November 03, 2015

Observasi Bisnis : Buana.com

Siapa tak kenal dengan usaha fotokopi? apalagi ditambah letaknya dekat kampus atau perkantoran? Sudah pasti usaha potokopian adalah usaha yang paling di lirik oleh para pengusaha., Ya , salah satu nya adalah fotokopian yang sedang saya teliti ini. Buana.com itu lah namanya. Usaha Fotokopian ini terletak pas didepan kampus Universitas mercubuanan tepat nya di pusat pertokoan depan kampus universitas mercubuana yaitu Haji Zuhri Centre. Bagi mahasiswa Universitas Mercu Buana , Buana.commungkin nama yang tidak asing lagi.

Usut punya usut ini , usaha ini sudah berdiri sekitar 5 tahun. woww lumayan lama bukan. usaha yang merintis dari nol kemudian berkembang hingga sekarang. Awalnya usaha ini sebelumnya sudah ditekuni oleh pengusaha sebelumnya , dan akhirnya tutup. Akhirnya usaha ini dijual ke pemilik yang sekarang. Hanya bermodal uang dari arisan keluarga sekitar 50 juta , akhirnya terciptalah Buana.com ini . Awalnya usaha ini hanya usaha potokopian dan ATK namun sekarang berkembang menjadi printing dll. Kemudian kini karyawan di Buana.com ini bertambah seiring bertambah banyak pula permintaan dari pelanggan. Sehingga omset mencapai 100 juta/bulannya. Wow besar bukan namun proses pengembalian modal awal itu berjalan selama 2 tahun awal dibukanya buana.com ini.Kejayaan dari kemajuan Buana.com ini nampak terlihat dari perkembangan tempat dari Buana.com ini. Sekarang sudah mengalami renovasi karena penambhan PC komputer dan alat-alat penunjang lainnya, kemudian ditambah lagi sekarang Buana.com di desain indoor sehingga ada penambhan AC pula. 

Dari segi letak tempatnya , Buana com ini sangat strategis jadi tak perlu khawatir bagi mereka yang menggunakan kendaraan untuk parkir.Ditambah lagi dengan suasananya nyaman namun dengan harga terjangkau sehingga mampu bersaing dengan fotokopian yang lain yang berada disekitarnya.Secara kualitas Printan pun hasil lebih bagus dari fotokopian lainnya. Sekarang mereka bebenah dengan penambahan kelengkapan ATK. Sehingga sasaran utama tak hanya mahasiswa lagi , namun seluruh kalangan , contohnya : Anak Sekolahan yang perlu buku , pensil , dll. Dari semua kelebihan dan peluang bisnis yang ada , Kelemahan dari Buana.com ini adalah masih belum mempunyai ciri khas dibandingkan dari fotokopian lainnya. Sehingga ini dapat menjadikan sekaligus ancaman untuk Buana.com ini sendiri untuk dapat meningkatkan kulitas, fasilitas agar mampu bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar