September 11, 2014

Dana Usaha Menjadi Inspirasi Berwirausaha

A29-Teddy Tri Setio
Cerita ini bermula ketika saya tergabung bersama kelompok paduan suara unversitas mercu buana Jakarta. Tahun 2013 saya secara resmi menjadi anggota. Unit kegiatan Paduan Suara Universitas Mercu Buana merupakan suatu wadah yang sangat mengispirasi untuk saya, selain belajar berorganisasi kita dituntut untuk bisa menjadi kader yang bertanggung jawab akan sebuah program yang telah kita buat.
Pada tahun 2014 ini PSM UMB berkesempatan mengikuti kompetisi internasional di Calella Barcelona Spanyol. Namun hal ini bukan lah sesuatu hal yang bisa dibilang mudah, selain harus mempersiapkan materi vocal secara matang, kita harus mempersiapkan diri dari segi financial. Masalah krusial ini ditemukan saat kepemimpinan ketua PSM UMB periode 2013-2014 saudara Reza Irfandi yang harus memutar otak agar permasalahan ini bisa terpecahkan.

Secara organisasi kita memiliki uang kas atau uang pemasukan lainnya. Dari isi pengurus periode 2013-2014 mengambil keputusan untuk membuat dana usaha untuk mendongkrak keuangan kita dengan berwirausaha. Program ini diberi nama “Dana Usaha” yaitu membuat sebuah usaha yang bermodalkan uang kas anggota PSM UMB berupa suatu produk untuk dijualkan kembali. Produk yang dijual ini pun sangat menarik perhatian saya yang saat itu menjadi anggota, sebuah Wristband atau gelang yang biasa digunakan kaula muda untuk menunjang penampilannya.Peluang ini sungguh mengguntungkan,yang awalnya dibuat untuk dana usaha namun ada nilai baik dibalik usaha ini. Dengan harga yang bersahabat yaitu 10 ribu rupiah mahasiswa universitas mercu buana sangat antusias untuk mendukung program ini.
Dari hal ini saya bisa melihat keuntungan yang bernilai besar ketika kita bisa tekun dalam menjalankan usaha ini. Semakin kita memperluas wilayah usaha maka semakin cepat pulsa usaha kita mengalami perputaran. Saat ini PSM UMB bisa menjual gelang tersebut dengan jumlah yang banyak.

Kesimpulannya, belajar dari usaha PSM UMB ini saya terispirasi untuk memulai usaha secara individual berupa produk yang sama dan tentunya akan saya kembangkan inovasi dari produk yang akan saya jual tersebut. Bagaimana bisa membaca situasi pasar dan keingginan konsumen. Saat ini dana usaha PSM UMB ini berjalan baik, berkat dukungan dari pihak mercu buana maka PSM UMB bisa memperluas target usahanya. Mulai dari EnFest yang diadakan di Grand Indonesia beberapa waktu yang lalu. Dan baru-baru ini PSM UMB memperluas usahanya ke kampus mercu buana menteng.

Dari sini juga saya belajar bahwa memulai usaha ini tidak perlu berfikir dengan target wilayah yang luas namun bisa dimulai dari orang terdekat kita. Setelah itu kita bisa membangun sebuah brand image sehingga produk yang kita jual untuk dikenal secara luas. Tak hanya itu usaha ini bisa mewujudkan dan memperlancar tujuan PSM UMB diawal yaitu untuk pendanaan biaya menuju Barcelona oktober mendatang.

Produk ini pun sangat memiliki nilai jual yang sangat kuat, meskipun simple berupa aksesoris namun bisa memenuhi kebutuhan para konsumen dalam segi penampilan. Jadi tidak ada salahnya jika saya mengangkat kisah ini sebagai tugas pertama saya untuk mata kuliah Kewirausahaan II dan menjadi inspirasi usaha saya kedepannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar