Maret 18, 2016

Persiapan Pribadi Pengusaha Muda



·       Gerbang Didunia bisnis melalui kreatifitas
Kesuksesan setiap manusia harus diperoleh melalui proses bekerja keras dan cerdas sesuai dengan norma-norma agama maupun hukum yang berlaku. Menurut Robert T. Kiyosaki, terdapat 4 (empat) cara yang dapat dilakukan setiap manusia dalam bekerja untuk memperoleh kesejahtraan atau kesuksesannya, diantaranya adalah :
1.       Employee, (orang yang bekerja sebagai  karyawan di kantor/instansi/institusi/perusahaan). Kita harus dapat mengikuti aturan waktu, prosedur kerja, target kerja serta tahapan berkarir dalam bekerja.
2.       Self employee/small buisiness owner (orang yang bekerja sendiri seperti : dokter, artis, pengacara, konsultan, pengusaha kecil. Kita harus menjual keahlian beserta waktu.
3.       Business owner (pengusaha atau pemilik bisnis), harus adanya investasi modal bisnis, mempersiapkan sumber daya manusia, teknologi serta harus membangun suatu sistem yang baik untuuk menjalankan bisnis tersebut.
4.       Investor (pemodal) harus adanya keyakinan untuk melakukan investasi saham terhadap suatu bisnis dengan kontrak-kontrak perjanjian yang disepakati dengan pihak-pihak terkait.

Tujuan dan sasaran perusahaan dapat ditetapkan melalui perencanaan. Dengn bertumbuhnya perusaan anda, semakin besar kebutuhan akan perencanaan; anda mulai lebih banyak meluangkan waktu untuk merencanakan dan lebih sedikit waktu untuk kegiatan operasi rutin.
Dalam menggarap sebuah bisnis, seorang wirausaha harus mampu memiliki sebuah kreatifitas yang memungkinkan pertumbuhan pribadi dan profesi. Kreatifitas adalah kemampuan untuk membuat  kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antara unsur , data variabel yang sudah ada sebelumnya.  Untuk membangun kekereatifan wirausaha perlu bedajar dari berbagai orang yang telah berpengalaman dan berhasil dalam bidang pekerjaan yang sama. Berdasarkan analisis faktor, Guilford menemukan bahwa ada 5 sifat, yang menjadi ciri kemampuan berfikir kreatif, yaitu:
1.       Kelancaran (fluency)
2.       Keluwesan (flexibility)
3.       Keaslian (originality)
4.       Penguraian (eleboration)
5.       Perumusan kembali (redefinition)
Dalam membahas suat kreatifitas bukan hanya dalam propesi melainkan dalam pengambilan keputusan diperlukan kreatifitas untuk melihat setiap aspek dari sebuah persoalandan juga mengerti/memahaminya secara keseluruhan.

Refrensi:
A.,Dharma,2009.Menuju Dunia Kerja & Wirausaha. Bogor : Suluh Media
Meredith, Geoffrey G. 2005. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Jakarta : PPM
Faturahman, Maman. dkk.2008 .Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar