Juli 02, 2014

Menjemput Kesuksesan (Kisah Chairul Tanjung)

322 – Melinda Istiqomah

Siapa yang tek kenal dengan Chairul Tanjung. Pengusaha yang merajut kesuksesan yang dimulai dari Nol itu merupakan salah satu pengusaha yang masuk kedalam pengusaha terkaya didunia.Dalam sebuah kesempatan Chairul Tanjung mengatakan bahwa” Seorang penguasa harus optimis, seperti kue donat, orang optimis akan mendapatkan kuenya sementara orang pesimis akan mendapatkan bolongnya ( Chairul Tanjung )
Dengan demikian jelas untuk menjadi wirausahawan yang sukses memiliki karakteristikkepribadain yang tangguh dalam pencapian tujuannya. Dalam pembahasan lainnya Chairul Tanjung juga memberikan beberapa kiat yang bisa diterapkan oleh para calon wirausahanaya agar semangat menjadi wirusaha terus membakar motivasi untuk terus bergerak mencapai kesuksesan. Berikut merupakan kiat sukses yang dapat diterapkan, yaitu :
       Sukses itu adalah hak miliki setiap orang
Dengan pernyataan ini, Menjadi hak paten yang berlaku untuk setiap orang bahwa tidak ada pembatasan sehelaipun untuk melangkah menjemput kesuksesan. Hal inilah yang juga terlihat nyata dalam perjalanan sukses Chairul Tanjung, Pasalnya Chairul Tanjung bukan berasal dari keluarga yang berada, Hidup dengan kesederhanaan mampu mengantarkan Chairul tanjung untuk optimis dan berjuang mencapai visinya. Oleh karena harus terbenak dalam setiap individu bahwa kesuksesan itu merupakan Hak mutlak yang menjadi kewenangan setiap orang mementukan kesuksesan denganberagam pilihan cara mencapainya tentunya dengan menerapkan cara yang halal dan legal.

       Wirausaha tanpa komitmen adalah omong kosong
Komitmen merupakan kunci melekatnya suatu perencanaan dengan keadaan. Komitmen ini yang harus dijaga dan dijalankan. Apabila kita sudah menetapkan sasaran visi maka kita harus memikirkan strategi apa yang harus dijalankan.  Beragam kendala dan hmbtan dalam proses memperoleh kesuksesan tidak akan luntur apabila kita mempunyai komitem yang berkualitasa dan loyalitas

       Networking
Menghubungkan kepercayaan dan kesetiaan harus tercipta antara penjul dengan pembeli. Lalu apa fungsi akan sebuah networking..? dalam usaha apapun sangat dibutuhkan jaringan untuk suatu pengembangan penjualan. Untu itu silahturahmi dan menjalin komunikasi yang baik harus tetap dijelankaan. Terlebih kepada pelanggran, kita harus  menjadi pendengar yang baik.

       Menghargai masa lalu
Sedikit banyak masa lalu berpengaruh untuk masa depan. Sama halnya dengan prosess menentukan hasil. Dengan menenanamkan prinsip begitu kita akan lebih berhati – hati dan tidak gegabah dalam tindakan

       Organisatoris
Aktif dalam suatu organisasi bukan sesuatu yang merugikan, banyak buah keuntungan yang dapat dinikmati dengan berperan aktif dalam suatu organiasi, organisasi memberikan banyak pembelajaran mengenai berbagai management, baik waktu, kepemimpinan ataupun tanggug jawab

       Aktif dalam kegiatan sosial
Dengan begitu dapat mengasah rasa kepekaan dan sensitifitas kita terhadap masyarakat, dapat memahami kebutuhan apa yng sekiranya menjadi peluang bisnis dan bagi kita akan mendapatkan apresiasi masyarakat

       Optimis
Seorang pengusaha harus optimis jangan sampai pesimis. Optimis memberikan kekuatan beribu kali lipat untuk memotivasi seseorang mampu mencapai kesuksesan yng diharapkan

Begitu juga dengan bisnis produksi coklat. Ada trik khusus yang dapat diterapkan agar coklat tak Cuma bisnis semusim. Meski awalnya hanya kisaran hobby atau melihat peluang pada saat perayaan, Namun siapa sangka bahwa bisnis ini dapat mengantarkn bisnis yang menjanjikan. Salah satunya lewat Festival Cokelat yang mulai berlangsung sejak tahun 2001. Ajang ini merupakan Ajang rutin dua tahunan yang selalu menarik peminat coklat serta menyedot pengunjung. ini berhasil menginspirasi masyarakat untuk mencicipi manisnya berbisnis cokelat.  Tidak heran banyak orang mulai bergelimpung masuk kedalam dunia bisnis coklat, mereka mulai berlomba – lomba membuat coklat dan menyodorkan ke berbagai toko, minimarket hingga supermarket tentunya dengan berbagai olahan coklat yang lebih bervariatif.. Banyak pengusaha dadakan ini yang berhasil.Namun tidak sedikit pula yang akhirnya harus gulung tikar. Kebanyakan dari Mereka yang tidak berhasil hanya menggantungkan bisnisnya pada passion sesaat dan kurang membekali diri dengan strategi bisnis.

Adapun beberapa Tips Sukses dalam menjalankan Bisnis Coklat :

        Pilih lokasi strategis yang sesuai dengan target market yang dituju, apakah anak sekolah, pekerja kantor, atau mahasiswa.
Dengan menetapkan target sasaran masyarakat yang akan dijujuki, kita menjadi faham, lokasi mana dan kemasan apa yang dibutuhkan oleh si pembeli. Pilihlah lokasi yang memudahkan para konsumennya.

       Miliki produk unggulan, setidaknya satu. Produk ini bisa memancing konsumen untuk mencoba produk lainnya.
Dengan memiliki produk unggulan ada magnet yang diandalkan utuk menarik para konsumennya, sehingga timbul mencoba produk – produk lainnya dengan modifikasi kreatif

       Berkembanglah sesuai kapasitas. Jangan memaksakan diri menerima pesanan yang tidak mampu Anda kerjakan. Sebab, jika hasilnya kurang memuaskan, image produk Anda akan rusak.
Pertahankan kualitas, membentuk komitmen dengan memperhatikan kemauan dengan kemampuan dalam menjalankannya

       Jangan terburu-buru memasang label pada produk sebelum yakin benar terhadap kualitas.
Merek akan dikenang selamanya, maka buatlh kesan yang terindah pada kualitas, agar pelanggar cinta pada cicipan pertama

       Cegah pembajakan resep dengan menyiapkan sendiri bahan dasarnya (misalnya, adonan isi). Pisahkan tenaga kerja menurut fase produksi (mulai dari bagian penimbangan hingga pengemasan). Dengan begitu, tiap orang hanya akan tahu bagiannya saja.

Rahasia produksi meski dijaga untuk mempertahankan produksinya.

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.