September 15, 2015

Usaha Kue Leker 16 dan Strategi Bisnisnya


Usaha dalam bidang kuliner atau makanan menjadi usaha yang paling mudah untuk di jalankan, tak heran apabila usaha ini menjadi usaha yang paling banyak di geluti, entah itu oleh profesional yang sudah memiliki banyak pengalaman maupun oleh pemula sekalipun.

Banyaknya tingkat persaingan dalam bisnis kuliner cukup tinggi, sehingga perlu mental yang kuat sebelum terjun ke usaha ini, selain itu usaha kuliner rawan sekali gulung tiker, perlu perencanaan yang matang dan strategis yang bener. Beberapa tips sukses memulai usaha kuliner makanan berikut ini :

10 Tips dan Strategi Sukses Bisnis Makanan
  • Lokasi Usaha :Lokasi menjadi kunci utama sukses tidaknya usaha anda, dengan lokasi yang strategis maka warung makan anda akan mudah menemukan banyak pelanggan. Contoh lokasi yang paling stragegis ialah dekat jalan raya, dekat pasar/pertokoan. 
  •  Lakukan Riset: Riset sangat perlu dilakukan sebelum memulai usaha kuliner, anda bisa melukan riset seperti mencari tahu jenis makanan apa yang paling disukai orang, makanan apa yang belum dijual dilokasi usaha anda dan lain sebagainya.
  • Terapan Hasil Riset: Apabila anda  sudah melakukan riset maka selanjutnya yang harus anda lakukan ialah menerapkan hasil dari riset tersebut ke dalam usaha anda. Misalnya saja apabila di daerah tersebut makanan yang paling disukai adalah sate kambing, namun hingga sekarang belum ada warung yang menjual sate kambing, nah dengan demikian anda bisa menjual usaha sate kambing.

  • Tentukan Harga : Apabila anda membuka usaha di lokasi dengar persaingan usaha kuliner yang tinggi maka anda harus pintar dalam menentukan harga dari setiap makanan yang anda jual. Usaha makanan dengan harga yang lebih murah namun dengan cita rasa yang lebih baik.
  • Pelajari Kesuksesan Pesaing: Apabila anda orang yang acuh dengan kesuksesan orang lain maka buanglah sikap acuh tersebut. Mulai sekarang anda harus berani mempelajari apa yang membuat pesaing anda sukses, mulai dari lokasi, tempat usaha, pelayan, kebersihan dan juga harga jualnya. Dengan mempelajari itu semua anda bisa memetik nilai positif yang bisa anda terapkan ke usaha kuliner anda.
  • Fasilitas Yang Baik: Sebuah warung makan/restoran di katakan baik apabila memiliki fasilitas yang menunjang kepuasan pelanggan. Fasilitas seperti kamar mandi, kipas angin, meja dan kursi yang baik akan membuat pelanggan nyaman berlama-lama di tempat anda.
  • Utamakan Kepuasan Pelanggan: Banyak hal yang bisa anda lakukan agar pelanggan merasa puas makan di tempat anda, apabila pelanggan sudah puas dengan pelayanan yang anda akan berikan maka tidak menutup kemungkinan di hari esok pelanggan akan berkunjung kembali dan menjadi pelanggan tetap.
  • Jaga Kebersihan Tempat Usaha: Berbeda dengan usaha lain, usaha kuliner menuntut kebersihan dari segala aspek mulai dari makanan di buat, disajikan kepada pelanggan hingga sisa-sisa makanan itu sendiri. Pastikan kebersihan menjadi prioritas di tempat anda, berikan arahan kepada bawahan anda untuk menjaga kebersihan.
  • Buat Jam Operasional Tetap: Pelanggan lebih menyukai warung makan yang memiliki jam buka-tutup yang tetap, karena pelanggan tahu kapan bisa makan di warung makan tersebut tanpa harus kecewa dan pulang karena warung makan tutup. Jadi buatlah jam operasional yang tetap dan patenkan, semua demi kemajuan usaha anda.
  • Lakukan Peningkatan dan Jangan Lupa Promosi: Apabila warung makan anda sudah mengalami peningkatan dari segi pengunjung maka anda harus melakukan peningkatan seperti memperbesar lokasi usaha, membuka cabang baru dan juga menambah variasi makanan. Jangan lupa juga untuk menambah jumlah karyawan agar tidak kwalahan. Dan yang terpenting lakukan promosi baik melalui cara sederhana seperti membagikan brosur, memberi potongan harga atau bahkan melalui jaringan sosial.

Agar bisa sukses dalam menjalankan usaha maka anda harus bisa mengerti segala spek yang berkaitan dengan usaha kuliner. 

KISAH SUKSES


JOKER (Jogja Leker) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner dengan produk utamanya adalag kue leker. Leker sendiri merupakan makanan tradisional yang lebih dikenal sebagai jajanan masa kecil. Jenis makanan yang sudah jarang ditemui ini diolah menjadi lebih menarik serta mengikuti perkembangan jaman dengan variasi topping yang beragam serta kemasan yang lebih eye-catching, tetapi tetap mempertahankan unsur tradisionalnya dalam cara memasaknya. Keistimewaan JOKER adalah terletak pada panduan unsur tradisional dan modern-nya.

Sejarah Berdirinya JOKER

JOKER pertama kali berdiri pada bulan Juni 2010. Diawali dengan outlet pertama yang terletak di pinggir Babarsari, Sleman, Yogyakarta, tepatnya di depan pom bensin Babarsari. Setelah berjalanan sekitar dua bulan, JOKER mendapat undangan pada sebuah pameran yang di adakan di Asrma Syantikara, Yogyakarta. Dari sini JOKER mulai di kenal dan di minati oleh banyak orang.

Tidak lama kemudian, JOKER kembali diundang dalam sebuah pameran yang diadakan FKY (Festival Kesenian Yogyakarta). FKY sendiri adalah sebuah event akbar yang merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh pemerintah kota dan seniman di Yogyakarta. Ini adalah salah satu titik awal JOKER tumbuh pesat. Banyak investor yang tertarik untuk menjalin kerja sama dengan JOKER. JOKER pernah berhaasil membua 4 cabang baru.


Pada akhir tahun 2010, JOKER turut berpartisipasi dalam sebuah kompetensi bisnis yang diadakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIMPI). Di kompetensi ini JOKER berhasil menyambet JUARA PERTAMA dan mendapatkan fasilitas pameran di Java Mall, Semarang sehingga pasar JOKER pun semakin luas. 

BISNIS KU

Dunia kerja semakin menuntut manusia untuk lebih mampu bersaing dari kompetitornya karena itu di butuhkan suatu kemanfaatan sumber daya manusi yang semakin kreatif dan bergaya guna, oleh karena itu saya membuat sebuah bisnis di bidang makanan tradisional yang hingga sekarang masih digemari oleh rakyat Indonesia yaitu “Kue Leker”. Kue Leker merupakan jajanan yang berasal dari Belanda dan merupakan makanan kelas atas atau restoran, namun karna di gemari oleh Rakyat Indonesia sekarang Kue Leker menjadi jajanan tradisonal Indonesia. Saya menamakan Kue Leker ini dengan nama “Leker 16”, kenapa 16 karena angka 16 adalah angka kelahiran saya dan menjadi angka keberuntungan. Semakin banyaknya berkembangnya inovasi jajanan di Indonesia membuat Kue Leker jarang ditemukan karena inovasi Kue Leker belum banyak. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar