Juni 19, 2015

Bisnis dan Kerjasama Tim

Khansa Rachmalla Hartika

Adanya bazar yang telah dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 7 Juni di Atrium kampus UMB, kita sebelumnya sudah berkumpul dan membahas mengenai tema atau topik bisnis dimana menjadi pilihan bisnis yang dilakukan. Akhirnya kami semua sepakat untuk membuka bazar dengan produk yaitu pakaian, sepatu dan sebagainya. Dengan stand yang kita namakan 303 clothing.


Pada kesempatan kali ini satu hari sebelum bazaar dibuka, kami telah mendekor stand semenarik mungkin agar pelanggan tertarik. Disini kami menjual 6 macam jenis pakaian  yang sedang banyak digemari mahasiswa  yaitu terdiri dari kaos lengan panjang, kaos lengan pendek, jaket bola, jeans panjangi, jeans pendek dan sepatu. Disamping itu karena tempat penjualan kami terfokus  di area kampus maka Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau bagi mahasiswa.

Barang- barang yang kami jual berasal dari salah satu supplier teman kami.
Kami  sekelas membagi tugas jaga stand dengan teman sekelas yg sedng mempunyai jam kosong. Saya menjaga pada hari jumat dan sabtu Karena saya sedang jam kosong. Secara keseluruhan tim kami sangat kompak dan fleksible yang mana setelah tim produksi selesai bertugas maka pada bagian tugas penjualan akan dilakukan secara bergantian oleh seluruh anggota kelompok yang disesuaikan dengan jadwal telah diatur.

Hari pertama stand kita masih tidak telalu ramai dikunjungi para pembeli, kebanyakan hanya menanyakan harga dan melihat – lihat prudok yang kami jual. Namun ada satu jeans yang hilang entah kemana atau keteledoran kami yang salah menhitung jumlaah barang.Hari berikutnya stand baju kita ada lumayan yang membeli walaupun tidak banyak. Dihari terakhir kita berusaha optimis dan terussemangat untuk menjaga stand berharap barang – barang yang kita jual akan habis terjual.
Kegiatan seperti ini sangat berguna bagi para mahasiswa, untuk mengembangkan potensi berwirausaha. Dari kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari saya berkesan bahwa kegiatan bisnis membutuhkan aspek kesabaran dan perjuangan yang tidak mudah, harus bisa memahami keinginan para konsumen dan melayani dengan sebaik mungkin guna mendapatkan hasil penjualan yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar