Desember 15, 2015

Motivasi bisnis "pengusaha muda" (dalam tayangan kick andy)

Dalam tayangan kick andy ketiga pengusaha muda memiliki semangat untuk menjadi yang berbeda dari lainnya. 
Mereka memiliki keinginan-keinginan yang banyak org lain katakan itu terlalu sulit, tetapi mereka membuktikannya denfan kesuksesan yang ada sekarang ini. Dalam Teori Abraham Maslow:
1. Kebutuhan Fisiologis 
Kebutuhan fisiologis merupakan hirarki kebutuhan manusia yang paling dasar yang merupakan kebutuhan untuk dapat hidup seperti makan,minum, perumahan, oksigen, tidur dan sebagainya.
2. Kebutuhan Rasa Aman 
Apabila kebutuhan fisiologis relatif sudah terpuaskan, maka muncul kebutuhan yang kedua yaitu kebutuhan akan rasa aman. 
3. Kebutuhan Sosial 
Jika kebutuhan fisiologis dan rasa aman telah terpuaskan secara minimal, maka akan muncul kebutuhan sosial, yaitu kebutuhan untuk persahabatan, afiliasi dana interaksi yang lebih erat dengan orang lain.
 4.Kebutuhan Penghargaan 
Kebutuhan ini meliputi kebutuhan keinginan untuk dihormati, dihargai atas prestasi seseorang, pengakuan atas kemampuan dan keahlian seseorang serta efektifitas kerja seseorang. 
5. Kebutuhan Aktualisasi diri 
Aktualisasi diri merupakan hirarki kebutuhan dari Maslow yang paling tinggi. Aktualisasi diri berkaitan dengan proses pengembangan potensi yang sesungguhnya dari seseorang. Kebutuhan untuk menunjukkan kemampuan, keahlian dan potensi yang dimiliki seseorang. Malahan kebutuhan akan aktualisasi diri ada kecenderungan potensinya yang meningkat karena orang mengaktualisasikan perilakunya
Seseorang memenuhi kebutuhannya dari yang paling rendah hingga paling tinggi yaitu aktualisasi diri. Para pengusaha muda ini ingin membuktikan apa yang dicita citakannya menjadi kenyataan dan membanggakan. Semua hal ini sesuai dengan hierarki kebutuhan dri Maslow terutama pada tingkat ke 3 yaitu kebutuhan sosial dimana seseorang membutuhkan interaksi yang lebih erat kepada orang lain, para pengusaha muda ini tidak kenal lelah untuk banyak bertanya kepada orang-orang yang telah lebih dahulu sukses, mereka memiliki motivasi serta keinginan untuk menjadi sama sukses nya. 
Pada hierarki ke 4 kebutuhan penghargaan seseorang membutuhkan pengakuan dari org lain, seperti nicholas ia membuktikan bahwa cita citanya kuliah di universitas terbaik dengan biaya sendiri membuatnya bersemangat mencari uang dan akhirnya menemukan jodohnya di bidang ikan hias , hal ini ia buktikan kepada orang tua serta teman-temannya. 
Hierarki ke 5 yaitu aktualisasi diri para pengusaha muda membutuhkan untuk menunjukkan bahwa mereka benar-benar mampu jadi yang terbaik didepan semua orang hingga sukses sampai saat ini.   kebutuhan yang terpenuhi membuat seseorang  memiliki motivasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar