September 20, 2015

Czar Project (Observasi Bisnis)


Bagi kamu pengemar Fashion, pasti sudah tidak asing dengan brand yang satu ini "Czar Project". Brand yang menjual berbagai fashion apparel seperti kaos, kemeja, celana pendek, topi, jeans dan sweater dengan harga berkisar antara Rp110K - 250K. Merupakan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan mahasiswa yang ingin tampil trendi atau masyarakat yang gemar dengan gaya streetwear.

 Siapa sangka pada awalnya pemuda yang akrab disapa "Cesar" atau pemuda yang bernama asli Muhammad Al-Kautsar (34) dulunya adalah seorang gitaris tambahan untuk beberapa musisi ini, akhirnya terjun di dunia fashion dengan brand yang ia ciptakan sendiri yang memiliki konsep streetwear.


Sebagai musisi tentu Cesar sudah mengenal betul gaya streetwear, pakaian yang simple dan mudah untuk dipadukan dengan berbagai kegiatan. Streetwear sendiri merupakan suatu fashion yang dikenakan pemuda pecinta olahraga extrem seperti skateboard, freestyle, BMX dan masih banyak lagi. Pendapatan rata-rata perbulan dalam salah satu outlet yang saya datangi mencapai Rp 40-50 jt perbulan. pendapatan ini belum termasuk dengan pendapatan offline maupun online store yang lain.

Czar Project pada mulanya memulai bisnis secara online dengan modal sekitar 80 jt kemudian menitipkan barangnya ke beberapa distro yang ada di Jakarta. Salah satu strategi bisnis yang di jalankan oleh Czar Project adalah dengan mengikuti ajang tahuan Jakarata seperti  Jakcloth dan menjual via jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan juga Web resmi Czar Project. Dalam outlet yang terletak di meruya selatan Czar Project memiliki 12 orang karyawan, diantaranya 5 orang sebagai tim stock dan 6 orang sebagai produksi dan office sedangkan Mas Wita sendiri yang saya wawancarai menjabat sebagai Store Manager Outlet.

Czar Project memiliki filosofi "Back to Local Brand" karena menurutnya brand miliknya tidak kalah dengan brand lokal lainnya maupun brand mancanegara. Czar Project juga yakin produk buatan Indonesia tidak kalah dengan produk-produk luar negeri. Karena minat masyarakat yang tinggi pada tahun 2010 Czar Project membuka outlet yang berada di Jln Meruya Selatan no 14A Jakarta Barat. Jadi untuk kamu pecinta streetwear bisa kunjungi langung ke outlet di Meruya Selatan dekat dengan Universitas Mercu Buana atau bisa kunjungi website  Czar Project di www.czarproject.com




Jangan lupa untuk mampir di blog saya : http://niasulistiyani.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar