April 17, 2015

Sukses Bisnis Pengusaha Muda

KWH III
Setelah Anda menyaksikan tayangan Kick Andy episode "Sukses Bisnis Pengusaha Muda", berikanlah komentar terutama kaitannya dengan rencana bisnis Anda.

Silahkan berikan komentar pada kolom yang sudah tersedia di bawah. Cantumkan kode tugas Anda.

https://youtu.be/7biVKe9AGFE

41 komentar:

  1. @325-Hendra

    Menurut saya : Dari film yang sudah saya lihat dan amati, ternyata film tersebut sangat memotivasi kita untuk menjadi seorang wirausahan, di usia yang cukup muda dan dapat dikatakan usia yang dini mereka sudah melakukan usaha kecil-kecilan tanpa ada rasa malu untuk melakukannya.

    Sebagai contoh dalam film tersebut :
    1. Putri (Pengusaha Kopi Lanang/Jantan), sebelum ia menjadi seorang pengusaha sukses, dia hanya lah seorang sales kopi yang berasal dari kampungnya Gresik, namun dengan kemauan dan tekatnya dia dapat membuat produk sendiri, seperti : Luwak lanang, Lanang Landak & Gajah Hitam. Yang awalnya hanya membeli biji kopi kepada orang lain, hingga sekarang memiliki kebun kopi seluas 4 hektar.

    2. Nicholas Kurniawan (Pengusaha Ikan Hias), sebelum menjadi seorang pengusaha ikan hias yang sukses. Semasa SD-nya dia seoarang penjual mainan, SMP berjualan kue dan sekarang menjadi seorang pengusaha ikan hias sukses dengan melakukan ekspor ke berbagai negara seperti Belanda dan lainnya.

    Dari cerita tersebut dapat disimpulkan, bahwa apabila kita ingin sukses atau mempunyai jiwa seorang wirausaha sukses, maka kita harus berani mencoba untuk bertindak mulai dini agar dapat membentuk jiwa wirausaha yang kuat dan bermental baja, apabila mengalami kegagalan atau bangkrut ia akan terus berusaha bangkit dan terus maju.....

    Salam Wirausahawan Muda Seluruh Indonesia !!! :D hehe

    BalasHapus
  2. NAMA : shara wardani
    NIM : 44112010089
    KODE TUGAS : @329-Shara


    menurut saya video tentang pengusaha belia yang sukses berbisnis ini referensi yang sangat bagus sekali untuk contoh buat kita-kita mahasiswa yang ingin mencoba berbisnis. yang saya dapat pelajari setelah menonton video ini adalah bahwa kita harus pintar-pintar yang namannya melihat sebuah "PELUANG" seperti kata putri sang pembisnis kopi luak lanang (jantan) asal gersik jawa timur. untuk menjadi seorang pembisnis kita tidak boleh pantang menyerah akan kegagalan yang datang saat kita mulai berbisnis. untuk memulai bisnis menurut putri modal bukanlah hal utama dalam memulainnya. awal modal bisa kita dapat saat meminjam jualan orang untuk mendapatkan modal. saat ini putri mempunyai omset sebesar 1,6 miliyar. dan sekarang bisnis kopi luak putri sang pembisnis muda ini sudah diekspor kebeberapa manca negara yaitu thailand, korea, cina, jepang dan malaysia. kopi yang sangat diminati sekali oleh pasar adalah kopi luak jantan karena rasannya jauh lebih nikmat dari pada luak betina. putri sendiri pernah merasakan yang namannya gagal dalam berbisnis. saat berbisnis ia pernah terkena tipu oleh orang yang membuat bisnisnya gagal, kopinya pernah dibawa kabur oleh seseorang yang membuat putri rugi sebesar 300 jutaan. tetapi kegagalan tersebut tidak membuat dirinya nyerah akan berbisnis. menurut putri kegagalan justru membuat dirinya jauh lebih kuat menerima keadaan dan kegagalan adalah sebuah pembelajaran yang sangat baik sekali buat dirinya.
    Pengusaha yang kedua bernama niko yang berbisnis jualan ikan hias. Dari pengalamannya berbisnis online shop ikan hias lewat situs internet bernama kaskus saya mendapatkan pelajaran bahwa hal yang tak mungkin justru itu adalah peluang bisnis yang sangat bagus karena ketika orang mendengar kata “SULIT” jarang sekali ada orang yang ingin mencobanya maka disitulah bisnis kita sangat menguntungkan karena tidak terlalu banyak pesaing bisnis. Niko mempunyai prinsip untuk bisnisnya yaitu let me try one more time yang artinya adalah biarkan saya coba sekali lagi, lagi dan lagi. Dan takan ada kata berhenti dalam bisnisnnya. Ia juga pernah merasakan bangkrut dalam bisnisnnya yaitu saat ia mencoba berbisnis ikan hias untuk mengekspor keluar negri yang menghabiskan uang sebesar 30juta dari modal 11 juta. Pesan terakhir dari niko adalah bahwa saat kita mencoba bisnis, jangan pernah takut untuk belajar dari pengalaman seseorang dengan orang yang sudah lebih berkecimpung dalam dunia bisnisnya.

    BalasHapus
  3. @304-Dhani

    Nama : Rahmadhani
    NIM : 41213010007

    • Putri adalah salah satu pengusaha sukses dengan umur yang terpaut muda. Bisnis merupakan hobi putri. makanan kecil dan fahion adalah dua dari awal karirnya berbisnis yang ia beri nama kopi luwak saat ini. pilihannya untuk berbisnis kopi luwak ini sangat tepat mengingat kebutuhan pasar yang tinggi terhadap kopi. Bermodalkan tekad yang kuat dengan sistem pemasaran, penjualan, dan inovasi nya membuat ketertarikan tersendiri terhadap bisnis yang ia geluti hingga mampu meng ekspor ke berbagai negara di asia.

    • Ikan hias bukanlah bisnis yang ia geluti pertama kali. Pemilik nama Nico ini mulai berbisnis mainan robot robotan sebagai reseller dan menjual kue membanu pekerjaan ibunya sampai akhirnya ia berbisnis ikan hias hingga saat ini dengan berorientasi pada sistem online. Semangat Nico patut dijadikan contoh mengingat keadaan ekonomi keluarganya yang terbatas terhadap modal. Namun tekad nya menjadikannya kuat

    • Sebagai pengusaha yang terpaut lebih muda dari putri dan Nico, hamzah tidaklah kalah sukses dalam berbisnis. Semangat mudanya yang energic dalam berbisnis menjadi karakter penting bagi hamzah dan contoh baik bagi para masyarakat lain terutama usia muda, jasa bimbingan belajar dan bisnis sofa bed menjadi pilihannya dalam berbisnis hingga akhirnya sukses.

    Menjadi seorang enterpreneur memiliki nilai positif tersendiri. Baik itu bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan berbisnis kita mampu mengolah hard skill dan soft skill dan dengan berbisnis kita mampu mengurangi pengangguran yang kerap terjadi khususnya di Indonesia.
    Dari tiga pengusaha muda yang dipaparkan diatas , secara keseluruhan memiliki persamaan, yaitu tekad yang kuat. Karna berawal dari tekad lah muncul aksi dan reaksi terhadap hasil yang diperoleh dengan inovasi sebagai daya tarik.

    BalasHapus
  4. @328-Diah

    Nama : Diah Larasati
    Nim : 43213010187

    Menurut saya cuplikan Kick Andy tersebut memberikan semangat motivasi untuk masyarakat terutama para pemuda - pemudi di masa modern ini untuk menjadi seorang enterpreneur tanpa harus melulu bepikir untuk menjadi seorang pegawai. Di era globalisasi ini persaingan antara setiap individu yang satu dengan lainnya semakin sulit, sehingga seharusnya membuat pola pikir setiap orang semakin maju. Namun, hal ini begitu berbanding terbalik dengan kenyataannya, pada saat ini kebanyakan orang Indonesia memilih untuk menjadi seorang pekerja dari pada menjadi pemekerja, karena mereka yang terlalu takut untuk memulai dan menanggung resiko yang akan mereka tanggung.

    Fenomena bisnis yang dialami putri merupakan perjalanan yang cukup sulit untuk dilalui. Dari hasil cuplikan tersebut, Putri berbisnis diusia yang sangat belia, begitu pula dengan Nico dan Hamzah. Putri merupakan seorang wanita yang cukup tangguh dalam menghadapi setiap tantangan yang ia lalui, ia merupakan seorang yang berpikir begitu maju sehingga ia dapat mengambil peluang bisnis dan menggarapnya. Berbagai hambatan dijadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis, dan membuat putri memiliki lebih banyak banyak pengetahuan.

    Sama halnya dengan Putri, Nico juga merupakan seorang enterprenuer dengan tekad yang kuat, sampai membuat dirinya tinggal kelas dan tetap percaya diri untuk bermimpi tentang apa yang ia inginkan sampai ia dapat merealisasikannya. Nico adalah seorang pekerja keras, hambatan – hambtan yang dilalui bukanlah hal yang mudah untuk diterima olehnya, bisnis yang ia jalani saat ini hanya berawal dari sebuah ikan yang diberikan oleh rekan ibunya, dan dijadikannya peluang untuk berbisnis ikan hias.

    Sedikit berbeda dengan Putri dan Nico, Hamzah berfokus pada kreatifitasnya dalam memilih banyak usaha untuk dijadikan peluang. Usaha bimbel dan sofa bed merupakan pilihannya untuk meraih keuntungan demi keuntungan dalam berbisnis, bermodalkan tekad yang kuat ia berani mengambil resiko nominal yang cukup besar. Umur sempat menjadi hambatannya untuk mendapatkan modal, tetapi ia tidak menyerah sehingga ia menemukan jalan untuk memodali usahanya, yakni dengan hasil penjualan tanah orang tuanya. Walaupun pada awalnya begitu sulit dirinya untuk meyakinkan kedua orang tuanya karena dirinya yang masih begitu muda.

    BalasHapus
  5. @336-Rizky

    Rizky Permaisari
    44211010085

    Menurut saya program tersebut sangat bagus sekali dan patut ditonton karena banyak cerita kesuksesan dari para tokoh inspiratif seperti putri, nico dan hamzah yang patut kita contoh. mereka diumur yang dibilang masih belia dan muda tetapi sudah sukses mendirikan usaha yang dibangunnya sendiri.

    Dilihat dari kisah kesuksesan putri, nico dan hamzah saya pun jadi termotivasi untuk memiliki usaha walaupun dimulai dari kecil-kecilan karena program ini bisa memotivasi siapapun yang menontonnya termasuk pula saya. bahwa kesuksesan itu dapat menghampiri siapapun juga tanpa melihat usia entah dia tua ataupun muda.

    akan tetapi kunci kesuksesan itu tidak didapatkan dengan cuma-cuma, tetapi ada niat, kegigihan, rasa tanggung jawab, dan sifat pantang menyerah didalamnya. sikap seperti ini lah yang harus ada dalam setiap anak-anak muda mudi indonesia bahwa jika sudah ada niat, kegigihan, tanggung jawab dan pantang menyerah melakukan semua hal khususnya dalam mendirikan usaha. pastinya kesuksesan lah yang menjadi buah pada akhirnya :)

    BalasHapus
  6. Nama : Triana Febriyanti
    NIM : 44112010095
    Kode Tugas : @330-Triana

    Menurut saya, acara Kick Andy yang menghadirkan para pengusaha belia (muda) sangat menginsprirasikan kita semua terutama untuk para generasi muda yang ingin belajar untuk memulai menjadi seorang pengusaha muda yang sukses di usia muda. Dengan segala usaha dan niat dari diri sendiri maka apa yang kita impikan itu pasti akan berjalan dengan baik dan lancar. Terlebih harus membuang rasa gengsi atau malu untuk berjualan/berbisnis. Untuk memuali berbisnis tidak perlu mempunyai modal yang besar karena dengan sedikit uang yang kita punya kita bisa memulai usaha kita untuk berjualan/berbisnis. Dengan memasarkan usaha kita kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu seperti teman-teman, sahabat dan juga keluarga maka usaha kita bisa berkembang. Banyak peluang untuk berbisinis di usia muda, Kisah Putri sebagai seorang Pengusaha Belia (Muda) dibidang kopi yang baru berusia 25 tahun ini namun sudah mencapai hasil kesuksesan yang bisa dibilang sangat gemilang. Putri juga sudah berhasil memasarkan kopi nya hingga ke luar negeri seperti taiwan, korea, cina , malaysia, jepang dan polandia. Walaupun putri pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis namun itu tidak memutuskan semangat putri untuk kembali memulai berbisnis lagi, karena menurunya, jadikanlah kegagalan untuk pembelajaran agar kita bisa sukses untuk ke depannya lagi. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda namun juga sebagai pengalaman untuk kita bisa belajar lebih baik lagi ke depanya. Jadi kisah Putri ini sangat memberikan inspirasi untuk memulai usaha di usia muda dan jangan pernah takut untuk memuali berbisnis diusia muda. Untuk mencapai hasil yang memuaskan diperlukan pilihan terbaik, maka jadilah pengusaha muda sukses dan bisa menjadikan inspirasi.
    Kisah Niko sebagai pengusaha belia (muda) ikan hias ini juga sungguh sangat menginspirasi karena di usia yang baru 20 tahun dia mampu menjual ikan-ikan hiasnya hampir ke semua negara. Tingginya peminat ikan hias baik di dalam negeri maupun luar negeri mampu dimanfaatkan niko sebagai peluang bisnis baru yang sangat menjanjikan, terlebih dengan memasrkan bisnisnya secara online niko yakin usahanya akan maju dan bisa berkembang cepat. Sebelum sukses seperti sekarang ini niko juga pernah mengalami kesulitan karena bisnisnya pernah bangkrut namun ia tidak pernah menyerah dengan membangun kembali usaha bisninya tersebut. Dengan semangat dan tekat yang kuat niko berhasil mencapai impiannya dengan menjadi pengusaha di usia yang sangat muda, dengan mempunyai prinsip let me try one more time. Maka janganlah takut untuk bermimpi diusia muda, jika kita mau mencobanya kita pasti bisa melakukan semuanya denga baik.
    Hamzah seorang Pengusaha muda yang berusia 19 tahun sudah mempunyai dua bisnis/usaha yang bergerak dibidang pendidikan (bimbingan belajar) dan kerajinan. Dengan sering membaca buku tentang peluang bisnis dan bergabung ke komunitas bisnis menjadikan hamzah terinspirasi untuk memulai usaha di usia muda. Walaupun dia banyak mengalami kegagalan dalam usahanya namun ia terus menerus mencoba agar usahanya bisa sukses, dan hasilnya pun sangat memuaskan dan hamzah sudah berhasil menjadi seorang pengusaha muda. Saat ini hamzah sudah mempunyai 58 karyawan dan 3 cabang usaha bimbel (bimbingan belajar) dan usaha kasur lipat. Kalau kita ingin berhasil dalam bidang apapun itu kita harus berani berbeda, kita harus bisa melawan arus jika kita ingin menjadi orang hebat dan sukses. Banyak peluang jika kita jeli melihat peluang itu dan harus berani mengambil tantangan jika kita ingin menjadi orang yang berhasil.

    BalasHapus
  7. Nama : Iwan Setiawan
    Nim : 41512010063
    Kode tugas: @311-Iwan

    di usia 25 tahun putri sudah memiliki usaha dan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan kopi luwak. ide untuk memulai bisnis karena senang dengan hal itu, modal awal yang di gunakan putri adalah dari tabungan TK nya karena putri sudah memulai usaha sejak smp, awalnya dia berjualan sepatu yang di jual ke teman-temannya. dan sekarang dia sudah memiliki perusahaan dan brand sendiri yang di beri nama kopi luwak lanang. tidak hanya itu berbagai produk kopi pun di buatnya seperti kopi gajah hitam dan kopi luwak landek. latar belakang ia memulai usaha ini adalah karena sebelumnya ia ikut di perusahaan orang sebagai marketing. di mana di situlah putri menemukan peluang bisnis kopi. bisnisnya pun pernah mengalami kegagalan namun putri tidak menyerah dan membangun kembali usahanya.
    nicolas kurniawan adalah pengusaha muda yang baru berusia 19 tahun tetapi sudah memiliki bisnis ikan hias ekspor maupun lokal. awal ia berbisnis adalah ketika dia berusia 7 tahun yaitu berjualan mainan dan makanan. tingginya peminat pada ikan hias pada sebuah komunitas dunia maya bernama kaskus mampu di manfaatkan nico sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. sistem pemasaran yang di lakukan nico adalah dengan via online.namun demikian bisnisnya pernah mengalami kegagalan akan tetapi dia tidak menyerah dan kembali membangun bisnisnya kembali dan menjadi pengusaha ikan hias yang sukses.
    hamzah adalah pengusaha muda yang sukses yang baru berusia 19 tahun dengan bidang bisnis yang di geluti nya adalah di pendidikan yaitu bimbingan belajar dan juga penjualan bedcover. bisnisnya pun juga pernah mengalami kegagalan akan tetapi dia tidak menyerah dan membangun usahanya kembali.

    BalasHapus
  8. Nama : Annisa Janna Makhanis Maydar
    Nim : 41512010077
    kode tugas : @312-Annisa

    Putri adalah seorang pengusaha muda yang sukses. Bisnis yang di gelutinya adalah di bidang penjualan kopi. Ia sudah mulai berbisnis sejak smp, yaitu dengan berjualan sepatu ke teman- temannya. Bisnis kopinya bernama kopi luwak lanang. Latar belakang bisnisnya ini adalah karena dulu ia pernah ikut bekerja di perusahaan orang lain menjadi marketing. Dari situlah ia melihat peluang bisnis kopi, di setiap celah jalan tersedia warung kopi dan rata-rata orang indonesia menyukai kopi. Namun demikian bisnis putri pernah mengalami kegagalan namun ia tidak menyerah dan terus berusaha membangun usahanya kembali.
    Nicolas kurniawan adalah seorang pengusaha ikan hias muda yang sukses. Ia sudah memulai sejak kelas 1 SD. Awalnya ia berjualan mainan dan makanan di sekolahnya. Lalu nico melihat peluang bisnis yang menjanjikan yaitu bisnis ikan hias melalui komunjtas kaskus. Ia memasaarkan usahanya melalui via online. Sampai sekarang bisnisnya berkembang pesat dan telah mendapatkan pesanan dari berbagai negara.
    Hamzah adalah pengusaha bisnis muda yaitu di usia 19 tahun ia telah sukses dengan usahanya di bidang pendidikan yaitu bimbingan belajar dan penjualan bed cover. Ia sudah memulai bisnis sejak lama dan mencoba berbagai bisnis, walaupun ada yang gagal tapi ia tidak menyerah dan terus mencoba hingga berhasil seperti sekarang.

    BalasHapus
  9. Agus Permadi
    (41812010108)
    @323-Agus

    Usia belia bukan menjadi halangan buat kita menjadi seseorang wirausahawan yang sukses. Terbilang dengan usia yang sangat muda Theresia Deka Putri atau yang biasa di panggil Putri (25 tahun) yang sejak kecil sudah belajar mencari pengalaman bisnis, dengan modal awal adalah dengan uang tabungannya membuat putri sangat gigih dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis didalamnya sejak SD menjual pisang goreng, menjual sepatu dan menjadi sales kopi pada saat itu. entah apa yang ada pada pikiran putri pada saat menjadi sales kopi dia bisa melihat peluang yang ada, dimana setiap orang tidak bisa melihat peluang besar.
    Dan nicholas kurniawan sama hal nya dengan putri mereka bisa mencari peluang yang ada bedanya nicholas kurniawan melihat peluang yang ada, saat itu dia melihat tingginya minat pecinta ikan hias di situs kaskus.us dan nicho menjual dagangannya ke situs tersebut dan banyak orang yang tertarik. memasarkan produknya ke beberapa negara dibelahan dunia, yang saya ingat dari perkataan nicho ialah suatu "kegagalan bukanlah menjadi halangan baginya walaupun jatuh berkali kali".
    Dan hamzah pengusaha muda yang masih sangat belia 19 tahun, membuat kita termotivasi akan kemampuan dia menjadi wirausahawan, berbisnis dibidang pendidikan atau bimbingan belajar dan penjualan bedcover membuat dia menjadi salah satu wirausahawan muda yang sukses, kegigihannya dalam mencari sebuah peluang yang ada membuat dia bisa terus sampai saat ini.

    kesimpulannya kita harus bisa mencari peluang yang ada, secara sederhana mencari peluang itu sama dengan mencari kesempatan yang ada. caranya adalah membuka mata, membuka telinga dan jadilah orang yang bisa tanggap dalam menghadapi berbagai perubahan dunia.

    BalasHapus
  10. Nim : 41812010061
    Nama : Agusyah Putra
    Kode : @317-Putra

    Setelah saya melihat cuplikan acara Kick Andy memulai suatu usaha tidak perlu usia yang matang karna dari usia dini kita juga bisa memulai suatu usaha yang penting ada niat dan keberanian untuk menjalani usaha tersebut dan melihat peluang yang ada seperti contoh kaka putri,nico,hamza mereka bertiga memulai usaha penuh dengan keberanian dan mau terus mencoba dan melihat peluang yang ada disekitar mereka kegagalan bukanlah hal yang menjadikan halangan buat berusaha walaupun jatuh berkali - kali terus mencoba agar kesuksesan bisa kita capai.

    BalasHapus
  11. Fahrul Rozzy Putra
    41812010069
    @318-Fahrul

    Menurut saya, tayangan video yang ada di kick andy sangatlah memicu motivasi kita sebagai kaum muda untuk lebih semangat dalam membangun bisnis dalam usia dini. karena berbisnis sekarang tidak hanya untuk orang dewasa saja melainkan bagi setiap umur dan kalangan. siapa yang ingin menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh maka akan tercipta usaha baru.
    kita dapat mengambil contoh dari video tersebut ada Theresia Deka Putri, Nicholas Kurniawan, dan Hamza. mereka adalah para pengusaha muda yang sukses dalam bisnisnya masing" dan mereka juga telah mempraktekan berjualan sejak kecil.

    kesimpulan: kita harus yakin bahwa apa yang akan kita lakukan misalnya ingin membuka usaha, harus mempunyai tekad dan pemikiran yang panjang bahwa memulai bisnis dari awal tidaklah mudah, dan pasti akan menemukan masalah. Jangan pernah menyerah untuk mencapai suatu kesuksesan.

    BalasHapus
  12. Mohamad Tomy Dio
    44212010056
    @340-Tomy

    Dalam Video itu membuat kita menjadi termotivasi terlebih dibidang kewirausahaan, saya sendiri yang pernah menggeluti kuliner tersebut menjadi terpacu lagi, seperti mendapat hawa segar jika kita harus berusaha mendapat apa yang kita ingin capai, talk less do more

    BalasHapus
  13. Tassya Agustiana
    44212010049
    @338-Tassya

    Video ini membuat para pengusaha muda yang memiliki batasan seperti budgeting dll lebih memiliki besar hati, kenapa ? karena dalam sebuah usaha tentunya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi apa yang kita kerjakan, setelah melihat video ini tentunya dalam menghadapi suatu masalah kita tidak boleh menyerah, melaikan berjuang dan tetap terus berjuan. be the champion

    BalasHapus
  14. Nama : Gondho Anditia
    Nim :44212010053
    @339-Pita


    menurut saya dalam video acara talkshow kick andy sangat menginspirasi untuk kita para calon pengusaha muda, karena didalam tayangan tersebut dihadiri oleh para pengusaha pengusaha muda yang memulai bisnisnya dari nol dan sejak dini.didalam videonya memberikan pengetahuan bahwa dalam memulai bisnis kita harus mempunyai niat dan kemauan dalam menjalankan usaha, dan juga kita tidak boleh mudah putus asa, karena dalam bisnis tak selamanya bisnis yang kita jalani itu mulus. maka dari itu harus mempunyai tekad yang kuat dan mau berusaha untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis.

    BalasHapus
  15. Terimakasih 14 peserta sudah memberikan komentar

    BalasHapus
  16. Nama :Putri Aisyah Amini
    Nim :44212010048
    @337-putri

    Setelah menonton tayangan kick andy tersebut, membuat saya berfikir bahwa untuk menjadi seorang pengusaha tidak harus menunggu dewasa nanti tapi bisa dimulai dari sekarang saat kita masih muda, atau bahkan bisa dimulai dari umur yg lebih muda lagi. Kesuksesan berbisnis harus diawali dengan niat yang kuat serta keberanian untuk membuat bisnis tersebut. Peluang bisnis sebenarnya ada dimana-mana, di sekitar kita, apabila kita dapat membangun relasi/hubungan yang benar sehingga dapat menambah banyak pengetahuan serta pengalaman dapat membuat seseorang menjadi pengusaha yang sukses. Begitulah tanggapan yang saya dapat setelah menonton dan melihat beberapa narasumber dalam tayangan kick andy tersebut (Deka Putri, Nicholas Kurniawan& Hamzah).

    BalasHapus
  17. Nama: Sri Mumpuni
    Nim ; 44211010049
    @334-Sri

    Menurut saya dari video diatas menjadikan banyak inspirasi untuk kaum muda, mengapa tidak karena menjadi sukses wirausahawan itu tidak akan mengenal umur baik muda maupun tua. Video diatas ini menceritakan kisah Putri, Putri ini adalah salah seorang pengusaha yang terbilang cukup belia 25 tahuh umurnya dan juga beliau telah sukses denga usahanya tersebut. Bisnis yang ia jalankan adalah bisnis yang bergerak di bidag pnjualan yaitu penjualan kopi Luwak Lanang karena menurut Putri kopi melihat PElUANG dari bisnis kopi tersebut.
    Awal Putri memulai usaha ini karena dahulu Putri hanya mejadi seles kopi didaerah ia besar yaitu Gersik. Namun ia mempunya ide berkat kemampuan yang ia miliki dan dia juga dapat membuat produk sendiri. Produk yang ia buat atau yang ia tawarkan adalah Kopi Luak Lanang, kopi Lanang Landek dan Gajah Hitam dengan awal ia hanya membeli biji kopi dari orang lain kini ia memiliki sendiri kebun kopi yang luasnya sekitar 4 hektar.
    Modal ia memulai usaha ini dengan modal terbatas ia menjualka hasil kopi tersebut dengan kopi-kopi milik orang lain agar ada penambahan modal yang bisa disebut subsidi silang. Kini keuntungan Puttri bisa mencapai omset 1,6 milyar dan kini Putri sudah mengekspor hasil prosuknya hingga luar negri seperti Cina, Jepang, Kore, Thailand, dll.
    Putri juga pernah mengalami kegagalan hambir 300 juta karena ditipu orang kopi dibawa kabur oleh seseorang, namun kegagalan tersebut membuat Putri tidak menyarah justru membuatnya lebih kuat dalam berbisnis.


    Pembisnis yang kedua adlah bernama Nicholas Kurniawan, Nicholas ini juga salah satu wirausaha belia dengan umur 20 tahun. Dengan berbisnis ikan hias ini, kini Nicholas telah menjual ikan hias ke berbagai Negara dengan memiliki omset yang lumayan untuk bisa membeli kendaraan sendiri dan untuk bisa biaya kuliah sendiri. Ia memlai bisnis ini dari kelas 1 SD atau umur 7 tahun dengan membantu ibunya berjualan kue dan mainan.
    Tingginya peminat ikan hias di komunitas dunia maya ini mampu dimanfaatkan Nicholas dan menjadikan peluang bisnis bagi Nicholas yang mempunyai omset yang menjanjikan. System penjualan bisnis ikan hias Nicholas ini dengan via online. Ia juga juga perna mengalami kegagalan . tapi ia bertekat kegagalan bukanlah suatu hambatan untuk menjadinya sukses walaupun harus jatuh berkali-kali.


    Pembisnis yang ketiga adalah Hamsah yang memiliki umur 19 tahun yang bisnisnya ini bergerak dibidang Pendidikan Bimbingan Belajar dan bidang Kerajinan (sofa bed). Nama usahanya adalah Hamasah Indonesia
    Total karyawan kini mencapai 58 karyawan. Usaha bimbel yang dijalankan Hamsah kini sudah memiliki 3 cabang. Penghasilan Hamsah selama sebulan sekitar 200-250 juta. Awal mula berbisnis Hamsah memulai bisnis dari sejak SD yang bekerja serabutan. Bisnis yang ia geluti juga pernh mengalami kegagalan akan tetapi ia berusaha terus dan tidak menyerah dan terus membangun usahanya tersebut.

    Dari kesimpulan diatas ini usia bukanlah menjadi penghalang kita untuk tetap sukses dengan harus tetap melihat Peluang bisnis yang ada dan sebuah kegagalan adalah awal bagaimana kita menjadi sukses dan kuat dalam bidang bisnis. Kegagalan inilah yang menjadikan kita tahan banting dalam dunia usaha atau bisnis.

    BalasHapus
  18. Halimatus Sadiyah
    44211010046
    @333-Halima

    Menurut saya, di dalam video tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa mereka adalah orang-orang yang dapat menginspirasi kita para generasi muda untuk dapat berbisnis di usia muda dan menjadi orang yang sukses seperti mereka, tetapi di dalam sebuah bisnis tentunya mereka pun melewati nya tidak semudah yang dibayangkan mereka memulai bisnis tersebut benar-benar dari bawah bahkan dari mereka masih belia dan mereka pun memulai bisnis tersebut jatuh bangun tidak langsung menjadi pengusaha, mereka bertiga memulai bisnis tersebut melewati semua keluh kesah, bangkrut, bahkan pernah tertipu/rugi.
    Tetapi semua itu mereka jalankan dengan baik, sehingga bisnis yang mereka jalankan sampai sukses seperti sekarang ini ..

    intinya dimana ada PELUANG disitu lah kita harus mencobanya, dan jangan pernah mudah putus asa di saat sedang terjatuh, tetapi bangkitlah bahwa semua dapat dijalankan dengan baik. orang yang sukses adalah mereka yang melalui kegagalan, dari kegagalan tersebutlah mereka dapat berfikir positif dan berfikir lebih baik lagi dari kegagalan tersebut agar mereka menjadi pengusaha yang sukses.

    BalasHapus
  19. Terimakasih 17 peserta sudah memberikan komentar

    BalasHapus
  20. Fifi Fadilastuti
    41213010004
    @303-Fifi

    Video tersebut adalah sebagai inspirasi dan motivasi bagi para pemuda sekarang ini agar tidak cepat puas dan mau terus berusaha. Pada video ini menunjukan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha tidaklah selalu terkait oleh umur seseorang. Dimana dapat dilihat bahwa Putri, Nicholas dan Hamzah seorang pengusaha kopi luwak, pengusaha bisnis ikan hias dan pengusaha bimbel yang juga merangkap pembuat sofavbed yang masih berusia muda, telah memulai bisnis sejak SD dimana pemikiran berbisnisnya dimulai ketika mereka mencoba menjual barang-barang yang simple ataupun jajanan dan dibutuhkan oleh anak-anak seumurannya.
    Di video tersebut dapat pula terlihat bagaimana seorang Putri yang tadinya merupakan karyawan marketing biasa namun dapat melihat peluang bisnis pada pembuatan kopi luwak. Putri memulai bisnis ini dari bawah dan hingga pada akhirnya dia bisa membuktikan bahwa apa yang dilihatnya sebagai peluang bisnis dapat dipertanggung jawabkan. Ini terlihat dari kesuksesan Putri saat ini yang Brand kopinya telah dikenal dan banyak di ekspor ke berbagai Negara. Putri juga mengajarkan bahwa meskipun masih berusia muda namun tetap mampu menjalankan usahanya hingga sukses dan kesuksesan itu di dapat karena jerih payahnya dia yang pantang menyerah meskipun pernah jatuh bangun dalam perjalanan bisnis kopi luwak ini.
    Pada segmen selanjutnya ada Nicholas, seorang mahasiswa dan pengusaha muda yang berbisnis ikan hias. Tidak berbeda jauh dengan Putri, Nicholas memulai bisnisnya dari bawah yaitu karena keterbatasan ekonomi keluarganya. Namun itu tidaklah menyurutkan niatnya dalam mencapai apa yang diinginkannya. Meskipun dalam perjalanannya berbisnis tidaklah selalu baik karena Nicholas bahkan sempat sampai tidak naik kelas karena keasikan berbisnis. Namun itu justru membuat Nicholas mau terus berusaha dan tidak cepat menyerah terhadap apa yang dijalaninya. Dia tetap melanjutkan sekolahnya tanpa merasa minder namun tetap dengan berbagai bisnis yang dijalaninya. Dari mulai mencoba berbagai macam bisnis yang terus gagal sampai mencoba MLM, akhirnya Nicholas dapat sukses dengan bisnis ikan hias hingga telah menjadi eksportir ikan hias.
    Pada bagian terakhir ada Hamzah, ia merupakan seorang pengusaha muda yang bergerak pada bidang pendidikan yaitu bimbel dan bisnis pembuatan sofa, kasur, dsb. Sampai pada saat sekarang ini Hamzah telah memiliki lebih dari 50 pekerja di usia yang baru 19 tahun. Bagi Hamzah, segala usaha atau bisnis yang terpenting untuk mencapai kesuksesan adalah bagaimana cara kita dalam melakukan pemasarannya (marketing). Selain itu menurutnya banyak membaca juga dapat memperluas pengetahuannya terhadap mencapai kesuksesan.
    Inti dari tiga orang yang mampu sukses pada usia muda ini adalah karena mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah terhadap keadaan. Mereka mampu melihat peluang sekecil apapun dan memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Keyakinan pada diri sendiri dan keyakinan bahwa akan mampu membuat perubahan juga merupakan hal penting dalam mereka menjalankan usaha. Keinginan untuk selalu diasahnya potensi berbisnis mereka dari kecil juga dapat membuat kita lebih percaya diri dalam berbisnis.

    BalasHapus
  21. Muhammad Zafrullah
    41812010103
    @321-Mzaf

    Setelah melihat video motivasi acara Kick Andy tentang Pengusaha Muda, sungguh memotivasi diri saya dalam berwirausaha. Dalam video tersebut terdapat kisah-kisah inspiratif dari tokoh muda indonesia yang memulai suatu usaha dari titik nol dan kerja keras. Sungguh dalam kisah tersebut seorang yang ingin suskses di usia muda membutuhkan kreatifitas dan kepercayaan diri yang harus diresapi oleh dirinya dengan sungguh-sungguh.

    Seperti kisah pertama yaitu Putri yang seorang pengusaha Kopi Lanang yang memulai bisnis dari nol dari hanya menjual kopi sebagai sales, namun dengan tekad dan keinginan serta jitu melihat peluang disekitar maka dia bisa menjadi pebisnis di bidang kopi yang sukses.

    Kisah kedua yaitu seorang Nicholas yang menjadi pengusaha ikan hias, dia memulai usahanya dengan penuh pengalaman yang berat dan beragam dari sejak kecil sebagai pedangang kue dan mainan sewaktu sekolah, namun dia sebagai anak muda bisa melihat peluang di era modern teknologi ini dengan memanfaatkan situs forum dan jual beli di Kaskus.com sebagai langkah awal berwirausaha ikan hias yang membawanya kepada kesuksesan.

    Kesimpulanya kita sebagai orang muda juga harus bisa seperti mereka dengan tekad, kerja keras, serta pintar mencari dan memanfaatkan peluang disekitar kita melalui berbagai media yang zaman sekarang bisa dijadikan jaringan memulai usaha. Dan sebagai orang muda kita jangan mau minder terhadap kemampuan diri dalam berwirausha harus bisa pede dan mau belajar dan berfikir kreatif dan inovatif.

    BalasHapus
  22. Fitria Febriani
    44112010216
    @332-Fitria

    setelah saya menyaksikan video tersebut saya merasa sangat termotifasi oleh putri yaitu pengusaha kopi karena menurut saya putri salah satu wanita yang benar benar kuat dalam menghadapi cobaan dalam membuka usaha .tidak mudah menyerah, rajin dan sejak tk putri sudah menabung sampai smp sma mencoba berjualan dikit demi sedikit . dan akhirnya mencapai kesuksesan pada umur yang sangat muda . nicholas kurniawan pengusaha ikan hias juga tidak kalah memotivasi saya, dengan semangat dan tekatnya nikolas juga mencapai kesuksesannya diusia yang sangat muda .

    dari kedua video tersebut ada satu pesan yang saya rangkum bahwa jika manusia memiliki tekat kuat untuk mencapai tujuan dan mampu untuk bangun kembali disaat jatuh dalam membangun usaha . kita pasti mencapai kesuksesan itu .

    BalasHapus
  23. Della Anggraini
    41213010020
    @306-Della

    Dari video yang telah saya saksikan diatas, video tersebut sangat menginspirasi dan memotivasi kita para pemuda penerus bangsa, untuk segera berbisnis diusia muda. karena untuk bisa menjadi seorang pengusaha tidaklah terkait berapa umurnya. melainkan keinginan yang diiringi dengan usaha. terbukti pada cerita para pemuda yang sukses divideo tersebut seperti Putri, Nicholas dan Hamzah. mereka bertiga memulai bisnisnya dari bawah karena dengan kemauan dan usaha serta peluang yang ada mereka sekarang memiliki bisnis kopi luwak yang sudah terkenal.

    BalasHapus
  24. Nama : Windu Apri Atmojojati
    Nim : 41812010122
    Kode Tugas : @324-Windu

    Tidak ada yang mustahil di dunia ini jika kita mau mencapainya, seperti yang dikatakan Andy F.Noya tersebut sukses diusia muda bukan hal yang mustahil, di video tersebut lah bukti nya. Bahwa suskses di usia muda bisa saja di miliki kepada orang yang ingin berusaha. Memiliki sebuah usaha/bisnis di saat usia masih muda memang sesuatu yang bisa dikatakan berani dan hebat. Berani, karena tentu banyak resiko di dalamnya. Hebat, karena saat usia masih muda, kita memiliki waktu yang reelatif lebih banyak disbanding ketika kita menjalankannya saat usia sudah menua dan menjelang masa pensiun.

    Berbisnis di usia belia membutuhkan sejumlah persiapan dan rencana. Mulai dari modal yang sering jadi kendala, sampai ke masalah persiapan mental yang kadang sering terlupa.

    Di video tersebut juga kita mengetahui bahwa putri seorang pengusaha kopi yang dapat melihat peluang, dan salah satu strateginya yaitu : ketika awal merintis usaha ia menjual dagangan nya keliling pasar sampai kedai kopi di pinggir jalan, ia mengetahui bahwa produk nya masih baru yang mungkin orang lain belum ingin membeli nya karena produk yang lain sudah menjadi langganan, disitu ia tidak hanya menjual kopi produk nya tetapi ia juga menjual produk lain sebagai pilihan lain, jadi walaupun produk buatanya nya tersebut tidak terjual akan tetapi ia masih dapat menjual produk yang lain.

    Sekian.

    BalasHapus
  25. Reza Irsyad Muzaki R.M.
    41812010008
    @315-Zaki
    Setelah saya menyaksikan video para pemuda yang sudah sukses dengan usaha nya masing-masing sangat menginspiratif banyak orang bahkan menjadi ingin seperti mereka, ada beberapa hal yang harus di tekuni untuk menjadi pengusaha yang sukses diantaranya yaitu mencoba segala hal tanpa harus takut kegagalan, jika memang kegagalan berpihak dan pasti akan mengalami nya beberapa kali, jangan mudah untuk menyerah untuk menggapai apa yang kita ingin kan selagi kita masih bisa berbuat kebaikan kepada orang lain maka kebaikan itu akan datang dengan berlipat ganda. lalu yang harus di perhatikan adalah proses nya bukan akhirnya, karena dari proses kita bisa belajar lebih banyak dan kita bisa belajar dari kesalahan. tanpa niat dan tekat yang besar kesuksesan itu pun akan sangat sulit di capai, tapi dengan perjuangan yang sangat besar kita bisa melawan arus :)

    BalasHapus
  26. Reza Ismu Adhani
    41812010056
    @316-Ismu

    Putri adalah salah satu contoh pengusaha yang sukses dari sekian banyak pengusaha yang ada di indonesia.
    Dari sejak kecil dia sudah memulai usaha dari menjual sepatu sampai pisang goreng di sekolah. Dia mendapat peluang usaha yang sangat bagus yaitu kopi dimana kopi tersebut dia olah sendiri dan dipasarkan sendiri ke warung warung kecil . Putri sempat mengalami kebangkrutan karna tertipu oleh agen hingga mengalami kerugian yang cukup besar. Disitu putri tidak putus asa dan mencari modal kembali untuk usaha kopi nya tersebut, pada akhirnya iya dipinjamkan modal oleh pihak BUMN untuk memulai usahanya kembali. Dan pada akhirnya putri memiliki perusahaan yang bisa menjual produk kopi olahan nya sendiri dan memiliki kebun seluas 4hektar untuk mengelola biji biji kopi terbaik yang menghasilkan suatu produk yaitu kopi luwak lanang, gajah hitam dan lanang landep yang siap dipasarkan keseluruh indonesia dan mancanegara seperti taiwan,china,jepang dll.

    Nico
    Pemilik usaha ikan hias yang awalnya mencari tahu tentang dunia ikan melalui internet karna belum memiliki toko dan hingga akhirnya dia memulai bisnis usaha dibidang ikan hias yang cukup sukses. Bebagai jenis ikan yang nico jual dan pasarkan keseluruh daerah indonesia dan mengekspor ke luar negri.


    KESIMPULAN :
    janganlah takut untuk memulai suatu usaha.
    Jenis usaha apapun itu.
    Sekecil apapun usaha anda.
    Cobalah untuk mencari peluang bisnis dan berikan ide kreatifbdan inovatif pada produk usaha anda dibandingkan dengan produk orang lain untuk menarik minat para konsumen.

    NO SACRIFICE , NO VICTORY

    BalasHapus
  27. Rizky Dwi Kurniawan
    41213010031
    @307-Rizky

    Setelah menonton video acara Kick Andy ini membuat saya menjadi lebih termotivasi dan membuka pikiran saya akan dunia kewirausahaan.

    Pertama dimulai dari Putri (Theresia Deka Putri, 25 tahun) yang memulai bisnisnya dari jaman sekolah dengan cara menjual kue-kue kecil dan pisang goreng, sampai akhirnya ia melihat peluang untuk membuka bisnis kopi ini. sampai ia pernah mengalami hanya mempunyai uang seribu rupiah saja, namun akhirnya ia dapat bangkit kembali dan kini sukses dalam bisnisnya, yang saya kagumi dari Putri adalah prinsip hidupnya, "Kita tidak bisa mengubah arah angin, tapi kita masih bisa mengubah arah layar."

    Kedua adalah Nicho Kurniawan, ia juga berbisnis dari jaman sekolah, sampai pada akhirnya ia memilih untuk berbisnis ikan hias yang sudah di ekspor keluar negeri. Bagi sebagian orang banyak yang bilang bisnis itu sulit, tapi dengan prinsip hidupnya yang mengatakan "Ikan mati berenang mengikuti arus, ikan mahal berenang melawan arus." justru ia menganggap perkataan yang orang bilang itu sebagai sebuah tantangan yang justru membuatnya bisa sukses sampai saat ini. Dan ia membuktikan walau sempat tidak naik kelas ia juga bisa sukses.

    Terakhir adalah Hamzah Izzulhaq, remaja berusia 19 tahun yang memiliki bisnis bimbel dan bantal kasur, dengan omzet 200-250jt perbulan. ia pemuda yang sangat berani karena berani mengambil resiko apapun bahkan sampai menggunakan surat tanah untuk DP mobil. sejak SD ia sudah mulai bisnis kecil-kecilan namun beberapa kali bangkut, tapi ini tidak mematahkan semangatnya dan malah justru membuatnya sukses.

    Kesimpulan dari video tersebut adalah, menjadi seorang wirausahawan harus BERANI mengambil tantangan, TIDAK PUTUS ASA walaupaun sampai pada titik terendah dalam hidup dan bangkit kembali untuk memulai dari awal. sifat inilah yang jarang ada pada diri setiap orang, namun wirausahawan sejati pasti memiliki sifat tersebut

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Riska Retnosari
    41213010002
    @301-Riska

    komentar saya setelah menonton ini adalah acara ini sangat menginspirasi khususnya para pemuda di Indonesia untuk memulai usaha sendiri. Putri, Nicho, dan Hamzah merupakan salah satu contoh pemuda Indonesia yang sudah memiliki keinginan untuk memiliki usaha sendiri untuk mencapai kesuksesan. mereka semua memulai usaha mereka dari bawah dan telah merasakan susahnya membangun usaha mereka hingga bisa sukses seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  30. Febriyani Kiki Prastiwi
    41213010003
    @302-Febri

    Setelah melihat video acara Kick Andy yang menghandirkan beberapa narasumber dari berbagai bidang usaha yang mereka jalankan, dimana mereka memulai usahanya dari hanya berjualan kue kecil kecilan, menjual pisang goreng, membantu orang tua hingga menjadi seorang wirausahawan yang sukses dengan usaha yang berbeda, dengan menjadi pengusaha kopi, pengusaha ikan hias, dan dalam bidang pendidikan yaitu bimbel dan produksi sofa, kasur, dll.

    Perjalanan mereka dalam mencapai kesuksesan memberikan kita pembelajaran dan motivasi tersendiri. Bagaimana setiap usaha kecil yang kita jalankan tidak ada yang sia-sia. Apapun usaha yang kita jalankan bila itu mengalami kegagalan, maka janganlah berhenti mencoba dan mencoba lagi.

    Kita mungkin terjatuh sampai tujuh kali, tapi kita akan bangkit sampai delapan kali. Jangan mudah menyerah dan selalu optimis dalam menjalankan apapun yang anda kerjakan.

    BalasHapus
  31. Eggi Arasy
    41213010010
    @305-eggy
    Tayangan ini sunguh memberikan kisah-kisah inspiratif yang didalamnya banyak sekali pelajaran yanng memberikan motivasi dan tayangan ini patut unuk menjadi contoh bagi kita karena banyak cerita kesuksesan dari para tokoh inspiratif seperti putri, nico dan hamzah yang patut kita contoh. Diumur yang masih belia , mereka mampu merintis sampai membangun usaha merka hingga titik kesuksesan di usia dini. Karena pada dasarnya seorang enterpreuner itu harus berani mengambi langkah untuk maju dan selau bangkit walaupun masalah dan resiko yang selalu datang menghadang dan tetap terus optimis untuk maju Tanpa rasa putus asa Pada Intinya kesimpulan yang saya bisa ambil dari tiga emuda sukses ini adalah karena mereka adalah orang-orang yang selalu optimis pada bisnisnya serta ikhlas dan cinta pada apa yang dijalaninya , pantang menyerah serta diikuti dengan tekad yan keras membuat mereka menjadi enterpreuner yang sukses di usia muda, jadi Usia bukanlah tolak ukur manusia untuk meraih kesuksesan karena dimata ada kemauan disitu selalu ada jalan dan siapa yang besungguh-sungguh maka dia akan mendapatkan hasil yang terbaik pula. Dan mereka mampu melihat potensi pada diri mereka ,lalu mereka mengembanganya dengan baik sampai pada kesuksesan yang mereka capai saat ini . sudah sepantasnya kita sebagai generasi produktif itu bisa mencontoh semangat dan kerja keras mereka dan selalu optimis pada kemampuan dan potensi diri sendiri.

    BalasHapus
  32. Terimakasih 28 mahasiswa telah memberikan komentar

    BalasHapus
  33. Adapun 28 Peserta yang memberikan komentar : @304-Dhani, @311-Iwan, @312-Annisa, @317-Putra, @318-Fahrul, @323-Agus, @325-Hendra, @328-Diah, @329-Shara, @330-Triana, @333-Halima, @334-Sri, @336-Rizky, @337-Putri, @338-Tassya, @339-Pita, @340-Tomy,@303-Fifi, @321-Mzaf, @332-Fitria, @306-Della, @324-Windu, @315-Zaki, @316-Ismu, @307-Rizky, @301-Riska, @302-Febri, @305-eggy

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iman Prakoso
      44312010011
      @343-Iman
      iki ora iso toh tak komentari, yowes kalo beda dikit boten nopo-nopo yo..

      Bagi pendapat saya bagi generasi muda yang mencoba menjalankan usaha atau bisnis meski awalnya dengan modal yang kecil merupakan salah satu yang harus kita contoh oleh kita semua para kawula muda. Sebab dengan kita menjalankan sebuah bisnis akan banyak memberikan kita pengalaman-pengalaman, dan alangkah baiknya jika pengalaman itu kita tanam sejak dini.

      Anak muda pada umumnya mempunyai ide-ide yang kreatif dan unik dalam membangun usaha atau bisnis yang baru, sehingga kedepannya bisa menghasilkan bisnis yang menjanjikan.

      Bisa dilihat dari bisnis yang dijalani Putri dengan ia pertamanya tidak membutuhkan modal yang cukup besar seperti awal mula ia berbisnis, yaitu ia jalani usaha makanan-makanan ringan jualan gorengan disekolahnya, lalu ketika ia menekuninya terus ia menjadi mempunyai modal dan ahirnya dimasa sekarang ia membuka usaha "KOPI LUWAK" dengan nama perusahaan sendiri dan mempunyai kebun kopi sendiri.
      Penilaian pada Niko ia membuka usaha dari hobi dia waktu kecil suka mengoleksi ikan hias sehingga dimasa remaja ia mempunyai bisnis ikan hias.
      Penilaian pada Hamzah ia membuka bisnis perusahaan pendidikan dan desain yaitu dari bakat yang ia miliki, makanya bisa saya bilang apabila kita mempunyai ilmu kita jangan pelit untuk membaginya.

      Ya dari itu semua, kita para generasi muda bisa membuka bisnis bisa itu dari awal yang membutuhkan modal, bisa itu dari hobi yang kita punya, dan juga bisa dari bakat yang kita punya. Satu hal yang penting setelah kita membuka bisnis kalau bisa kita terus menekuninya untuk tetap fokus terus pada bisnis yang kita jalani, misalnya saya berbisnis dalam dunia motor saya selalu fokus sama dunia otomotif (kendaraan bermotor) saja untuk bisa saya mengembangkan kualitas produk-produk (sparepart) motor agar bisa jadi yang terbaik diantara kompetitor. karna saya masih tahap pembelajaran jadinya setiap yang saya lakuin saya ambil yang baik-baiknya saja dari pengalaman.

      Hapus
  35. Nama : Ria Lestari
    Nim : 41812010087
    Kode : @319-Ria

    Menurut pendapat saya mengenai para pengusaha muda ini memang sangatlah kita patut mencontohkannya. dimana saat menjalankan bisnis tersebut bukan hal yang gampang, apa yang kita lakukan itu lah yang kita raih, seperti putri yang memiliki usaha kopi luwak yang sukses, dulunya ia hanya berjualan sederhana, dan mulai terbiasa dengan usaha kita, kita bisa mengembangkan usaha yang kita punya. berani membuka usaha sendiri berani mengambil resiko dan bisa menjadi pengusaha yang sukses.. itu salah satu contoh dari pengusaha bisnis..

    Tayangan yang saya liat "Para Pengusaha Belia (Muda)" sungguh menginspirasikan dan menggambarkan ide2 untuk kedepannya.. janganlah pantang menyerah putus aja dari itu semua akan ada hikmahnya.. suatu saat yang kita jalani usaha dengan niat dan sungguh2 akan menjadi orang yang sukses dan bersyukur atas bisnis yang kita punya.

    BalasHapus
  36. Nama : Albertha Deny Widawati
    NIM : 44212010080
    Kode : @341-widawati

    melihat tayangan video tersebut merupakan suatu hal baik yang harus kita teladani, dengan tidak mudah menyerah dan terus berusaha, maka akan ada jalan yang dibukakan untuk kita dalam meraih kesuksesan. saya sangat salut terhadap kegigihan putri nicholas dan hamzah yang berani mengambil resiko untuk mencapai sesuatu yang menjadi impian kita

    BalasHapus
  37. Khanif Sutaji
    41510010030
    @309-Khanif

    Menurut saya video ini sangat memotivasi kita untuk berwirausaha di usia muda, karena yang muda yang memiliki semangat besar, yang mampu melakukan suatu perubahan untuk diri kita sendiri. Yang saya dapat dari menonton video ini adalah kita harus pintar-pintar melihat peluang untuk mempelajari hal yang baru,lalu jangan takut gagal buat ngejalanin sebuah usaha karena kegagalan memberikan kita pelajaran penting untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan kita dalam menjalankan usaha tersebut untuk menjadi yang lebih baik lagi, lalu kita harus bertekad untuk menuju sukses, jangan mudah putus asa ketika usaha yang kita jalani mengalami kerugian atau bangkrut karena semua itu butuh proses untuk mencapai kesuksesan
    tq

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. eko septio adi
    46113010059
    @344-eko
    menurut saya dari video yang sudah ditayangkan sangat memotivasi semua org utk tidak ragu dalam berwirausaha ,,,,

    mulai dari putri yang berumur 25 tahun sudah mempunyai perusahaan yg bergerak dibidang minuman yaitu kopi luwak yang bermerek lanang landek dan gajah hitam,awal mulanya jiwa kewirausahaan tumbuh dari seorang pemudi ini adalah sudah dari smp sma berjualan pisang goreng,,,diceritakan putri hanya berawal dari sales marketing dan putri merambah ke bisnis kopi awalnya tdk mudah namun dengan jiwa kewirausahaanya yang pantang menyerah putri mampu membangun jiwa kewirausahaan tersebut yang awalnya mnrtnya prtma kopi itu hanya diperjualbelikan diwarung" saja tapi sekarang mulai merambah keluar kota bahkan ke luar negeri mulai dari jepang,taiwan,china,poland,malaysia dll...pengalaman yang diberikan putri sangat memotivasi para pengusaha muda untuk selalu mencoba mencoba dan mencoba ,,,yang kita tahu awalnya putri awalnya sales berhasil menciptakan sebuah kopi lanang landek dan gajah hitam sehingga luar biasanya putri mempunyai tanah kebun kopi 4 hektar...putri juga awalnya tidak mudah menciptakan itu semua,,,ia jatuh bangun dalam berwirausaha dan pernah ditipu katanya,,namun seperti yang saya katakan sekali lagi putri mempunyai semangat jiwa hidup kewirausahaan yang patut dicontoh untuk kaum pemuda pemudi dalam berwirausaha,,,,

    nicolas (19 tahun) yang berbisnis ikan hias

    awal mulanya nico berbisnis sudah keliatan di sd kelas 1,sangat luar biasa bisnis ikan hias sampai ia memiliki ide untuk melanjutkan bisnis dari sd,,,jatuh bangun pernah ia rasakan nico dan lebih hebatnya ia berbisnis ikan hias itu melalui media online karena pada saat itu ia blm memiliki toko,,,ini membuktikan bahwa nico benar benar berwirausaha dari nol hingga menjadi sukses sekarang di usia yang masih belia,,,disini nico mempunyai pola asuh dari orang tua yang otoritatif artinya orang tua selalu mendukung penuh nico dalam berwirausaha tapi disini pernah tidak naik kelas gara" bisnis ini di kelas 2 smp namun memang jiwa kewirausahaan yang mencul sejak kelas sd ini yang memotivasi nico dalam berwirausaha ikan hias ini bahkan pemesan ada yang sampai dari luar negeri,,,,

    yang perlu dicatet adalah kita harus selalu memaksakan untuk terus berwirausaha tanpa harus takut jatuh/bangkrut,,,karena semua itu butuh proses tidak hanya kita inginkan namun langsung jadi,,pasti butuh proses dalam menjalani bisnis yang ingin anda ciptakan,,,

    BalasHapus