September 29, 2014

Business Plan Fighter Body Custom

B09 - Bagus Sulistyo Aji

LOGO   




 BISNIS PLAIN FIGHTER BODY CUSTOM

-                             Awal modal usaha saya itu kurang lebih 35 juta karena awalnya hanya iseng-iseng saja. 20 juta itu buat saya beli sparepart yg dibutuhkan dalam body custom dan 15 juta untuk keperluan lainnya. Dan setelah saya jalankan awal dari keisengan saya, pendapat perbulan saya alhamdulillah bisa mencapai keuntungan minilal 10-15 juta bersih (tergantung berapa banyak dalam sebulan kita mendapat konsumen). Inti cerita singkat saya. Dan saya ingin berbagi kunci sukes untuk membuka usaha bengkel motor.

           Alat-alat dan proses pengerjaan body custom





      Kunci sukses membuka usaha bengkel motor custom adalah pelayanan yang prima. Pemilik sepeda motor akan kembali datang ke bengkel anda jika mereka dilayani dengan baik. Beberapa hal yang dapat dijadikan perhatian agar sukses usaha bengkel seperti tertera di bawah ini.
1.      Kejujuran dalam melayani pelanggan harus menjadi yang nomor satu. Pemilik sepeda motor akan merasa cocok menyerahkan perbaikan kendaraanya kepada anda jika mereka melihat kejujuran anda. Sekali anda berbohong, selamanya tidak akan dipercaya. Yang lebih fatal lagi mereka akan menyampaikan kekecewaannya kepada orang lain terkait dengan layanan anda. Menurut ilmu marketing, 1 orang pelanggan kecewa, minimal akan menyampaikan kekecewaannya kepada 7 orang. Begitu pula sebaliknya.
2.       Berikan penjelasan yang benar mengenai komponen/onderdil mana yang perlu dicustom dan katakan dengan jujur jika memang tidak perlu diganti.
3.      Jawab dengan jujur dan sabar semua pertanyaan pelanggan terkait dengan masalah kendaraan mereka yg akan dirombak.
4.       Berikan petunjuk/saran yang benar bagaimana cara merawat sepeda motor mereka agar tidak cepat rusak body customnya.
5.       Kerjakan dengan cepat namun teliti sehingga tidak terjadi kerusakan yang berakibat fatal.
6.    Berikan jaminan atau garansi selama beberapa hari jika terjadi kerusakan.
7.       Jika memang ada ketidakpuasan, tanyakan mengapa itu terjadi. Anda harus bersedia memperbaiki apabila akibat kelalaian karyawan di bengkel motor anda.
8.     Komplain pemilik sepeda motor harus didengar dengan baik, bukan dibantah.

        Delapan rahasia sukses usaha bengkel motor di atas juga berlaku pada usaha bengkel mobil. Dari semua itu, kejujuran merupakan faktor penentu kesuksesan dalam membuka usaha rumahan apapun. Surat bisnis yang kami sajikan merupakan salah satu upaya untuk pencapai keberhasilan tersebut. 





     




Tidak ada komentar:

Posting Komentar