Maret 18, 2016

Kiat-kiat Terampuh untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Oleh: Wiwit Meliani Putri

“Yang Muda Yang Kreatiif Dan Bergaya” . Salah satu kelemahan para pengusaha muda dan sarjana di Indonesia adalah keterampilan dalam bidang softskill.
Pendidikan pada saat ini masih didominasi oleh penguasaan teori atau keterampilan teknis. Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses diperlukan beberapa keterampilan softskill yang harus dikuasai yaitu:
1.       Menjaga Reputasi
Reputasi yang baik merupakan modal utama bagi seorang pengusaha muda. Reputasi yang baik akan memudahkan dalam membuat jaringan dan memperkenalkan usaha baru. Keterampilan membangun reputasi perlu ditingkatkan dengan merencanakan dan melaksanakan perbuatan yang membawa citra diri yang positif.
2.       Kemampuan Membangun Jaringan (Networking)
Seorang pengusaha muda harus mampu bergaul dengan sebanyak mungkin teman. Keberhasilan sering kali karena mempertemukan banyak kepentingan satu orang dengan orang lain. Oleh sebab itu keterampilan membangun jaringan sangat diperlukan terutama dalam hal bidang kerjasama dalam bekerja .
3.       Naluri Mengenali Peluang Usaha
Pengusaha yang berhasil adalah seseorang yang mampu mengenali peluang dengan  baik. Oleh sebab itu mengenali peluang merupakan hal yang sangat penting.
4.       Kemampuan Persuasi Dan Negosiasi
Dalam dunia bisnis selalu ada permintaan dan penawaran , dan keduanya membutuhkan adanya keseimbangan sehingga terjadi transaksi. Dunia usaha pasti memerlukan negosiasi dan persuasi dalam mencapai keseimbangan berbagai kepentingan sehingga dunia bisnis menjadi berhasil.

Sekian dari saya semoga artikel ini dapat membantu anda semua
TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT J
Sumber: 

Suharyadi, dkk. 2007. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Salemba Empat: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar