Maret 17, 2016

Yang Diperlukan Pengusaha Muda

Oleh : Dinda Dwi Larastya
        Tak banyak orang bilang kalau masa muda adalah masa paling kreatif dalam hidup. Banyak ide yang bermunculan karna pengaruh dunia dan lingkungan dari luar sangat banyak sehingga banyak pikiran – pikiran baru yang bermunculan.

        Masalahanya tak banyak orang yang mampu mengeluarkan ide tersebut dan menjadikannya sesuatu yang beharga dan membantu orang banyak maka dari itu untuk mengasah diri perlu adanya :
1.  Mengenal diri sendiri
Baik secara pribadi ( sifat diri sendiri ) maupun dari bakat dan kemampuan ( yang bisa di dapat dari proses belajar ).
2.Mempersiapkan perubahan sikap mental
Dari belajar untuk siap dalam hal yang tidak pasti lalu mengatakan “bisa” untuk meyakinkan bahwa semua akan berjalan baik dengan kerja keras, tekun, dan sabar. Dan tentu saja berani mengambil resiko secara matang serta menyediakan beberapa alternatif.

        Tak hanya itu setiap pengusaha harus punya softskill yang mendukung usaha nya seperti menjaga reputasi baik secara lingkungan maupun hukum. Beberapa hal dari menjaga reputasi adalah sikap yang jujur dan tanggung jawab dalam kompetensi dan komitmen.

        Kemampuan membangun jaringan karna kemampuan pengusaha dalam bergaul dengan orang lain harus diatas rata – rata. Kemampuan ini di dukung dari rasa percaya diri yang kuat, menjadi anak sosialisasi yang positif, kartu nama yang menarik dan spesifik kepada kenalan baru, dan tentu saja persahabatan yang tulus.

        Naluri mengenali peluang usaha dimulai dari arah usaha dan minat lalu yang di butuhkan lingkungan sekitar membutuhkan manajemen informasi.

        Kemampuan persuasi dan negoisasi, seperti membujuk untuk mencapai win-win solution. Beberapa persiapan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengendalian emosi serta sikap profesional.

        Beberapa kekuatan positif adalah :
1.  Usia, karna mempengaruhi semangat dan energi.
2.  Penguasaan teori dan pengalaman yang ada. Diharapkan tidak melakukan kesalahan dua kali.
3.  Daya nalar dan sistematika berpikir yang cukup baik. Sehingga adanya pengambilan fakta dan data.
4.  Kemampuan fisik yang prima
5.  Kreativitas yang tinggi dan lahirnya inovasi.

Langkah – langkah awal untuk mendukung pengusaha muda adalah:
1.  Mengubah impian menjadi visi.
Agar adanya waktu tertentu untuk mencapai sesuatu.
2.  Menyusun rencana strategi.
Mempunyai rencana dengan mempertimbangkan faktor eksernal dan internal.
3.  Menetapkan rencana jangka pendek.
Dengan mempersiapkan beberapa target baik secara jelas, realistis dan ditetapkan mencapai target.
4.  Melaksanakan usaha.
Yaitu pembuatan struktur organisasi baik penentuan pekerjaan, hak, tanggung jawab dan lainnya.

                Selain dari itu semua butuh dukungan dari keluarga adalah hal yang terpenting. Agar kita yakin dalam melangkah. Kita bisa mempersiapkan diri untuk lebih baik tapi perlu adanya keberanian dalam merealisasikan mimpi jadi kenyataan.

Sumber: Surharyadi, Nugroho,Arissetyanto, S.K.,Purwanto, Faurohman,Maman (2012). Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda, Jakarta: Salemba empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar