Juni 19, 2015

Bagaimana Mengelola Sebuah Stand Bazar

Ulfira Awalisya

Kegiatan bazar di kampus Universitas Mercu Buana ini yang disebut Program Kreatifitas Kewirausahaan berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 5, 6 dan 7 Juni 2015. Yang melaksanakan bazar adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan dan PKK ini berlangsung meriah berbeda dari bazar jurusan ataupun bazar ukm.
Kebetulan saya adalah ketua kelas dari ruang d303 mata kuliah kewirausahaan 1. Saya beruntung mempunyai dosen yang memberi masukan terhadap PKK.


Mulai dari pendaftaran, mengumpulkan uang, merencanakan, mengabsensi, menyebarkan info, mendekor, hadir selama 4 hari di bazar dari pagi hingga malam, bertanya pada panitia dll merupakan tugas saya sebagai ketua kelas. Banyak suka duka yang saya alami. Pertama kali saya diberitahu oleh panitia saya langsung sumringah dan semangat sekali tetapi hanya sedikit respon di kelas yang semangat seperti saya. Kelas d303 terdiri dari mahasiswa akuntansi, psikologi, teknik, sistem informasi, disain jadi tidak mudah untuk komunikasi dengan mereka yang berbeda jurusan maupun berbeda angkatannya. 

Mulai dari hari kamis kami mendekor dari siang pukul 12 sampai malam, keesokannya dari pagi sampai minggu tetapi yang datang di pagi hari sekitar jam 9 sampai jam 10 hanya sedikit. Saya sudah menjadwalkan shift tetapi yang ngeshift malah tidak datang ataupun terlambat. Selama 4 hari saya berada di stand dari pagi hingga malam karena saya mengabsen dan barang-barang saya juga ada di stand. Yang saya keluhkan adalah selama 4 hari saya tidak mandi sore. 

Dan yang datang mengabsen ada yang membentak saya, meganggu saya yang sedang mengerjakan tugas bahkan tidak berterimakasih, juga tidak membantu untuk menyempurnakan stand. Saya beruntung mempunyai teman berbeda jurusan yang ikhlas dan sangat semangat membantu ada setiap hari di samping saya yaitu kak Agita Hernanda dan Claudya Anisa. Mereka membuat semangat saya nyala kembali. Saya juga berkeliling stand selain stand yang menang, saya merasa stand kami yang paling kompak dan meriah. Saya bisa juga berkenalan dengan orang-orang baru yang bukan dari jurusan saya.

Bab 6 Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha. Stand kami termasuk milik bersama jadi bisa disebut perusahaan persekutuan. Kami memilih usaha pakaian karena teman sekelas ada yang mempunyai produk juga disamping itu posisi di depan stand kami adalah stand-stand makanan sehingga cocok bagi kami berjualan pakaian. Bab 9 Merancang Strategi Pemasaran posisi strategis, promosi di path atau grup jurusan, ramah terhadap setiap calon pembeli, menggunakan speaker, memakai music, juga hiasan atau dekoran di stand harus menarik dan stand kami melakukan itu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar