Maret 29, 2016

Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina

Cina adalah negara yang saat ini sudah maju dan berkembang pesat. Dahulu Cina adalah negara miskin yang banyak dilanda perang antardinasti.
Namun mereka banyak merantau hingga akhirnya mereka meraih kesuksesan hingga banyak yang menjadi orang-orang kaya. Di Indonesia, tidak asing lagi berbagai produk dipasaran tertera tulisan Made In China dibagian produk. Dari barang murah hingga yang mahal semua buatan dari Cina. Tidak heran Cina kini menjadi negara yang maju karna negara ini mampu membuat berbagai barang tiruan dari negara-negara lain dari alat elektronik, alat tulis, perabotan rumah tangga, hingga berbagai jenis kosmetik yang ada dipasaran.
 Orang Cina yang sukses dalam berbisnis menganut sistem perdagangan yang berorientasi pada pelanggan. Sebagian besar dari pedagang Cina mengutamakan interaksi tatap muka antara pedagang dan pelanggan serta komunikasi dengan banyak orang. Sistem bisnis orang Cina pun memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk memilih dan membuat keputusan karna kepuasan pelanggan adalah kunci sukses dari orang Cina.
 Dalam menjalankan usahanya, orang Cina mempunyai tata cara yg tidak formal dan tidak birokratis. Mereka menjadikan kegiatan berwirausaha itu menjadi semudah mungkin. 
Untuk menjadi seorang pengusaha sukses ala orang Cina, ada yang harus dikembangkan oleh pengusaha muda seperti belajar dan bekerja keras,memiliki motivasi tinggi untuk mencapai tujuan, berusaha dengan bermitra dan tidak saling mematikan, serta melakukan inovasi dan bersinergi dalam rangka mencapai keuntungan kedua belah pihak.
 Ketekunan merupakan salah satu faktor keberhasilan etnis orang Cina dalam kegiatan perdagangan. Etnis ini rela menempuh segala tantangan,rintangan dan kesulitan untuk menyukseskan kegiatan perdagangan mereka. Maka tidak heran meski ada peluang untuk gagal, tetapi mereka cenderung berhasil karna mau tekun serta semangat bekerja yang tinggi. Orang Cina yang sukses dalam berbisnis menerapkan budaya mereka sehingga mereka dapat berhasil seperti bangun pagi hingga bekerja sampai larut malam, apabila mereka gagal mereka akan tetap bersemangat, menetapkan tujuan untuk meroleh keuntungan jangka panjang, serta menerapkan sistem ”Siapa cepat siap dapat”.


Carissa Wijayanti
46115010043


Sumber:
Suryahadi, 2008. Membangun usaha sukses sejak usia muda. Jakarta: Salemba Empat
http://zakiyahkanza.blogspot.co.id/2013/04/menerapkan-sikap-mental-bisnis-orang.html
http://anggimaldini.blogspot.co.id/2013/04/menerapkan-sikap-mental-bisnis-orang.html#!/2013/04/menerapkan-sikap-mental-bisnis-orang.html
http://dantinoviyanti.blogspot.co.id/2013/04/bab-3-menerapkan-sikap-mental-bisnis.html
http://industri20intoharyanto.blogspot.co.id/2013/10/menerapkan-sikap-mental-bisnis-orang.html















Tidak ada komentar:

Posting Komentar