Maret 13, 2015

Keuntungan Menjadi Wirausawahan

Kelompok B4

Pengantar : Mengapa semakin banyak dibutuhkan kewirausahaan baru?
Perbedaan dalam pengetahuan, minat dan budaya, serta factor lingkungan dimana seseorang berada, akan menentukan karier seperti apa yang mereka inginkan dimasa depan. Berdasarkan berbagai pengalaman pengusaha sukses ternyata menjadi pengusaha menjanjikan masa depan yang sangat cemerlang, penghasilan tidak terbatas, dan dapat mengatur waktunya sendiri.


Karena tingkat pengangguran disetiap jenjang pendidikan sudah semakin parah dan perlu segera dicari pemecahannya melalui penciptaan lapangan kerja diberbagai sector usaha. Dengan demikian, menjadi wirausahaan pada saat ini sangat diperlukan, tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri, tetapi yang lebih mendesak adalah untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara dengan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Sukses Membutuhkan Kerja Keras
Apapun jenis pekerjaan dan usaha kita, tanpa kerja keras tidak akan membuahkan hasil. Begitu pula dalam menjalankan usaha, jika ingin menjadi wirausahaan yang berhasil maka syarat utamannya adalah harus mau bekerja keras.

Pengertian Kewirausahaan
            Berikut beberapa definisi mengenai wirausahaan:
§  Kewirausahaan adalah seorang yang menemukan gagasan baru dan selalu berusaha menggunakan sumber dya yang dimiliki secara optimal untuk mencapai tingkat keuntungan tinggi
§  Wirausahaan adalah orang yang memiliki pandangan yang tidak lazim, yaitu orang yang dapat mengenali potensi atas barang dan jasa.
§  Wirausahaan adalah orang yang memiliki seni dan keterampilan tertentu dalam menciptakan usaha yang baru. Wirausahaan memiliki pemahaman sendiri akan kebutuhan masyarakat dan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Ciri umum yang selalu terdapat dalam diri wirausahaan, yaitu kemampuan mengubah sesuatu menjadi lebih baik atau menciptakan sesuatu yang benar-benar baru, atau berjiwa kreatif dan inovatif. Jadi pengusaha atau wirausahaan adalah seseorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan resiko dan ketidak pastian untuk memperoleh keutungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan.

Keuntungan Menjadi Wirausahaan
Beberapa peluang sebagai keuntungan yang memberikan dorongan kuat seseorang untuk berwirausaha adalah sebagai berikut:
1)      Mempunyai kebebasan mencapai tujuan yang dikehendaki
2)      Mempunyai kesempatan untuk menunjukan kemampuan dan potensi diri secara penuh.
3)      Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal.
4)      Terbuka kesempatan untuk melakukan perubahan
5)      Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam menciptakan kesempatan kerja
6)      Terbuka peluang untuk berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha mereka.
Secara garis besar bahwa keuntungan yang diperoleh dari seorang wirausahaan adalah kebebasan dalam mengelola usaha, waktu, dan pengakuan akan keberhasilan. Yang harus dicatat adalah semua keberhasilan tersebut tentu diperoleh dengan cara bekerja keras, perencanaan yang baik dan diiringi doa setelah berusaha dengan sebaik mungkin.

Ciri dan Sikap Wirausahaan
            Wirausahaan yang sukses haruslah orang yang mampu melihat ke depan, berpikir dengan penuh perhitungan, serta mencari pilihan dari berbagai alternative masalah dan solusinya. Geoffrey G Meredth (1996) mengemukakan ciri-ciri wirausahaan sebagai berikut:
1.      Percaya diri
2.      Berorientasi pada tugas dan hasil
3.      Berani mengambil resiko
4.      Kepemimpinan
5.      Keorisinalan
6.      Berorientasi pada masa depan

sikap seorang wirausahaan yang dapat dilihat dari kegiatannya sehari-hari sebagai berikut:
a.       Disiplin
b.      Komitmen tinggi
c.       Jujur
d.      Kreatif dan inovatif
e.       Mandiri
f.       Realistis


Membangun Kewirausahaan di Indonesia
            Semangat kewirausahaan harus dibangun berdasarkan asas pokok sebagai berikut:
1)      Kemauan kuat untuk berkarya dan semangat mandiri
2)      Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil resiko
3)      Kreatif dan inovatif
4)      Tekun, teliti, dan prokdutif
5)      Berkarya dengan semangat kebersamaan dan etika bisnis yang sehat

Kerangka pengembangan kewirausahaan di Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa strategi sebagai berikut:
1.      Memperbaiki pendidikan kewirausahaan
2.      Menyediakan infrastruktur yang tidak terbatas hanya pada transportasi dan komunikasi, melainkan juga infrastruktur pendidikan, baik formal maupun nonformal
3.      Menyediakan informasi seluas-luasnya bagi wirausahaan yang berada pada tahapan strart up melalui layanan internet
4.      Membuka akses selebar lebarnya dalam pendanaan terutam bagi UKM
5.      Membuat program komunikasi dan inisiatif bagi wirausahaan.

Semua strategi diatas perlu diterapkan secara terpadu, sistematis, dan berkelanjutan sehingga dimasa mendatang diharapkan sebagian besar penduduk Indonesia menjadi wirausahaan yang sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar