Januari 13, 2016

Motivasi Bisnis Pengusaha Sukses (Tayangan Kick Andy)

Dalam tayangan kick andy, kits melihat 3 pengusaha muda dengan basic yang sama sama berbeda. Menariknya, meskipun mereka memiliki basic yang berbeda namun mereka sama sama menjadi pengusaha yang sukses. Mereka memiliki keinginan yang mungkin semua orang inginkan. Namun, hasil kerja keras mereka tidak serta merta hanya karna keinginan saja, mereka juga memiliki motivasi yang kuat dalam mewujudkan keinginan mereka. 

Teori Motivasi ERG besutan Alderfer :
Clayton Alderfer kemudian meringkas teori Maslow ini menjadi 3 hierarki kebutuhan, yaitu kebutuhan bertahan hidup (Existence), kebutuhan diakui lingkungan (Relatedness), dan kebutuhan pengembangan diri (Growth), yang dikenal juga menjadi teori ERG.1. Motivasi Karena Kebutuhan Existence (Kebutuhan bertahan hidup)
Seorang manusia perlu untuk memenuhi kebutuhan minimalnya dalam bertahan hidup. Kebutuhan dasar yang diperlukan adalah kebutuhan untuk ada (hidup) dan agar tetap ada. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi maka seseorang akan sangat stres hanya untuk sekedar hidup. Kebutuhan bertahan hidup diantaranya harus dipenuhiny akebutuhan untuk makan, minum, udara, pakaian, tempat tinggal, rasa aman dan semacamnya.
2. Motivasi Karena Kebutuhan Relatedness (Kebutuhan Sosial)
Manusia juga memiliki kebutuhan untuk merasa sama dengan lingkungan sekitarnya. Atau jikapun ada ketidaksamaan, minimal seorang manusia membutuhkan pengakuan dan dianggap sebagai bagian dari lingkungannya. Jika pengakuan dari sekitar tidak didapat dari lingkugan terdekat, maka otomatis manusia akan mencarinya di lingkungan yang lain.
Rasa diakui dan diterima lingkungan ini dibutuhkan oleh pribadi dalam masyarakat, ataupun pekerja di tempat kerjanya. Jika kebutuhan ini dirasa tidak dipenuhi, maka orang cenderung untuk menarik diri dan bergerak ke arah lingkungan yang memenuhi kebutuhan tersebut.
3. Motivasi Karena Kebutuhan Growth (Kebuthan Perkembangan Diri)
Ketika kedua kebutuhan di awal sudah terpenuhi, maka orang punya kecenderungan untuk mengaktualisasikan dirinya. Aktualisasi diri ini tentu membutuhkan suatu ruang berkembang khusus. Disini kreatifitas dan pengambilan keputusan dari diri sendiri sangat dihargai.

Pada tayangan kick andy bagian pertama kita akan menemukan seorang bintang tamu laki laki bernama Hamzah Izzulhaq yang lahir pada 26 April 1993 dengan mejadi seorang wirausahawan bimbingan belajar, lalu datang bintang tamu kedua bernama Nicholas Kurniawan berusia 20 tahun yang menjual ikan hias, lalu yang terakhir ada seorang perempuan muda bernama Theresia Deka Putri berusia 25 tahun yang menjadi pengusaha kopi. Jika dilihat dari ketiganya, mereka adalah seorang pengusaha muda yang sama sama sukses. Namun bidang mereka yang berbeda, mengapa mereka bisa sukses menjalani bidang tersebut? karena rasa ingin tahu dan kebutuhan mereka yang membuat mereka menjadi termotivasi untuk membuat usaha tersebut. Apalagi mereka bertiga sama sama memiliki jiwa seorang wirausahawan. Dari yang awalnya mereka hanya mencoba coba untuk menambah uang saku, kini berubah menjadi sumber penghasilan bagi mereka. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar