Maret 19, 2015

Pengalaman Bisnis Koleksi Hijab

Eggi Arasy

Pada dasarnya bisnis merupakan sebuah peluang yang menjanjikan di era perekonomian saat ini. Dimana permintaan konsumen yang membludak, yang secara otomatis mengharuskan kita untuk terus produktif di dunia bisnis. Walaupun di dalam dunia bisnis banyak hal yang tak terduga dan resiko yang harus siap dihadapi. Seperti halnya pengalaman berbisnis saya yang saya geluti belakangan ini. Saya berbisnis berjualan hijab karena saya melihat segmentasi pasar yang baik dan latar belakang tempat tinggal saya serta lingkungan yang mayoritas muslim.


Baik tetangga, teman, keluarga. Jadi dari latar belakang tersebut sistem pemasaran yang saya terapkan adalah sistem dari mulut ke mulut karena menurut saya latar belakang yang mendukung bisnis ini mampu mempercepat system pemasaran tanpa mengeluarkan biaya namun tetap efisien dalam promosi bisnis hijab ini.

Awalnya, saya tertarik menggeluti bisnis ini karena hobi saya mengoleksi hijab, jadi saya pun tertarik untuk menjualnya pula. Modal awal yang saya keluarkan tidak terlalu besar namun omset dari penjualan hijab tersebut dapat mencukupi kebutuhan pribadi, walaupun tidak seberapa tapi untuk kelas pebisnis pemula menurut saya itu terbilang cukup.

Akhirnya saya berbisnis hijab, sebut saja saya sebagai reseller yang mengambil stok barang dari distributor. Untung memang tak seberapa namun mencukupi karena awalnya saya hanya mencari pengalaman di dunia bisnis. Kurangnya konsistensi dan keseriusan juga kekurangan ilmu dan pengalaman dalam berbisnis membuat bisnis ini tidak bertahan lama. Kurangnya keterampilan dan pemahaman tentang manajemen keuangan dalam berbisnis membuat bisnis ini semakin tidak berkembang, akhirnya saya menghentikan bisnis ini terlebih dahulu dan lebih baik untuk mempelajari dunia bisnis sebelum lebih jauh lagi dalam berbisnis.
Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar