Maret 24, 2016

Falsafah dan Budaya Orang Cina

Oleh : Dinda Dwi Larastya

“Perjalanan seribu km dimulai dari langkah pertama, jika kita yakin kita akan menang, majulah perang. Jika kita tidak yakin, mundurlah dulu untuk menyusun kekuatan agar kita yakin bisa menang.” – pepatah dari negeri cina.

Mempelajari sikap mental bisnis orang cina sangat penting bagi kita untuk mendorong motivasi dalam berwirausaha.  Banyak cara untuk mengembangjan sikap mental bisnis seperti orang cina. Dimulai dari falsafah dan budaya bisnis cina, penghormatan orang cina kepada orang tua dan leluhurnya adalah melalui kekayaan. Dan salah satu cara yang teruji sangat ampuh untuk menjadi kaya adalah dengan berdagang. Orang cina juga fokus dalam mencapai tujuan. Upaya tersebut dilakukan secara konsisten.

“jika dahulu bapaknya berjualan air dipinggir jalan, anaknya akan membuka restoran, dan barangkali cucunya akan mendirikan pabrik yang memproduksi air dalam kemasan.”

Budaya cina tersebut berprinsip generasi mendatang harus lebih baik dari generasi sebelumnya. Asas kepercayaan menjadi dasar penting dalam berusaha. Orang cina juga termasuk pekerja keras, kerja keras tidak akan berhenti walaupun sudah berhasil. Mereka bukan orang yang gila kerja tetapi mempunyai semangat kerja yang tinggi. Karna akan ada tujuan lain yang ingin dicapai.

Inti dari falsafah bisnis orang cina :
1. Kerja keras harud diiringi dengan keberanian dalam mengambil risiko.
2. Berdagang secara hobi dan serius.
3. Berbagi pengalaman agar tidak terjadi kesalahan yang sama.
4. Menabung dan berinvestasi.
5. Menjaga reputasi dan memberikan pelayanan yang baik.
6. Tidak berputus asa.

Inti dari budaya bisnis orang cina :
1. Bekerja keras, tekun, dan fokus.
2. Mau belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman.
3. Bersabar dalam menghadapi kegagalan dan menjadikannya sebagai semangat.
4. Profesional, kompetensi tinggi, dan komitmen pada pekerjaan.
5. Sigap untuk berinovasi agar cepat dan memuaskan keinginan pasar.

Berikut diatas adalah falsafah dan budaya dari orang cina yang dapat kita pelajari dan teladani untuk berwirausaha. Ini hanyalah sebagian hal yang kita dapat pelajari dari orang cina. Masih banyak sisi lain dari orang cina yang dapat kita pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar