September 21, 2015

Kosan Merin Bungalows (Observasi Bisnis)

 
Nama Usaha : Kosan Merin Bungalows  
Jenis/Bidang Usaha : Properti
Pemilik : Benjamin Tjandra Lukman
Alamat : JL. H Merin RT09/RW04, Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Kosan Merin Bungalows berdiri pada tahun 2010. Namanya sendiri diambil dari alamat kosan yang berada di Jl. H Merin, Meruya Selatan, Jakarta Barat.
Usaha ini diawali ketika Pak Benjamin sang pemilik kosan merasa buntu akan usaha-usaha yang telah ia buka sebelumnya, yang mana usaha tersebut bergerak dibidang kuliner namun tidak memiliki kemajuan yang baik. Sehingga ia mencoba memutar modal dan mendirikan usaha kos-kosan ini. Namun sayangnya kosan ini tidak memiliki logo. Kos-kosan ini hanya memiliki 10 kamar namun didekorasi dengan sangat minimalis sehingga memiliki tampilan seperti rumah-rumah pada umumnya, membuat para penghuni kosan akan tetap merasakan suasana rumah yang nyaman, walaupun sebenarnya mereka berada dikosan.

Kosan ini memiliki beragam fasilitas seperti ac, kamar mandi dalam, kamar berukuran 3,5 x 4, tempat tidur, lemari, meja belajar, wifi, dan seprei. Pak Benjamin hanya memiliki 2 karyawan yang bertugas menjaga dan membersihkan kos-kosan. Omset sebulan bisa mencapai 25jt/bulan. Strategi usahanya yaitu membuat banner kosan yang menarik dan terbaca dengan jelas, mengkondisikan kosan selalu dalam keadaan bersih dan rapi, mengutamakan fasilitas yang diberikan, menerima kritik dan saran, dan memberikan service yang baik bagi para penghuni kosan. Dan pada tahun ini, rencananya Pak Benjamin akan membangun 1 unit kos-kosan yang sama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar