nama produk yang ia gunakan adalah putri mengatakan bahwa kopinya dihasilkan oleh hewan luwak yang berjenis kelamin jantan, tentu bukan suatu alasan mengapa luwak itu lebih dipilih karena enzim yang dihasilkan oleh luwak jantan lebih kuat sehingga rasa yang dihasilkan pun lebih nikmat. Lain cerita dengan kopi gajah hitam nama itu didasari oleh biji kopi yang lebih besar dari biasanya sehingga dinamakan dengan biji kopi gajah.Tak disangka dari hasil kerja kerasnya itu saat ini putri sudah menghasilkan omset pertahunnya pada tahun 2012 mencapai 1,6 Milyar. Pemasaran yang dilakukan oleh putri sudah menjajai mancanegara, negara Myanmar, Thailand, kore,jepang dan negar lainnya pun menjadi negra yang mengimport kopi lanang milik putri tersebut.

           Pengusaha Ikan Hias

Nama : Nicho Kurniwan
Usia    : 21 Tahun

Nicho sudah mencicipi dunia bisnis sejak duduk dibangku sekolah kelas 1 SD dengan menjual mainan, dan membantu ibunya untuk memasarkan kuenya. Berawal dari pemikiran bagaimana caranya meneruskan pendidikan hingga kejenjang yang lebih tinggi, pasti memerlukan banyak biaya. Nicho berfikir berapa biaya yang harus ia keluarkan untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Kondisi ekonomi yang dirasakan nicho pada saat itu sangat surut bagaimana tidak ditengah – tengah minimnya kondisi keungan namun orang tua nicho memasukan nicho kesekolah yang bonafit, hal itu memotivasi nicho untuk terus berprestasi akademik sejak SD Nicho selalu mendapat juara kelas, selain prestasi sekolah yang ditunjukan nicho juga berprestasi dalam berbagai organisasi disekolah seperti osis, band, futsal dan beberapa aktivitas lainnya.
Dari beberapa bisnis yang telah dilakukan nicho. Yang paling menarik minat nicho adalah dengan berbisnis ikan hias. Ikan hias yang pertama ia miliki adalah ikan hias yang diberikan dari saudaranya. Kemudian nicho menjualnya di oneline. Setelah mengetahui banyaknya peminat melalui media itu nicho mulai meneruskan bisnisnya itu dengan membudidayakan ikan hias. Dalam hitungan detik ikan hias itu laku keras, media pemasarannya pun melus hingga mancanegara. Meski pernah tertipu dan jatuh bangun dalam berbisnis. Nichopun tak menyerah untuk memjalankan kembali bisnis ikan tersebut.

           Nama : Hamza Izhulhaq
Usia   : 19 tahun

Hamza saat ini berumur 19 tahun. Berbagai seluk beluk perjuangan hamza dalam merintis bisnis. Dimulai sejak SD keberanian hamza sudah muncul untuk bekerja serabutan seperti mengamen, ojeg motor, ojeg payung, bhkan jual koran, berbagai tantangan itu hamza lakukan diwaktu SD tidak sampai disitu ketika SMP dan SMA hamza masih berjuang untuk mengasah potensinya dalam berbisnis, seperti berjualan snack, roti ataupun makanan lainnya. Bukan suatu hal yang mudah dalam berjualan didalam kelas hamza harus berurusan pada guru karna berjualan dikelas. Hal itu tidak menyurutkan hamza untuk terus berbisnis. Pada suatu seminar hamza ditawarkan untuk membeli bisnis bimbel seharga 175 juta. Dengan segala usaha hamza berjuang hingga hanya mendapatkan uang sebesar 75 juta. Setelah itu barulah sisanya diputar untuk kredit dan lainnya. Dan saat ini hamzah sudah memiliki 58 karyawan di 3 cabang bimbel selain itu hmz juga menekuni bisnis kerajinan berupa sofa, bantal dan lainnya. Omset yang didapat hamza berbulan bervariatif antara 200-0250 juta rupiah

Kesimpulan :
         Bukan suatu yang tidak mungkin dalam mencapai kesuksesn sejak belia
         Membutuhakn karakter – karakter positif yang menjadi modal utama dalam berwirausaha seperti suk tantangan, berani mengambil resiko, rajin, optimis, kerja keras, komitmen yang kuat dan tidak pantang menyerah
         Dalam membangun menara kesuksesan perlu adanya perjuangan yang dimulai dari 0 dan bukan kesuksesan yang instan
         Mempunyai nilai tambah yang berbeda dengan yang lainnya. ATM bisa menjadi strategi yang bagus untuk memulai wirausaha



2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.