September 22, 2015

Observasi Bisnis Ola Busana

Nama usaha    : OLA BUSANA       
Jenis usaha      : Konveksi dan Garment
Pemilik            : Hamzah ( pemilik utama (ayah)), Bobby Perwira Kedua ( penerus (anak) )
Alamat            : Jl.Masjid Nurul Ikhwan No.18b Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan

Ola Busana berdiri pada tahun 1889. Nama Ola diambil dari nama anak perempuan bapak Hamzah yang ke tiga yang beranama Fitriana Tiga Idola.
Usaha ini berawal dari tekat kuat bapak hamzah yang merantau bersama sang istri dari Pariaman ke Jakarta. Beliau sudah memiiliki jiwa berwirausaha, dia sangat pintar dalam memutarkan modal usahanya. Dari modal usaha kecil dan meminjam di Bank swasta akhirnya bapak hamzah memulai usahanya. Usahanya sendiri hanya berawal dari pabrik celana jeans kecil kemudian menjadi besar yang kemudian seiring dengan berkembangnya jaman celana jeans bapak Hamzah sangat diminati para pengguna jeans khususnya orang dewaasa. Salah satu merk jeans bapak hamzah yaitu "BOSS".
Usaha bapak hamzah memiliki karyawan sebanyak 50 orang di bagian pabrik sebagai penjahit dan pemasarannya. Namun sejak 2007 bapak hamzah meneruskan usahanya kepada anaknya yaitu Bobbby Perwira Kedua. Setelah dikelola oleh Bobby mulailah cabang dikembangkan. Cabang pertama dimulai yaitu di tanah abang setelah ditanah abang banyak peminat kemudian bobby melanjutkan cabangnya yang kedua di Pasar Cipulir dan cabang yang terakhir bobby membuka toko di daerah pondok aren pada tahun 2011.

Strategi bisnis yang dilakukan bobby yaitu sangat simple yaitu dengan cara pertama terjun langsung kepasar untuk mengetahui keinginan target dari pasar tersebut, kemudian dengan cara menawarkan sample ke konsumen dengan menjaminan bahwa jeansnya memang bahan jeans terbaik setelah itu kami selalu siap meneriman pesanan dari konsumen. Bobby memang tidak menjelaskan pendapatan omset keselurahan, dia hanya menjelaskan Omset bersih yang diterima dari setiap cabang perbulannya 5-7 juta rupiah itu belom pada saat hari-hari besar, jika hari besar omset melabung pesat. Harapan kedepan dari bisnis Ola Busana ini yaitu menginginkan memperluas jaringan pemasaran, dan menambah cabang di kota kota besar lainnya kalau bisa sampai mancanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar