Oktober 24, 2014

Bisnis Plan D'Cassava


I 
Negara Indonesia adalah negara agraris dengan begitu banyak potensi sumber daya alam berupa bahan pangan yang dapat kita temui, salah satu yang menjadi primadona masyarakat adalah singkong dari dulu bahkan hingga sekarang.
Selain rasanya yang enak dari singkong, manfaatnya antara lain adalahmelancarkan pencernaan, mengobati sakit kepala, mengobati diare, mencerdaskan otak, obat luka bernanah dan terbakar, mengatasi rematik, obat cacingan, meningkatkan stamina dan sebagainya.

Dengan segala kelebihan tersebut, singkong merupakan komoditi yang potensial untuk dikembangkan menjadi peluang bisnis yg prospektif karena kemudahan dalam mendapat bahan baku, harga bahan baku yang murah serta pengolahanya yang mudah dan bisa dimodifikasi sedemikian rupa baik rasa maupun bentuknya.Oleh karena itu, singkong menjadi bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu peluang usaha yang potensial, hal ini didukung juga dengan kemudahan mendapatkan singkong sebagai bahan baku. Selain itu, singkong juga dapat diolah secara variatif sehingga memberikan nilai jual yang lebih untuk membangun suatu usaha.



II.                  RINGKASAN BISNIS

D’cassava  merupakan suatu tempat makan yang didesain bernuansa kafe akan tetapi sederhana bernuansa modern. D’cassava menjual makanan dengan bahan utama singkong. Kandungan utama singkong berupapati dengan sedikit glukosamembuat rasa singkong sedikit manis.

Makanan disajikan dengan tata cara penyajian yang menarik. Tata cara penyajian diperhatikan mulai dari tempat makan seperti piring, pisau, garpu, sampai packaging.
Hal ini semuanya berguna untuk mendukung penyajian makanan agar menarik untuk dimakan seperti susunan makanan ataupun bentuk singkong.

Namun juga dengan tidak melupakan rasa dan kualitas makanan yang disediakan. Variasi makanan yang disediakan mulai dari:Cassava Meaty, Cassava Sweet dan Cassava Veggie. Minuman dan makanan pelengkap yang disediakan yaitu jus buah, aneka kopi, minuman ringan dan lain-lain.

Aktivitas yang dilakukan meliputi proses menyiapkan bahan makanan, proses memasak dan proses penyajian. Singkong didapat di Pasar Raya Ciledug Tangerang sehingga tempat penghasil bahan utama,dekatdari tempat penjualan. Proses pembuatan makanan dilakukan di lokasi usahayang menawarkanopen kitchen sehingga proses pemasakan dapat dilihat lansung oleh konsumenuntuk menunjukkan proses memasak yang higienis.

VISI
Menjadi usaha kecilyang dikenal secara luas di Indonesia sebagai pelopor makanan hasil olahan singkong yang modern dan unik.

MISI
a.     Menyediakan menu makanan singkong olahan baru yang sehat dan bercita rasa modern.
b.     Menyajikan variasi menu berbahan singkong yang lebih menarik.
c.    Menjadikan singkong sebagai makanan tradisional yang mampu bersaing.


III.                PRODUK
Produk berbahan baku utama singkong yang dipadukan dengan komponen lain. Singkong sendiri tidak hanya bisa dijadikan keripik atau gorengan biasa. D’Cassava membuat singkong menjadi makanan yang dapat dikombinasikan dengan komponen pendukung lain. D’ Cassava melahirkan tiga varian berupa paduan singkong dengan daging sapi/ayam (Cassava Meaty), paduan singkong dengan keju dan coklat(Cassava Sweet)dan paduan singkong dengan sayuran(Cassava Veggie).

Ketiga variasi produk ini masing-masing dibungkus kulit pangsit kemudian digoreng dengan tepung roti. Dalam satu porsi terdapat empat potong singkong yang dapat divariasikan. Tiap satu potong berukuran 7 cm. Sehingga dengan komposisi per porsi ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus membatasi pengkonsumsian yang sesuai.

Dari segi pelayanan, D’ Cassava menawarkan open kitchen dimana pembeli dapat memilih produk papan menu yang tersedia. Setelah itu pembeli dapat melihat sendiri proses penggorengan yang memastikan bahwa pembuatan D’Cassava higienis dan tidak menggunakan minyak yang dipakai berulang – ulang. Kemudian dilanjutkan dengan pembayaran di kasir. Di bagian kasir juga terdapat lemari pendingin yang berisi minuman kemasan yang dapat diambil langsung para konsumen atau memesan minuman lain (mis: jus buah) dan dapat diantarkan ke tempat duduk.

Di lokasi penjualan ini diputarkan musik untuk menghibur para customer sehingga suasana mendukung bersama teman-teman sambil mengerjakan tugas ataupun sekedar berkumpul.
Keuntungan kompetitif dari usaha ini adalah differentiation karena usaha ini merupakan usaha yang berbeda dari jenis usaha makanan lainnya.Fokusnya pada pengelolaan singkong menjadi makanan yang variatif dengan segmen pasar yang potentialyaitu dapat diterima semua kalangan.

IV.             TARGET PASAR­
Segmen pasar utama yang dipilih dalam usaha iniditujukan untuk kaula muda. Singkong awalnya merupakan makanan yang identik dengan makanan rakyat tetapi kami membuatnya dapat menjadi makanan yang dapat diterima dan digemari seluruh penduduk Indonesia.

V.               STRATEGI PEMASARAN
            Analisis 4P

A.    Produk
Produk D’Cassava menawarkan rasa baru yang dimakan bersama singkong.Singkong yang biasanya dimakan sendiri dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan isian yang unik dan menarik tanpa mengurangi kenikmatan tradisional dari singkong itu sendiri ditambah kemasan yang menarik untuk produk yang dibawa pulang.Penyajian produk ini juga menjamin hidangan higienis.

Variasi produk yang ditawarkan D’Cassava diantaranya:

1.      Cassava Meaty
Produk ini merupakan produk signature dari D’Cassava. Produk ini menawarkan singkong dengan isian daging sapi dan ayam dengan rasa gurih dan asin, cocok jika dikombinasikan dengan singkong yang rasanya manis sehingga menciptakan rasa yang kaya. Pilihan saus barbeque sebagai topping menjadi pilihan favorit.

2.      Cassava Sweet
Produk ini menjadi kegemaran bagi mereka yang menyukai manis. Produk yang ditawarkan adalah penyajian singkong dengan kombinasi keju kemudian ditambah dengan saus coklat. Membuat singkong ini menjadi menu yang menjanjikan rasa yang sweet.

3.      Cassava Veggie
Produk dengan campuran sayuran ini cocok bagi mereka yang sedang diet atau vegetarian. Balutan singkong dan kulit pangsit memberikan rasa manis sehingga rasa pahit sayuran dapat diseimbangkan. Saus mayonnaise dan keju sangat cocok bagi penyuka menu ini.

B.      Price
Harga Produk yang ditawarkan oleh D’cassava amat terjangkau dikalangan  semua masyarakat yaitu Rp 12.000,- per porsi untuk semua varian.Para calon konsumen bisa mendapatkan kepuasan rasa yang lezat,gurih, nikmat,sehat dan bergizi serta layanan produk D’cassava itu sendiri yang berbeda dan menarik.
Harga yang ditetapkan ini sesuai dengan kemampuan financial para mahasiswa di sekitar kampus maupun masyarakat pada umumnya.

C.    Place
Letak tempat penjualan D’cassava berada di pinggir jalan raya tepat di seberang universitas Mercu Buana di mana D’cassava sengaja memilih tempat tersebut karena selain mudah ditemui juga dapat menarik minat masyarakat sekitar/pengunjung yang lewat dikawasan ramai tersebut. Tidak hanya itu saja, kalangan mahasiswa/i juga dapat menjadi sasaran konsumen D’cassava itu sendiri sehingga mampu menjangkau segmen pasar yang dituju oleh perusahaan ini sekaligus membuka peluang baru adanya konsumen berbeda yang potensial. Tempat yang dijajakan oleh D’cassava sendiri bernuansa kafe yang sederhana namun dibuat semenarik mungkin agar konsumen merasa senang dan nyaman untuk berkunjung ditambah dengan musik.

D.     Promotion
Pada tahap perkenalan produk ini dibuat penurunan harga dalam bentuk sebagai berikut:
1.      Dalam pembelian 1 porsi akan mendapatkan 1 minuman berupa es teh manis.
2.      Dalam pembelian setiap 1 porsi akan mendapatkan sebuah kupon, kupon tersebut dikumpulkan sampai 10 kali sehingga bisa ditukarkan dengansatu porsi produk.

Dengan hal ini diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk mencoba dan membeli produk D’Cassava.

Dan di sekitar kampus, promosi yang digunakan dengan menawarkan testeryang sudah dipotong kecilsekalgus juga pembagian sarana promosi berupa brosur.
Selain itu, promosi dengan media on-line berupa twitter, facebook dan blog akan digalakan. Bagi setiap orang yang mem-follow twitter dan facebookakan mendapatkanpuding gratis.

Personil
Jumlah karyawan
Juru masak                1 orang
Pelayan& Kasir         2 orang
Karyawan yang dipekerjakan merupakan pekerja kompeten dan amatir yang dilatih oleh owner secara langsung untuk menangani proses penjualan baik pra-produksi sampai pasca produksi. Pekerja harus memiliki kualifikasi dasar pada bagian yang ditangani.Misalnya pada juru masak, maka karyawan diharapkan memiliki kemampuan dan pengetahuan memasak yang baik serta mampu bertindak higienis dalam mengolah makanan.

VI.             Manajemen dan Struktur Organisasi

Deskripsi Pekerjaan

1.      Owner
Merupakan pemilik dan penanggung jawab perusahaan. Bertanggung jawab dalam penyediaan dana dan alur keuangan yang terjadi di perusahaan. Pemilik akan mengurus pembiayaan terutama pengeluaran perusahaan.
2.      Manajer
Bertanggung jawab dalam efektifitas operasional perusahaan serta penerimaan dan manajemen pegawai, termasuk diantaranya pembayaran gaji, pembelian bahan baku, pemasaran, dst.
3.      Juru Masak
Bertugas mengolah makanan sesuai dengan prosedur yang ada.Juru Masak diharapkan mampu berimprovisasi dalam mengolah makanan dan mampu menciptakan varian baru yang menarik.
4.      Kasir
Bertugas dalam menangani transaksi di lapangan.Kasir diharuskan memiliki kemampuan berhitung yang baik, jujur serta mampu membuat laporan yang dapat dipertanggung jawabkan terkait keuangan per hari kepada pemilik.
5.      Pelayan
Garis depan perusahaan dalam interaksi dengan pelanggan. Mengantarkan makanan, menerima pemesanan, membersihkan meja dan sebagainya dilakukan oleh pelayan.Pelayan diharuskan memiliki penampilan menarik dan kemampuan berkomunikasi yang baik.


Sistem upah yang dilakukan pada perusahaan D’Cassava menggunakan system upah menurut waktu yaitu upah yang diberikan berdasarkan waktu kerja yang dilakukan. (8 jam/hari)

VII.           STRATEGI KEUANGAN
Biaya Start-up
Pada table detil peralatan akan dijabarkan barang-barang yang diperlukan untuk memulai produksi D’Cassava dan estimasi biaya yang dikeluarkan. Berikut adalah penjabarannya:

Perlengkapan
Jumlah
Biaya
Kompor gas
1 unit
Rp    300.000,-
Tabung gas 3 kg
2 tabung
Rp  250.000,-
Lemari pendingin (Chiller)
1 unit
Rp 1.450.000,-
Lemari pendingin (Showcase)
1 unit
Rp  2.500.000,-
Alat masak
1 set
Rp     500.000,-
Peralatan makan :
Pisau
Garpu
Piring
Gelas


2 lusin
2 lusin
2 lusin
2 lusin

Rp     150.000,-
Rp     100.000,-
Rp     150.000,-
Rp       50.000,-
Rp     450.000,-
Meja dan kursi
4 set
Rp  5.000.000,-
Total

Rp10.450.000,-

Diluar biaya perlengkapan, di bayarkan juga biaya sewa tempat, persediaan barang selama 1 bulan, upah (opening), iklan/promosi dan kebutuhan lainnya.


Rincian biaya start up lihat lampiran keuangan #1

Keuntungan per hari
Pada table detil barang akan dijabarkan mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi D’Cassava dan estimasi biaya yang dibutuhkan. Berikut adalah gambarannya:
No
NamaBarang
Jumlah
Harga
1
Singkong
10 kg
Rp30.000,-
2
Daging Sapi
¾ kg
Rp60.000,-
3
Garam
1 bgks
Rp500,-
4
Daging Ayam
½kg
Rp20.000,-
5
Wortel
¼ kg
Rp3.000,-
6
Bayam
4 ikat
Rp8.000,-
7
Cabai merah
¼ kg
Rp4.500,-
8
Bawang
¼ kg
Rp 4.500,-
9
Jamur
½ kg
Rp12.000,-
10
Kulit pangsit
1 bungkus
Rp5.000,-
11
Telor
½ kg
Rp 8.000,-
12
Gas
2 tabung (3kg)
Rp 32.000,-
13
Keju
½ kg
Rp 32.000,-
14
Tepung roti
¼ kg
Rp7.000,-
15
Coklat cair
500 ml
Rp 14.000,-
16
Minyak goreng
2 liter
Rp   24.000,-

JUMLAH

Rp 264.500,-

Keuntungan per hari           = (Jumlah barang * Harga) - Biaya produksi
                                                = (50 * 12,000) – 264,500
                                                = 600,000 – 264,500
                                                = 335,500
Total bahan baku tersebut merupakan perhitungan bahan baku yang dibutuhkan per hari. Dengan estimasi penjualan 50 porsi per hari dan harga jual Rp 12.000/porsi maka keuntungan per hari diperkirakan Rp 335,500,-

swot analisis d cassava

Analisis Pesaing
                Pesaing bagi D’Cassava merupakan penjual singkong tradisional ataupun penjual yang menjajakan makanan gorengan dengan menu singkong. Hal ini ditentukan mengingat produk yang mereka jual merupakan produk umum yang sudah melekat di hati masyarakat dan pencintanya, terutama cita rasa tradisional yang kuat dapat menjadi nilai tambah bagi produk mereka sedangkan D’Cassava menawarkan bukan saja cita rasa tradisional tetapi juga menu modern dimana singkong yang khas dipadukan dengan daging, sayuran dan coklat-keju yang merupakan menu orang barat.
Berikut adalah analisis kompetitif untuk melihat kemampuan persaingan D’Cassava dengan kompetitornya :
 Tabel Analisis Kompetitif:

Factor
Me
Strength
Weakness
Competitor A
Competitor B
ITC*
Products
D’Cassava
Modern
/
Singkong Keju
Gorengan
2
Price
Rp 12.000,-
/
Lebih mahal
Rp 6.000,-
Rp 2.000,-
1
Quality
Baik
Higienis
/
Buruk
Buruk
3
Selection
3 Varian
Variatif
/
1 Jenis
Banyak Jenis
4
Service
Memuaskan
Tempat, Musik
/
Biasa saja
Biasa saja
4
Expertise
Amatir
Memberikan rasa baru
Produk masih baru
Ahli
Ahli
5
Location
Sekitar kampus
Potensial
Belum meluas
Pinggir jalan
Pinggir jalan
2
Appearance
Menarik
Bentuknya unik
/
Menarik
Tidak menarik
3
Sales Method
Penjualan langsung
/
/
Penjualan langsung
Penjualan langsung
3
Advertising
Sosial media, brosur
Pengiklanan dengan media
/
Tidak ada pengiklanan
Tidak ada pengiklanan
3


Dtabel di atas dapat disimpulkan bahwa D’Cassava mempunyai keunggulan bersaing dan potensi yang besar untuk dijalankan.Dengan diferensiasi yang dilakukan terhadap produk singkong dan dari segi pelayanan yang lebih ditingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar