Juni 20, 2015

Pengalaman Pertama Menjadi Pengusaha

Muhammad Fajriansyah Azni


Setelah mengikuti acara pekan wirausaha yang diadakan di lingkungan kampus universitas Mercu Buana bersama teman-teman satu kelompok besar, saya mendapatkan pengalaman yang amat berkesan dalam belajar untuk menjadi seorang pengusaha. Tak luput dari itu, saya pun dapat bergaul dengan teman-teman lainnya sehingga keakraban dan solidaritas terjalin dengan baik seperti sebagaimana mestinya.

Ada beberapa pengalaman yang mungkin baru saya dapatkan, seperti:

  • Bagaimana cara membangun jaringan pertemanan
  • Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menjadi pengusaha
  • Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membentuk sebuah tim yang kompak
  • Bagaimana cara membagi sebuah tugas besar menjadi lebih fleksibel dan ringan
  • Bagaimana cara menerapkan konsep berwirausaha yang telah diajarkan dalam kelas ke bentuk praktik berwirausaha
  • Cara mengelola pendekorasi area tempat usaha
  • Bagaimana cara melakukan promosi dan bernegosiasi dengan pelanggan
Semua itu hanya sebagian kecil gambaran dari manfaat yang saya rasakan ketika ikut serta dalam kegiatan berwirausaha kemarin, masih banyak yang belum dapat saya jelaskan dengan kata-kata.


Hari pertama berwirausaha, kami melakukan pendekorasian tempat usaha atau stand yang akan dijadikan tempat untuk mengenalkan produk kepada pelanggan di lingkungan kampus. Produk yang kami pasarkan bertema ke arah fasion, seperti pakaian atasan, pakaian bawah, serta sepatu. Hari itu kami menyatukan imajinasi untuk menyusun tata peletakan produk-produk serta membuat konsep desain stand agar terlihat menarik bagi siapapun yang berkunjung. Tugas yang terlihat mudah seperti itu ternyata sulit jika dikerjakan dengan seorang diri, untuk itu kami membagi beberapa tugas ke tiap-tiap individu agar semua yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

Hari kedua, semangat berwirausaha kami kali ini lebih bergejolak dibanding kemarin karena nampak banyak anggota kelompok yang hadir membantu kelangsungan acara. Situasi pun lebih berwarna, karena banyak diantara kami yang mempromosikan dagangan dengan cara yang unik. Dari sanalah saya mendapatkan pengalaman untuk melakukan promosi kepada para pelanggan. Dengan memerhatikan cara promosi teman-teman yang lain pun menambah pemahaman saya mengenai strategi pemasaran yang baik.

Hari ketiga, ini adalah hari terakhir kami dalam mengikuti kegiatan pekan wirausaha di lingkungan kampus. Setiap detik dan menit yang berlalu memberikan kami banyak pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah kami dapatkan. Semoga manfaat dari kegiatan tersebut dapat menjadi bekal kami kedepan untuk membangun usaha secara perlahan-lahan tapi pasti. Terima kasih kepada bapak Atep yang telah membimbing kami untuk melakukan kegiatan berwirausaha yang keren ini. Dan terima kasih pula kepada rekan-rekan yang sudah dengan baik berpartisipasi membantu dan mengikuti kegiatan pekan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar