Desember 16, 2015

Review Motivasi Bisnis Pengusaha Muda (Kick Andy)

Kisah sukses pengusaha muda.  Hamzah seorang pengusaha layanan pendidikan dan usaha kerajinan, Nicholas seorang pengusaha ikan hias dan  Putri seorang pengusaha kopi.
  1. Siapa Hamzah Izzulhaq, pemuda kelahiran 26 April 1993, yang sejak memang lahir berjiwa entrepreneur. dia jadi salah satu pengusaha muda yang menarik perhatian media. Dia memiliki sifat easy going, membuatnya mudah dikenali. Dan dari berbagai kisahnya, banyak pemuda di penjuru Indonesia terinspirasi., Ia mulai mencoba usaha sejak SD banyak usaha yang Ia telah dilakoni. Sebut saja dari  menjual beberapa macam permainan seperti kelereng, petasan, dan berbagai macam permainan yang  sangat digemari anak-anak, tidak hanya itu, dia juga pernah menjual koran, layanan ojek payung saat hujan dan mengamen besama teman-temannya. Saat di SMA Ia berjualan pulsa dan makanan di sekolah. sampai akhirnya Ia mengikuti seminar bisnis dan Ia sangat tertarik dengan bisnis tersebut. Ia menjelaskan bisnis tersebut kepada orangtuanya agar dapat diberikan modal awal. usahanya pun mendapatkan sambutan yang positif dari orangtuanya sampai akhirnya itu mendirikan tempat bimbel, dan juga saat ini Ia memiliki usaha kerajinan yaitu penjualan sofa, kasur lipat, dan bantal. usahanya terus berkembang. Hamzah berhasil membuka 44 cabang bimbel dan sebuah bisnis sofabed di Tangerang.
  2. Nicholas Kurniawan berusia 20 tahun, Ia sudah sejak kelas 1 SD mulai mencoba untuk berjualan karena masalah ekonomi yang Ia rasarakan. awalnya Ia mencoba untuk berjualan mainan dan juga kue. banyak usaha yang Ia jalankan namun belum ada yang berhasil, hingga suatu ketika temannya memberikan ikan hias dan Ia pasarkan melalui media sosial dan mendapatkan respon yang positif sejak saat itu Ia mulai menjalankan bisnis ikan hias. bisnis tersebut Ia bangun berkat kegigihannya dan juga mau belajar dari orang-orang yang sudah sukses. bisnis tersebut semakin lama semakin berkembang dan saat ini sudah masuk dalam pasar Internasional. Ia adalah anak yang pintar dan aktif dalam kegiatan di sekolah namun karena kesibukannya di bidang usaha, mengakibatkan Ia tidak naik kelas dan hal tersebut memberikan pukulan yang cukup besar untuknya. motivasinya untuk sukses adalah Ia ingin kuliah dengan hasil jerihpayahnya sendiri dan Ia dapat mewujudkan hal tersebut. prinsip hidupnya adalah let me try one more time.
  3. Theresia Deka Putri saat ini berusia 25 tahun, Ia sejak SMP mulai mencoba untuk berbisnis mulai dari usaha menjual sepatu, snack, dan juga baju walaupun itu hanya dengan teman-temannya. Ia berjualan agar mendapat uang jajan tambahan dan digunakan untuk menabung. hingga saat ini Ia terus mencoba peruntungannya dengan berwirausaha yaitu dengan membuka usaha karya semesta dengan menjual kopi sebagai produk unggulannya. Putri merupakan sosok pengusaha yang penuh dengan semangat dalam mencapai cita-citanya. Mengingat usaha yang ia miliki saat ini ia bangun dari titik nol, dari mulai menjajakan produknya sendiri ke warung-warung kecil. Tapi tanpa putus asa, ia terus melangkah dan bisa sesukses seperti sekarang ini. usahanya dimulai karena kepandaiannya untuk melihat peluang, karena di Indonesia banyak sekali penghasil dan penyuka kopi sehingga produk tersebut dapat diterima baik oleh pasar. selain itu Ia juga mencoba menggunakan sistem jual beli yaitu dengan menjual produk orang lain dan mengambil sedikit keuntungan. Ia juga memiliki kebun sendiri seluas 4 hektar tetapi hasil dari kebun kopi tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan. kopi yang dihasilkan antara lain luwak lanang, lanang landep, dan gajah hitam. produknya juga sudah dipasarkan ke beberapa negara seperti Taiwan, Cina, Jepang, Malaysia, dan Polandia. Walaupun Ia pernah kena tipu namun Ia tidak pantang menyerah. Filosofi hidupnya adalah Kita tidak dapat mengarahkan angin, tetapi kita masih bisa mengarahkan layar
Dalam ilmu psikologi terdapat teori motivasi berprestasi dari Mc. Clelland yakni suatu konsep yang didasarkan dari kekuatan yang bersumber dalam diri manusia agar dapat mencapai prestasi lebih banyak dari pada orang pada umumnya pada banyak situasi. 

Tiga kebutuhan Mc. Clelland :

  1. Kebutuhan Prestasi, dapat dilihat dari keinginan mengambil tugas dan mempertanggung jawabkannya secara pribadi serta dapat memperhitungkan tujuan, resiko, dan melakukan segala sesuatu secara kreatif dan inovatif.
  2. Kebutuhan Afiliasi, terlihat dari cara bergaul atau bersahabat.
  3. Kebutuhan Kekuasaan, terlihat dari orang yang ingin mempunyai pengaruh untuk orang lain, mencoba untuk menguasai orang lain dengan mengatur perilakunya dan membuat orang lain terkesan kepadanya untuk itu orang ini akan menjaga baik reputasi dan kedudukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar