Maret 17, 2016

Persiapan Pribadi Pengusaha Muda

Mempersiapkan diri untuk menjadi pengusaha muda
          Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadi pengusaha sukses dimasa muda, yaitu:
1.     Kepribadian
Kita harus membangun sebuah kepribadian untuk keberhasilan sebuah usaha, dengan kepribadian yang matang kita dapat memiliki kesiapan dan dapat mempersiapkan semuanya dengan baik, serta kita akan memiliki rasa tidak mudah menyerah dan tidak mudah putus asa jika suatu saat mengalami kegagalan. Ada beberapa hal yang terkait dengan usaha membangun kepribadian:
·        Mengenal diri sendiri
Kita harus mengenali diri kita sendiri, sebab semakin kita mengenali diri kita sendiri maka akan semakin kecil peluang kita untuk mengambil tindakan yang merugikan.
·        Mempersiapkan perubahan sikap mental
Kita harus bisa menghadapi ketidakpastian seperti misalnya pemasukan setiap harinya, karena pemasukan setiap waktunya tidak pernah sama. Lalu berani mengatakan “bisa”, dan siap bekerja keras, tekun dan sabar. Yang terpenting adalah berani mengambil resiko dan jangan sampai rugi.

2.     Mempersiapkan keterampilan pengusaha muda
Untuk menjadi pengusaha muda dibutuhkan keterampilan softskill yang harus dikuasai, yaitu:


·        Menjaga reputasi
Reputasi yang baik merupakan hal yang sangat penting, karena dengan memiliki reputasi yang baik kita akan dengan mudah membangun jaringan dalam dunia usaha.
·        Kemampuan membangun  jaringan
Pengusaha harus mampu bergaul dan berbaur dengan orang banyak, karena dengan mengenal orang lebih banyak kita dapat membangun jaringan yang luas dan bisa memajukan usaha yang sedang dijalaninya.
·        Naluri menganali peluang usaha
Seorang pengusaha yang baik adalah dia yang mampu membaca peluang usaha dengan baik, kita harus bisa menentukan arah usaha serta harus bisa menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar  dengan menerapkan menejemen informasi yang baik.


3.     Membangun usaha saat muda
Alasan mengapa usaha disaat muda harus dikembangkan karena pada usia muda kita masih memiliki semangat dan kelebihan energi yang kuat, serta dapat menguasain teori yang baik dari beberapa pengalama yang ada. Kita memiliki daya nalar yang baik serta kemampuan fisik yang kuat sehingga kita selalu dapat berinovasi dan terus berkreasi tanpa batas.

4.     Merealisasikan mimpi menjadi kenyataan

Hampir setiap orang memiliki mimpi, namun ada orang yang dapat mewujudkan mimpinya dan ada yang tidak, hal yang membuat orang itu tidak dapat mewujudkan mimpinya adalah kurangnya usaha dan tindakan. Dan pengusaha yang berhasil adalah dia yang memiliki semangat, motivasi, tindakan untuk mencapai tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar