Senin, Januari 11

Review Tayangan Kick Andy : Pengusaha Belia yang Sukses



Berdasarkan Teori Aldefer yang merupakan teori motivasi yang mengatakan bahwa individu mempunyai kebutuhan tiga hirarki yaitu : ekstensi (E), keterkaitan (Relatedness) (R), dan pertumbuhan (Growth) (G). Teori ERG juga mengungkapkan bahwa sebagai tambahan terhadap proses kemajuan pemuasan juga proses pengurangan keputusan.
Yaitu, jika seseorang terus-menerus terhambat dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan menyebabkan individu tersebut mengarahkan pada upaya pengurangan karena menimbulkan usaha untuk memenuhi kebutuhan yang lebih rendah. 
Penjelasan tentang teori ERG Aldefer menyediakan sarana yang penting bagi manajer tentang perilaku. Jika diketahui bahwa tingkat kebutuhan yang lebih tinggi dari seseorang bawahan misalnya, pertumbuhan nampak terkendali, mungkin karena kebijaksanaan perusahaan, maka hal ini harus menjadi perhatian utama manajer untuk mencoba mengarahkan kembali upaya bawahan yang bersangkutan memenuhi kebutuhan akan keterkaitan atau kebutuhan eksistensi. Teori ERG Aldefer mengisyaratkan bahwa individu akan termotivasi untuk melakukan sesuatu guna memenuhi salah satu dari ketiga perangkat kebutuhan. 



Keterkaitannya dengan Kisah sukses ke -3 Pengusaha Belia ini adalah berdasarkan ilustrasi cerita mereka :

Theresia DekaPutri (25tahun)Ia sudah sejak SMP mulai mencoba untuk berbisnis mulai dari usaha menjual sepatu, snack, dan juga baju. Ia mencoba untuk berjualan agar mendapat uang jajan tambahan dan digunakan untuk menabung. hingga saat ini Ia terus mencoba peruntungannya dengan berwirausaha yaitu dengan membuka usaha karya semesta dengan menjual kopi sebagai produk unggulannya. usahanya dimulai karena kepandaiannya untuk melihat peluang, karena di Indonesia banyak sekali penghasil dan penyuka kopi sehingga produk tersebut dapat diterima baik oleh pasar. selain itu Ia juga mencoba menggunakan sistem jual beli yaitu dengan menjual produk orang lain dan mengambil sedikit keuntungan. Ia juga memiliki kebun sendiri seluas 4 hektar tetapi hasil dari kebun kopi tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan. kopi yang dihasilkan antara lain luwak lanang, lanang landep, dan gajah hitam. produknya juga sudah dipasarkan ke beberapa negara seperti Taiwan, Cina, Jepang, Malaysia, dan Polandia. Walaupun Ia pernah kena tipu namun Ia tidak pantang menyerah. Filosofi hidupnya adalah Kita tidak dapat mengarahkan angin, tetapi kita masih bisa mengarahkan layar.

Nicholas Kurniawan( 20 tahun ), Ia sudah sejak kelas 1 SD mulai mencoba untuk berjualan karena masalah ekonomi yang Ia rasarakan. awalnya Ia mencoba untuk berjualan mainan dan juga kue. banyak usaha yang Ia jalankan namun belum ada yang berhasil, hingga suatu ketika temannya memberikan ikan hias dan Ia pasarkan melalui media sosial dan mendapatkan respon yang positif sejak saat itu Ia mulai menjalankan bisnis ikan hias. bisnis tersebut Ia bangun berkat kegigihannya dan juga mau belajar dari orang-orang yang sudah sukses. bisnis tersebut semakin lama semakin berkembang dan saat ini sudah masuk dalam pasar Internasional. Ia adalah anak yang pintar dan aktif dalam kegiatan di sekolah namun karena kesibukannya di bidang usaha, mengakibatkan Ia tidak naik kelas dan hal tersebut memberikan pukulan yang cukup besar untuknya. motivasinya untuk sukses adalah Ia ingin kuliah dengan hasil jerihpayahnya sendiri dan Ia dapat mewujudkan hal tersebut. prinsip hidupnya adalah let me try one more time.

Hamzah Izzulhaq,(19tahun) Ia mulai mencoba usaha sejak SD banyak usaha yang Ia sudah coba seperti ojek payung, ngamen, jualan kelereng, jual koran, dan sampai jualan petasan. hal tersebut terus berlanjut samapi Ia SMA, di SMA Ia berjualan pulsa dan makanan saat di sekolah. sampai akhirnya Ia mengikuti seminar bisnis dan Ia sangat tertarik dengan bisnis tersebut. Ia menjelaskan bisnis tersebut kepada orangtuanya agar dapat diberikan modal awal. usahanya pun mendapatkan sambutan yang positif dari orangtuanya sampai akhirnya itu mendirikan tempat bimbel, dan juga saat ini Ia memiliki usaha kerajinan yaitu penjualan sofa, kasur lipat, dan bantal. usahanya terus berkembang, saat ini Ia sudah memiliki 3 tempat bimbel dan 58 karyawan dengan penghasilan perbulannya 200-250 juta rupiah.


Dari Ilustrasi cerita review kisah sukses pengusaha belia ini adalah bahwa ketiga pengusaha belia ini pantang menyerah dan selalu termotivasi untuk sukses dan akhirnya suskses karena ingin memenuhi salah satu dari ketiga kebutuhan yaitu eksistensi , pertumubuhan dan keterkaitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar