Maret 13, 2015

Mengasah Diri Menjadi Pengusaha

Kelompok B3

Artikel Konsepsi Dasar Kewirausahaan

Mengasah diri untuk menjadi pengusaha, maka semakin besar peluang kita menjadi pengusaha sukses.

Pengertian kewirausahawan

Wirausaha adalah orang dapat melihat cara-cara yang ekstrem dan mau mengubah sesuatu yang tidak bernilai atau bernilai rendah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi (misalnya: dari terigu menjadi roti bakar) dengan cara memberikan nilai baru ke barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan manusia. Apabila suatu nilai ditambahkan kedalam suatu produk atau barang makan akan didapat keuntungan.
Saat ini banyak Perguruan Tinggi yang memakai Pendidikan Kewirausahaan karena salah satu upaya untuk menghasilkan sarjana sebagai pencipta lapangan kerja dan bukan hanya penghasil sarjana pencari kerja, yang pada akhirnya justru menjadi pengangguran karena semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Keuntungan menjadi wirausahawan

·         Mempunyai kebutuhan mencapai tujuan yang dikehendaki
Mereka dapat menentukan planning apa yang mereka hendaki dan menetukan langkah apa yang akan diambil.

·         Mempunyai kesempatan untuk menunjukan kemampuan dan potensi diri secara penuh
Mereka dapat mengoptimalisasikan potensi mereka dan mendapat peng-aktualisasian diri.

·         Memperoleh manfaat dan laba maksimal
Mereka akan memiliki investasi serta salah satu manfaatnya adalah dapat membanggakan diri.

·         Terbuka kesempatan untuk melakukan perubahan
Dapat mengubah keadaan agar menjadi yang lebih baik di suatu perusahaan atau yang lainnya.

·         Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan
Seoeang wirausahawan secara otomatis akan dapat membantu orang lain dalam terciptanya lapangan  pekerjaan, karena seorang wirausahawan tidak memiliki jiwa pencari kerja.

·         Terbuka peluang unuk berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha mereka.
Mereka akan dapat dihormati, dipercaya bahkan merka sangat dihargai karena hasilusaha mereka yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat tau lingkungannya.

Ciri dan sikap wirausahawan

1.       Percaya diri
Segala sesuatu yang telah diayakini dan dianggap benar harus dilakukan sepanjang tidak melanggar hukum dan norma yang berlaku.

2.       Berorientasi pada Tugas dan Hasil
Seorang wirausahawan memilki pola pikir “apa pun pekerjaannya,harus jelas apa hasilnya”.

3.       Berani mengambil resiko
Resiko dalam usaha itu pasti ada, tidak ada jaminan waktu usaha akan untungatau sukses terus menerus. Oleh sebab itu, untuk memperkecil kegagalan usaha maka seorang wirausahawan harus mengetahui peluang kegagalan tersebut.

4.       Kepemimpiman
Berprilaku positif, tidak antikritik dan memiliki kecakapan dalam bergaul merupakan hal-hal yang sangat diperlukan dalam berwirausaha.

5.       Berorientasi pada masa depan
Seorang wirausahawan kan terus berupaya untuk berkarya dengan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang sudah ada pada saat ini.

Sikap wirausahawan dapat dilihat dari kegiatannyasehari-harinya sebagai berikut:
·         Disiplin
·         Komitmen Tinggi
·         Jujur
·         Kreatif dan Inovatif
·         Mandiri
·         Realistis

Membangun Kewirausahaan di Indonesia
Mayoritas orang Indonesia ingin jadi apa ? jawabnya dari 70% ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sedangkan yang menjawab ingin menjadi pengusaha hanya 20% saja. Angka ini jelas mencerminkan kondisi riil yang kita rasakan. Tentu saja kita tidak bisa menyalahkan orang yang lebih memlih untuk menjadi pekerja , akan tetapi keadaan ini perlu mendapat perhatian serius ketika kita menghadapi masalah perekonomian yang rumit seiring dengan tingginnya tingkat pengangguran di Indonesia.
Disamping rendahnya motivasi menjadi wirausahawan, salah satu faktor yang mempersulit tumbuhnya kewirausahaan di Indonesia adalah masalah birokrasi pemerintah. Makadari itu kita harus membangun semangat diri yang kuat bahwa baik buruknya kondisi hidup seseorang bergantung pada diri sendiri tanpa menggantungkan diri pada orang lain.
1.       Kemauan kuat untuk berkarya
2.       Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil risiko
3.       Kreatif dan Inovatif
4.       Tekun, teliti, dan produktif
5.       Berkarya dengan semangat kebersamaan dan etika bisnis yang sehat

Kelima asas pokok kewirausahaan tersebut diatas, berkaitan dan saling menunjang satu sama lain dan harus ada pada setiap diri wirausahawan dengan kondisi yang berbeda-beda.

Kebanyakan wirausahawan yang berhasil di Indonesia berasal dari keturunan etnis china. Faktor-faktor kondisi ekonomi, latar belakang pendidikan, jaringan pendukung, penerimaan masyarakat, fokus dan pengalaman usaha dapat mempengaruhinya. Secara umum, wirausahawan keturunan cina memilki nilai yang lebih baik yaitu sifat pantang menyerah, berani mengambil risiko, kecepatan dan fleksibelitas, serta kemampuan keluarga sebagai penggembleng anak-anaknya menjadi wirausahawan.

Kerangka pengembangan kewirausahaan di Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa strategi sebagai berikut :
1.       Memperbaiki pendidikan kewirausahaan, yaitu sistem pendidikan kewirausahaan yang menyebar dari sekolah dasar sampai ke Perguruan Tinggi.
2.       Menyediakan infrastruktur yang tidak terbatas hanya pada transportasi dan komunikasi, melainkan juga infrastruktur pendidikan, baik formal maupun nonformal.
3.       Menyediakan informasi seluas-luasnya bagi wirausahawan yang berada pada tahapan start-up melalui layanan Internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar