Januari 08, 2016

Kisah Sukses Pebisnis Belia (Tayangan Kick Andy)

1. Theresia Deka Putri, 25 tahun 
Di umur 25tahun ini, Putri memiliki perusahaan sendiri yaitu Karya Semesta, bisnis kopi.  Putri sudah memulai bisnis sejak SMP, menjual sepatu, snack, dan fashion.

Sejak itu Putri memasarkan kepada orang-orang terdekatnya dan hasilnya ditabung  hingga sampai dewasa iya mecoba hal baru dengan bisnis yang berkaitan dengan kopi. Putri pernah menjual kebunnya seluas 4 hektar yang telah ia kelola dari nol, dan sampai arhirnya berbuah manis, produknya di sambut baik dikalangan masyarakat dan sekarang sudah terjual di beberapa negara seperti Cina,Malaysia, Taiwan, dan Jepang. Ada berbagai macam kopi pada bisnis Putri saat ini, yaitu dengan salah satu produknya yaitu Luwak Lanang dan Gajah Hitam. PrinsipPutri yaitu “Kita tidak dapat mengarahkan angin, tapi kita masih dapat mengarahkan layar”.

2. Nicholas Kurniawan, 22 tahun
Di umur 22 tahun ini, Nicholas memiliki usaha Ikan Hias.  Nicholas memulai bisnis sejak kelas 1 SD karena beberapa faktor ekonomi yang dialaminya, Ia mulai bisnis dari menjual kue. Hingga ia memasuki umur 22 tahun ia berfikir untuk menjual ikan hias online, dan ternyata mendapatkan respon yang baik dikalangan masyarakat. Walau Ia sempat tinggal kelas tapi Nicholas mempunyai keinginan untuk kuliah dari uang hasil usahanya sendiri dan berhasil Ia raih. Nicholas jugamemiliki prinsip yaitu “Ikan murah berenang mengikuti arus dan ikan mahal berenang melawan arus” dimana kalimat itu dia lontarkan sebagai prinsip danmemberikan motivasi yang membangun dan positif.

3. Hamzah Izzulhaq, 
Pemuda yang lahir pada 26 April 1993 ini memang memiliki jiwa entrepreneur sejak lahir. Hamzah menjadi jadi salah satu pengusaha muda yang menarik perhatian media. Kenapa tidak? Dia memiliki sifat yang easy going,yangmembuatnya mudah dikenali siapapun. Ia memulai usaha sejak SD, banyak usaha yang telah Ia lakoni, dari  menjual berbagai macam permainan seperti kelereng, petasan, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Hamzah juga pernah menjual koran, ojek payung dan mengamen besama teman-temannya. Pada saat SMA,Hamzah berjualan pulsa dan makanan. Sampai akhirnya Ia mengikuti seminar bisnis dan pada saat itu Ia sangat tertarik dengan bisnis tersebut. Lalu Hamzahdiberikan modal awal oleh orang tuanya dan akhirnya Ia mendirikan tempat bimbel, hingga saat ini Hamzah memiliki usaha kerajinan sofa, kasur lipat, dan bantal. Usahanya terus berkembang, hingga sekarang Hamzah berhasil membuka 44 cabang bimbel dan sebuah bisnis sofabed di Tangerang.


·       Model Kebutuhan Berbasis Motivasi McClelland
Dalam teorinya McClelland mengemukakan bahwa individu mempunyai cadangan energi potensial, bagaimana energi ini dilepaskan dan dikembangkan tergantung pada kekuatan atau dorongan motivasi individu dan situasi serta peluang yang tersedia.
Teori ini memfokuskan pada tiga kebutuhan yaitu kebutuhan akan prestasi (achiefment), kebutuhan kekuasaan (power), dan kebutuhan afiliasi.
A. Kebutuhan akan prestasi (n-ACH)
Kebutuhan akan prestasi merupakan dorongan untuk mengungguli, berprestasi sehubungan dengan seperangkat standar, bergulat untuk sukses. Kebutuhan ini pada hirarki Maslow terletak antara kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Ciri-ciri inidividu yang menunjukkan orientasi tinggi antara lain bersedia menerima resiko yang relatif tinggi, keinginan untuk mendapatkan umpan balik tentang hasil kerja mereka, keinginan mendapatkan tanggung jawab pemecahan masalah.
B. Kebutuhan akan kekuasaan (n-pow)
Kebutuhan akan kekuasaan adalah kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara dimana orang-orang itu tanpa dipaksa tidak akan berperilaku demikian atau suatu bentuk ekspresi dari individu untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain. Kebutuhan ini pada teori Maslow terletak antara kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. McClelland menyatakan bahwa kebutuhan akan kekuasaan sangat berhubungan dengan kebutuhan untuk mencapai suatu posisi kepemimpinan.

C. Kebutuhan untuk berafiliasi atau bersahabat (n-affil)
Kebutuhan akan Afiliasi adalah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab. Individu merefleksikan keinginan untuk mempunyai hubungan yang erat, kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Individu yang mempunyai kebutuhan afiliasi yang tinggi umumnya berhasil dalam pekerjaan yang memerlukan interaksi sosial yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar