Maret 15, 2016

Young Enterpreneur Wanna be


Oleh: Denna Lerisha

Siapa sih yang tidak ingin menjadi orang sukses? pasti semua orang ingin menjadi orang yang sukses bukan? Tidak perlu menunggu lulus kuliah jika kita ingin menjadi pengusaha yang sukses. Kita bisa memulainya sejak kita masih duduk dibangku kuliah. Terlebih lagi karena kebutuhan mahasiswa yang sangat banyak.


Nah, berikut ini Saya akan memberikan saran yang dapat Anda lakukan untuk memulai usaha Anda. cekidot!

1. Menjual Pulsa
    Salah satu jalan alternatif untuk menambah uang jajan adalah dengan menjual pulsa. Remaja jaman sekarang pasti sangat membutuhkan yang namanya 'Pulsa'. Kalau tidak ada pulsa pasti akan gelisah karena tidak bisa paketan untuk internet dan tidak bisa update status disocial media, yagak? (Tapi bisa numpang wifi sih) hee. Dan banyak anak muda sekarang yang memilih sebagai penjual pulsa. Dari anak SMP, SMA maupun Mahasiswa. Karena tidak perlu modal yang besar Anda sudah bisa menjual pulsa. Anda bisa membeli saldo pulsa dicounter pulsa kesayangan Anda. Lalu beri tahu teman dan kerabat kalau Anda menjual pulsa. Siapa tahu laku keras dan Anda bisa membuka counter pulsa sendiri hihi.

2. Online Shop
    Anda tidak bisa lepas dengan gadget Anda? Nah, daripada Anda bermain gadget hanya untuk melihat status orang-orang yang galau, lebih baik Anda manfaatkan gadget dengan baik agar bisa menghasilkan uang. Salah satu caranya yaitu dengan bisnis online. Walaupun terlihat mudah, memulai bisnis online ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Diperlukan trik serta strategi tersendiri agar online shop Anda bisa dikenal banyak orang dan tentunya laris manis. Jika online shop Anda sukses, Anda bisa mendapat keuntungan yang banyak.

 Jika Anda berminat dengan bisnis online cobalah tips and trik berikut ini:
     1. Anda harus tahu barang apa yang akan Anda jual. Carilah sesuatu yang sedang hits dikalangan anak muda.
     2. Jika Anda belum bisa memproduksi barang sendiri. Anda bisa membeli di toko grosir. Carilah toko grosir yang terpercaya dan berkualitas.
     3.  Upload foto dagangan Anda ke social media. Misalnya seperti Instagram atau line@. Jika Anda mengupload ke instagram jangan lupa sertakan hashtag agar barang dagangan Anda mudah dilihat oleh banyak orang.
     4. Informasi Harus Lengkap
Saat membuat bisnis online, Anda harus menampilkan informasi mengenai produk sebanyak-banyaknya. Hal ini karena para pelanggan tidak bisa menyentuh atau mencoba produk tersebut. Contohnya, bisnis online yang menjual baju. Ada baiknya Anda menulis jenis bahan, ukuran panjang baju, lebar baju, serta detail agar pembeli tidak merasa tertipu ketika mendapatkan barangnya. Dan jangan lupa menampilkan contact person Anda.
    5. Jangan Spamming
Penggunaan sosial media harus dilakukan dengan bijaksana. Hindari melakukan spamming yang akhirnya membuat orang kesal.
    6. Jadilah penjual online shop yang jujur dan no tipu-tipu 😊

3. Jadi Reseller
    Reseller online adalah pelaku bisnis atau orang yang menjual kembali produk maupun jasa dari distributor, produsen atau reseller yang telah mereka gandeng. Beda halnya dengan dropshipper, disini seorang reseller mempunyai persediaan stok atau persediaan barang yang akan mereka pasarkan. Biasanya menjadi seorang reseller adalah alternatif pertama bagi mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis toko online, namun belum bisa menghasilkan produk atau barang dagangan sendiri.
Jika sekarang Anda hanya menjadi reseller, siapa tahu suatu saat Anda akan memiliki usaha sendiri 😉

4. Garage Sale
    Saya ingin membahas garage sale karena hubungannya dengan lingkungan dimana dengan garage sale berarti kita tidak membuang percuma barang-barang kita sehingga barang kita akan dipakai kembali atau di-Reuse. Kalau kita memiliki baju yang sudah kekecilan dan masih layak pakai, kita bisa menjualnya kembali dengan cara garage sale ini. Garage Sale dapat kita lakukan dirumah sendiri. Dan tentunya ini bisa menjadi awal usaha Anda.

5.  Dari Hobi menjadi Bisnis
     Siapa bilang hobi sehari-hari yang dianggap sepele hanya membuang-buang waktu saja. Hal yang demikian tentu tidak berlaku bagi orang-orang yang inovatif dan mau berusaha Karena peluang meraup keuntungan bisa datang dari mana saja, termasuk hobi yang sepele. Salah satunya seperti talenta masak mengalir kuat di tubuh Mellisa Sugianto. Lulus kuliah hospitality dari UPH pada 2004, Mellisa jatuh bangun mendirikan usaha restoran. Kini, restorannya yang bernama Nanny’s Pavillon berkembang pesat dan menyebar di Jakarta, Bandung, hingga Bali. Berawal dari hobi masak, kini sukes berbisnis restoran. Yang terpenting adalah Anda harus benar-benar menguasai hobi yang Anda jalani dan lihat pasar apakah memang bisa berjalan pada lingkungan Anda berada.

Itulah beberapa peluang bisnis yang dapat Saya rekomendasikan. Semoga bermanfaat.

Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu. Karena dengan satu langkah yang kita mulai, kita akan mencapai tujuan kita.

Referensi:

Swy. 2014. Tips Memulai Membuka Usaha Online Shop Untuk Pemula. https://id-id.facebook.com/notes/swy/tips-memulai-membuka-usaha-online-shop-untuk-pemula/786423284719134/,12 Maret 2016.
CS BisnisUKM. 2014. PERBEDAAN SISTEM DROPSHIP DAN RESELLER TOKO ONLINE. http://trainingtokoonline.com/perbedaan-sistem-dropship-dan-reseller-toko-online/, 12 Maret 2016.
Aku Ingin Hijau. 2009. Ayo Bikin Garage Sale. http://akuinginhijau.org/2009/04/20/ayo-bikin-garage-sale/, 12 Maret 2016.
Admin. 2014. Hobi Sederhana Yang Bisa Jadi Ajang Bisnis. http://tulisbaca.com/hobi-sederhana-yang-bisa-jadi-ajang-bisnis/, 12 maret 2016.
Ciputra Enterpreneurship. 2013. Berawal Hobi Masak, Kini Sukses Berbisnis Restoran. http://www.ciputraentrepreneurship.com/domestic-womenpreneur/berawal-hobi-masak-kini-sukses-berbisnis-restoran, 12 Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar