September 25, 2014

Golden Grace Kennel (Business Plan )

 B01-Timmy Christian                                                                                                                                                          

Pendahuluan ( Latar Belakang & Prospek Bisnis )


Segala sesuatu yang kita lakukan dengan passion dan kemauan sendiri tanpa paksaan, sesulit apapun itu pasti kita akan menjalaninya dengan sukacita,
begitupun dalam hal dunia bisnis. Bisnis yang dijalani sekaligus karena merupakan hobi dan kesenangan pribadi tentunya akan terus digeluti apapun tantangannya, apalagi ditambah dengan prospek bisnis yang cerah dan menjanjikan, salah satu bukti nyatanya adalah bisnis peternakan anjing ras yang kian marak, tidak hanya di luar negeri, namun juga di kota-kota besar di Indonesia.
Berawal dari hobi sejak kecil yang terus berlanjut sampai dewasa hingga akhirnya mulai diteruskan dengan serius seiring dengan kesempatan-kesempatan yang akhirnya terbuka untuk memulai suatu bisnis sekaligus hobi ini.

Sebagai hewan peliharaan yang paling populer, ditambah dengan berbagai keunggulan yang ada pada seekor anjing dibandingkan dengan hewan peliharaan lain, memang pantas jika jumlahnya pun tidak sedikit di negara ini. Satu rumah tangga bahkan bisa mempunyai lebih dari 3 ekor anjing, sekalipun mungkin tidak semua adalah anjing ras yang terjamin keaslian darahnya dan riwayat hidupnya. 
Anjing ras memang mempunyai tampilan yang jauh lebih menarik dibandingkan anjing lokal, sehingga nilai ekonominya pun tentunya melonjak dengan drastis namun hal ini tidak menjadi masalah bagi mayoritas pecinta anjing di dunia ini, terbukti kocek yang mereka keluarkan sebanding dengan kepuasan yang didapat, biaya pemeliharaan dan perawatan pun sebanding dengan nilai jual anjing ras ini. Berbeda dengan petshop yang tidak semua orang dapat mempercayainya dikarenakan banyaknya jenis hewan yang ada sehingga hal-hal vital untuk pencinta anjing yang serius seperti mutu anjing tidak terlalu diperhatikan dibanding dengan dengan peternakan yang tentunya sangat berfokus akan hal ini dan menjadikan peternakan anjing mempunyai suatu nilai tambah lain yaitu kepercayaan yang lebih dari konsumen, apalagi jika memang reputasinya sudah terkenal baik. Prospek yang cukup menjanjikan, mengingat begitu banyak individu yang memang menyukai hewan ini, bahkan untuk beberapa golongan bisa dikategorikan sebagai kebutuhan penting dan teman sehari-hari yang selalu ada.                                                                                 



Target Konsumen

Sebanding dengan kualitas yang istimewa tentunya harga yang ditawarkan pun berbeda dengan range harga yang ada di pasar ataupun pet shop, sehingga target konsumen yang ada pun tentunya lebih sedikit dibanding dengan target konsumen yang ada di pasar hewan ataupun  pet shop. Namun hal ini tentunya tidak semata-mata mematikan bisnis ini, karena sekalipun jumlah anjing yang terjual di atas kertas tidak sebanyak yang ada di pet shop atau pasar hewan, harga per ekor anjing yang ada di peternakan tentunya lebih mahal dibanding dengan yang ada di pet shop atau pasar hewan.

Memulai Bisnis Peternakan Anjing Ras

Berbeda dengan bisnis lain, keunikan dari bisnis peternakan anjing ras ini adalah harus ada perencanaan waktu yang matang bahkan dari jauh-jauh hari sebelum bisnis ini mulai dikembangkan. 
Anjing yang merupakan makhluk hidup tentunya berbeda dengan bisnis berupa benda mati, butuh waktu untuk anjing tersebut untuk tumbuh dan dapat menghasilkan anak yang akhirnya ditujukan untuk dijual kembali atau untuk dikembangkan kembali di dalam peternakan.

Langkah start yang baik adalah memulai memelihara dan mengembangbiakkan setidaknya 2 atau 3 pasang anjing dalam waktu setidaknya 1 tahun atau lebih sebelum bisnis ini dapat berkembang dengan skala yang besar. Dengan perawatan yang maksimal, dalam waktu 1 tahun, 1 anjing betina dapat menghasilkan minimal 2 ekor anakan, yang berarti dari 2 pasang indukan akan menjadi 8 ekor anjing.

Doa dan ketekunan tentunya sangat diperlukan dalam bisnis ini, semakin banyak stok anjing yang ada maka perkembangan peternakan anjing ras ini akan semakin cepat, dan tentunya waktu menunggu yang cukup lama selama minimal 1 tahun tersebut akan dapat terbayar perlahan tapi pasti dengan hasil yang memuaskan

Keuntungan Beternak Anjing Ras

Keuntungan yang didapat dalam memulai bisnis ini tidak hanya dalam segi materi seperti bisnis bisnis yang ada pada lazimnya, tapi sudah terbukti tidak hanya dari sekedar pengalaman, tetapi juga riset yang menunjukkan bahwa orang yang memelihara anjing akan cenderung lebih bahagia, awet muda dan sehat. 

Hal ini dikarenakan anjing adalah hewan yang sangat setia dan dapat menjadi suatu penghiburan disaat pemiliknya sedang sedih atau sedang mengalami stress, sehingga resiko pemilik untuk terus menerus terpuruk atau ada dalam keadaan sedih akan berkurang, yang berdampak juga pada tampilan luar pemilik anjing yang menjadi lebih segar, lebih ceria serta tampak lebih muda dibanding dengan orang yang tidak memelihara anjing. Kebutuhan anjing untuk berolahraga pun mau tidak mau akan "memaksa" pemilik untuk setidaknya berjalan jalan setiap sore atau pagi hari yang tentunya sangat berdampak positif pada kesehatan pemilik. Bisnis yang santai, unik, namun menghasilkan banyak keuntungan yang tidak didapat dari bisnis-bisnis lainnya.

Strategi Pemasaran dan Sistem Transaksi

Dalam suatu bisnis apapun itu, tentunya strategi pemasaran sangat menentukan keberhasilan suatu usaha tersebut, tak terkecuali dengan bisnis beternak anjing ras ini. Membuat web atau blog bisnis tentunya sangat menolong sistem promosi, karena calon pembeli dapat melihat foto-foto dan keadaan peternakan yang ada dan membantu meyakinkan mereka dengan peternakan ini. Selain itu info dari mulut ke mulut baik melalui display picture di berbagai media sosial ( contohnya : bbm,line,twitter,facebook,dll ) ataupun status dan chat pribadi di media sosial pun memberi dampak yang positif untuk memasarkan peternakan yang ada.

Akan lebih efektif lagi jika kita sering mengikuti acara kontes-kontes yang ada, sehingga dapat sekaligus 'show off' kualitas anjing yang ada di peternakan dan mendapat banyak relasi, yaitu pencinta anjing ras lain yang hadir juga di kontes-kontes resmi yang diadakan oleh organisasi resmi khusus anjing ras bernama PERKIN. Web besar tempat beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta pencinta anjing pun tentunya jangan dilewatkan sebagai ajang promosi, seperti contohnya www.anjingkita.com. Pastikan kita memiliki bahasa pemasaran yang halus, baik, serta menarik minat pembeli baik dalam obrolan pribadi atau iklan secara general, yang sangat berpengaruh tentunya pada reputasi dan kinerja pelayanan peternakan itu sendiri.

Berhubung anjing adalah makhluk hidup yang cukup rentan apabila terjadi perubahan secara mendadak, khususnya perubahan suhu yang terlalu panas, maka sistem transaksi yang profesional dan sangat hati-hati merupakan suatu hal yang mutlak, Jika jarak cukup dekat, maka masih bisa menggunakan motor yang mengangkut pet cargo dengan catatan 1 kandang hanya diisi 1 anjing dan cukup luas serta tidak dalam cuaca yang terik. Sedangkan untuk jarak yang cukup jauh apalagi dibarengi jumlah yang cukup banyak, wajib menggunakan mobil untuk mengangkut pet cargo dan mobil harus memiliki suhu yang cukup dingin. Transaksi jarak jauh pun tidak boleh dilaksanakan secara mendadak, setidaknya sampai anjing mendapatkan waktu yang cukup untuk berpuasa sebelum menempuh perjalanan yang jauh tersebut. Agar tidak tertipu dengan foto-foto yang ada pada web atau media sosial, maka sangat tidak disarankan untuk membayar tanpa mendatangi lokasi peternakan langsung, bahkan sekalipun peternakan itu sudah sangat dipercaya. Calon pembeli harus mendatangi dan melihat langsung kondisi anjing dan peternakan tersebut, sehingga tidak ada kesalahpahaman apabila terjadi sesuatu pada anjing tersebut khususnya dalam waktu dekat, karna pihak pembeli sudah langsung datang sendiri dan melakukan pengecekan yang detail sebelum memutuskan untuk benar-benar membawa anjing itu pulang dan membayar kepada si peternak. Surat-surat resmi seperti silsilah dan sertifikat pun harus dipastikan sudah ada sebelum anjing dijual, sehingga dapat langsung diberikan kepada pembeli, berhubung surat-surat inilah yang menjadi indikator vital selain tato di daerah telinga sebagai penanda keaslian seekor anjing ras. Begitupun bukti-bukti vaksin yang ada yang berbentuk buku yang telah disertifikasi dokter hewan di daerah sekitar peternakan yang sudah teruji kredibilitasnya harus turut serta disertakan. 

Kunci Sukses Beternak Anjing Ras

Seperti yang telah disebutkan di atas, tantangan terbesar dalam bisnis ini adalah bagaimana memulai bisnis ini dengan awal yang baik dan perencanaan yang matang. Perencanaan dalam berbagai hal, khususnya modal, waktu, dan tempat usaha pun sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis ini. Apabila modal sudah ada dan bisnis ini tidak dilakukan secara dadakan dan mendapat tempat usaha yang higienis dan tidak banyak tercemar polusi maupun kebisingan, maka hampir dapat dipastikan bisnis ini dapat dimulai dengan sukses. Tinggal ketekunan dan keseriusan yang akan diuji selanjutnya, apakah peternak benar-benar mau berkomitmen meningkatkan mutu peternakan atau tidak.

Pembelian beberapa indukan anjing impor akan sangat membantu peningkatan mutu peternakan yang ada, dan tentunya hal ini pun dapat diperhitungkan sebagai suatu hal yang sangat layak dilakukan, sekalipun tentunya jangan terlalu sering, karena jika kita hanya mengandalkan kualitas anjing dari peternakan lain, tentunya peternakan kita tidak akan berkembang dan ujung-ujungnya hanya akan menjadi pet shop khusus anjing.

Ketekunan untuk terus berusaha, memelihara, merawat, menjaga kebersihan dan menyayangi anjing sangat berpengaruh untuk mensukseskan bisnis ini. Relasi yang banyak pun tentunya sangat diperlukan, baik dalam hal kerja sama maupun memperluas target konsumen yang ada. Tentunya kembali lagi, berdoa harus ada di atas segala sesuatunya, di atas kesuksesan, komitmen dan perencanaan yang detail yang telah direncanakan sebelumnya.

Analisis Ekonomi

Modal :
1. 2 Pasang Indukan Siap Kawin  @ Rp. 20.000.000
2. 4 Kandang Anjing                     @ Rp.      800.000
3. 2 Pet Cargo                                @ Rp.      300.000
4. Dog Food / bulan / 4 ekor          @ Rp.      250.000
5. Shampo, Sisir, Accesories         @ Rp.      250.000
6. Vaksin u/ 4 ekor                         @ Rp.     500.000

Total modal yang dibutuhkan        @ Rp. 22.100.000

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah 22,1 juta rupiah, untuk pemeliharaan indukan + anakan selama 1 tahun maka maksimal akan mengeluarkan biaya sebesar 5 juta rupiah, total yang ada menjadi 27,1 juta rupiah. Dan total pengeluaran per bulan adalah maksimal 450,000..

Dengan harga anakan anjing minimal 3jt per ekor, dalam waktu 2 tahun minimal akan didapat 12 ekor anakan. Jika 6 anakan tetap dipertahankan dan 6 dijual dengan harga minimal, maka akan didapatkan 18 juta rupiah yang sudah menutup semua biaya pemeliharaan tahun pertama & kedua, bahkan ditambah tahun ketiga yang masih akan datang.

Dengan total 10 indukan, minimal tahun ketiga akan berkembang menjadi 26 ekor, dan jika dipertahankan 10 ekor dan dijual 16 ekor dengan harga minimal 3 juta per ekor, maka terkumpul 48 juta rupiah yang sudah lebih dari cukup untuk menutup biaya modal awal, dan sisa 20juta yang ada dapat digunakan sebesar 5-6 juta untuk perawatan tahun ke empat.. 
14 juta adalah untung bersih, dan mulai tahun ke empat tentunya akan terus menghasilkan untung yang lebih dan lebih lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar