Juli 02, 2014

Bisnis Plan Coklat Delfirst

322-Melinda istiqomah

Siapa yang tak kenal dengan coklat… Cemilan popular yang satu initerus melejit namanya seiring era perkembangan diberbagai jaman. tentunya dilengkapi dengan beragam kreasi bentuk, rasa dan juga  warnanya. Coklat sangat akrab dilidah berbagai kalangan mulai dari anak – anak hingga dewasa tak heran bila coklat memiliki penggemar di penjuru dunia


Berawal dari kegemaran saya mengkonsumsi coklat, saya tertaik juga untuk memproduksi beragam produk coklat. Alasannya lainnya sederhana, mayoritas orang mengonsumsi coklat tidak lebih dari 3 bulan sekali atau bahkan 1 tahun sekali dimana saat  perayaan seperti hari raya, valentine ataupun dikesempatan lain yang tidak direncanakan, bukan suatu yang awam lagi bila ternyata banyak keistimewaan yang terkandung didalam coklat Antara lain memberikan zat antioksidan yang baik untuk tubuh, menurunkan tekanan darah karena menciptakan mood yang menyenangkan alias menghilangkan stess bahkan penelitian mengejutkan lainnya coklat dipercaya ampuh mencegah kanker dan juga mengoptimalkan kinerja otak.
“Pengalihan Kebiasaan” itulah yang terbenak difikiran saya, pasalnya kebiasaan merokok masyarakat  Indonesia belum bisa diminimalisir, alasannya merokok dilakukan untuk menciptakan perasaan yang menyenangkan atau menggurangi tekanan (stress). Namun pada nyatanya banyak effek negaitif yang cepat atau lambat dirasakan oleh para pecandu rokok. Dampak buruk itu tentu tidak akan terjadi bila mengalalihkan kebiasaan merokok, coklat merupakan salah satu solusi memulai kebiasaan yang baik dibandingkan dengan merokok. Coklat memiliki effek yang hampir sama dengan merokok yaitu menyenangkan dan juga meningkatkan suasana yang baik.
Delfirst ( Delicious First ) hadir menjawab kebutuhan konsumen. Dengan menyediakan beragam rasa, bentuk dan juga kemasannya delfirst juga memberikan sensasi yang unik, asik dan juga menyenangkan. Tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri, Delfirst juga menyediakan jasa parsel yang berisi beragam olahan coklat, berbagi kebahagiaan.  Produk ini dibilang masih dalam proses, namun inilah gerbang utama saya dalam menjalankan wirausaha, masih terbilang sederhana namun dari sini saya belajar untuk berkomitmen dengan bisnis, mengatur perencanaan waktu juga keuangan serta yang terpenting adalah membangun pondasi kesuksesan yang dimulai dari nol.
Visi :
ü  Delfirst sebagai pusat coklat terkemuka yang menyediakan beragam makanan atau cemilan berbahan dasar coklat
ü  Delfirst selalu memunculkan inovasi- inovasi baru dalam memproduksi olahan coklat
ü  Delfirst menyediakan coklat yang enak, unik dan juga sehat, yang baik untuk dikonsumsi hingga digemari disegala kalangan pelanggan

Misi :
ü  Memberikan produk olahan terbaik dan berkualitas untuk para pelanggan
ü  Memberikan penawaran special dihari – hari tertentu sebagai bentuk loyalitas untuk pelanggan
ü  Menyedikana Produk Delfirst dengan beragam bentuk, rasa dan juga kemasan sesuai dengan kebutuhan
ü  Harganya menyesuaikan, hingga semua kalangan bisa menimati Delfirst olahan coklat dengan  tidak terpentok biaya
ü  Menyediakan jasa parsel untuk hadiah, kado ataupun bingkisan hari bahagia



BIsnis Plan Coklat Delfirst
Berawal kegemararan mengkonsuimsi coklat, mendoromg saya dalam memproduksi dan berkrasi dengan memproduksi coklat, rasanya yang manis dan menyenagkan coklat juga memiliki berbagai manfabagi yang mengonsumsinya selain memicu hormone yang menyenangkan coklat juga memiliki zat anti oksidan yang mempu menangkal radikal bebas, dengan begitu coklat bisa menjauhkan manusia Dri resiko kanker yang dewasa ini merupakan dampak dari gaya hidup yang tidak sehat.
Indonesia sebagai Negara penghasil coklat terbesar no 3 didunia, merupakan potensi kekayaan indonesia yng perlu dimanfaatkan menjadi sesuaitu yang memiliki nilai yang bermanfaat. Selain dimanfaatkan sebagai cemilan penggunaan coklat diindonesia lebih bervariatif. Selain dijadikan makanan dan minuman coklat juga dimanfaatkan di bidang kesehatan dan perawatan kecantikan Dari beragam bentuk produk olahan cokalt. Cemilan coklatlah yang paling akrab diranah keseharian, pasalnya coklat cemilan dapat diterima ataun  dikonsumsi diberbagai kalangan usia.
Konsumen
Hingga saat ini coklat masih popoler dan akrab dilidah berbagai kalangan. Coklat juga mengalami pergerakan – pergerakan inovasi yang kreatif. Penggunaan coklat dalam keseharain kini lebih beragam. Tak kecuali berbagai cemilan berbahandasar cokalat. Agar coklatini bisa dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat tentu ada penyesuaian dalam kemasan kebutuhan dan inovasi rasa yang lebih bervariatif.
Memulai Bisnis Coklat Delfirst
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
       Modal utama adalah keterampilan dalam menciptakan ide – ide baru tentang pengolahan coklat menjadi cemilan yang bisa diterima dimasyarakat
       Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku yang memberikan penawaran lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan yang digunakan sebagai bahan utama pengolahan coklat
       Carilah tenaga kerja yang benar- benar dapat membantu dalam memproduksi coklat. Yang telaten, trampil, tekun dan jujur. Karena hal – hal tersebut mempengaruhi hasil produkoklatsi coklat-coklatnya
       Selalu mengamati pergerakan minat masyarakat, meliat peluang dari berbagai sisi kebutuhan coklat
       Mencari berbandingan dengan produk – produk coklat lainnya, menambah cita rasa, dan kreasi serta memperluas pemasaran coklat
Keuntungan Bisnis Coklat Delfirst
Dengan membuat berbagai design coklat yang lucu dan unik tentu menarik pencinta coklat untuk membelinya Anak kecil lebih menyukai bentuk cokalat yang lucu – lucu seperti design bunga atau tukoh kartun sedangkan untuk orang dewasa lebih menyukai coklat dengan kemasan yang lebih besar selain buat persedian cemilan juga bisa sebagai oleh –oleh bingkisan untuk berbagi.
Selain itu pemesanan akan lebih besar ketika memasuki hari suatu perayaan seperti valentine ataupun hari raya lainnya. Hal itu barang produksi lebih ditingkatkan sesuaidengan pesanan. Coklat ini bisa semakin diperluas bila menciptakan lahan sebagai jasa perawatan kecantikan berbahan dasar coklat.
Kendala Bisnis Coklat Delfirst
Beberapa kendala yang akan dihadai oleh para pelaku usaha coklat yaitu banyaknya saingan coklat yang dijual di passar swalayan maka itu tantangan yang harus dijalani untuk merebut masyarakat. Selain itu coklat yang dipesan dengan jarak yang jauh akan rentan cair maka harus memilki strategi yang tepat dalam melayani pesann coklat.
 Strategi Pemasaran
Untuk memperluas pemasaran produk coklat, anda bisa melakukannya dengan mengikuti berbagai macam pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi pemerintahan maupun swasta. Melalui kegiatan tersebut anda bisa mengenalkan produk –produk unggulan kepada masyarakat luas, menambah jaringan bisnis, dan memperrbesar peluang passar yang dimilki.
Selain itu pemasaran juga dilakukan dengan mengadakan promosi ataupun penawaran yang mendekatkan ke para konsumen seperti diberi pengumpulan tiket yang bisa ditukar ataupun dengan mencantunkan stiker untuk para anak – anak, sehingga lebih menarik minat konsumen untuk terus membelinya.
Kunci Sukses
Yang terpenting dalam menjalankan bisnis produksi coklat ini adalah kejelian anda dalam memenuhi permintaan passar. Karnanya, dalam setiap kreasi yang dihasilkan harus selalu menarik para konsumen. ketelatenan dan usaha yang keras dalam memproduksi serta kreatif dalam menciptakan cita rasa yang beragam. Jangan pernah takut dengan persaingan yang ada di depan Anda, karena dalam setiap tantangan ada peluang baru yang bisa Anda manfaatkan.
Analisa Ekonomi Asumsi
Produksi boneka sebanyak 300 buah
Proses produksi dilakukan di rumah, tanpa menyewa tempat usaha
Modal awal
Coklat                   ( @Rp. 20.000 x 5 Buah )                : Rp. 100.000
Cronfleks             ( @Rp.25.000 x  3 Buah )                : Rp.   75.000
Springkel             ( @Rp. 10.000 x 2 Buah )                : Rp.    20.000
Mika                      ( @ Rp.10.000 x 3 Buah )                : Rp.    30.000
Kertas                   ( @ Rp. 5.000 x 4 Buah )                 : Rp.    20.000
Pita                        ( @ Rp. 5.000 x 1 Buah )                 : Rp.      5.000
Stiker                    ( @ Rp.    500 x 50 Buah)                : Rp      25.000
Toples                   ( @ Rp. 2000 x 5 buah )                  : Rp.     10.000
Total                                                                                      Rp. 285. 000
Omset Perulan                                                                 Rp. 450.000
Laba Bersih Per bulan                                                    Rp. 175.000

Semoga informasi bangkitkan usaha kecil menengah dengan memproduksi boneka ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan menjadi salah satu inspirasi bisnis yang bisa dijalankan untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Ayo berbisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar