April 21, 2016

3 Hal yang Harus diperhatikan Saat Memilih Usaha
Oleh : Sofia Zahra



Banyak orang bilang mereka mau memiliki usaha, mau berwiraswasta, mau disebut pengusaha, tapi bingung di bidang apa mereka akan menanamkan usahanya tersebut.

Kalau begitu, langkah untuk berusaha ke tahap selanjutnya akan lebih sulit, karena kita belum tau bidang apa yang akan kita dalami untuk usaha. Ditambah perlu pemikiran yang matang dalam memilih suatu jenis usaha, yang artinya harus ada proses memilah dalam membangun bidang usaha kita nanti, bukan asal saja.

Pertama, pilih bidang yang memang berpotensi berkembang saat itu. Hal ini dapat dilihat dari kondisi di lingkungan tempat kita mau mengembangkan usaha. Kalau di Jakarta misalnya, pasti kalian setuju bahwa membuka usaha rental DVD kurang menjanjikan. Kenapa? Sekarang begitu mudah untuk menonton film secara streaming tanpa harus keluar uang, mendownload film di internet pun sekarang mudah.

Kedua, pilih bidang yang kalian kenal betul seluk beluknya. Maksudnya seluk beluk seperti apa? Kalian tau suatu bidang tertentu yang mana bidang tersebut dapat kalian kuasai baik mulai dari segi informasi, praktik, maupun kelemahan-kelemahan bidang tersebut. Bidang yang kalian tau seluk beluknya bisa jadi adalah sesuatu yang menggugah minat kalian, seperti hobi misalnya. Sekalian kalian menekuni apa yang kalian suka, kalian juga dapat mengembangkan bisnis dari situ.

Ketiga, perhatikan juga lokasi dimana bisnis kalian itu akan kalian pasarkan. Jika kalian sudah mengenali lokasinya, maka kalian tau apa saja sih aspek yang harus di sesuaikan agar sesuai dengan lokasi yang kalian pilih. Misalnya kalian ingin membuka sebuah restoran di kota Bogor, kalian tau kalau Bogor itu kota hujan, dengan suasana kota yang agak lembab di beberapa waktu tertentu. Dengan begitu kalian pasti terpikir menyediakan beragam minuman hangat yang cocok diminum pelanggan kala hujan datang.

Tapi ingat lagi, kalau sudah melihat 3 aspek di atas, kalian harus mulai segera dengan melihat kesempatan yang tersedia bagi kalian. Kalau kata Bong Chandra, orang yang pernah dinobatkan sebagai motivator muda se-Asia, "Jika kesempatan bisa pilih-pilih orang, ia tidak akan memilih orang yang dapat melihatnya, tapi orang yang menangkapnya"

Selamat mencoba.









Referensi :

Cell, Comtel. “Cara Menentukan / Memilih Jenis Usaha Secara Tepat”. 2014. http://comtelweb.blogspot.com/2014/04/cara-memilih-menentukan-jenis-usaha-secara-tepat.html


Dhiar. “12 Sikap Yang Harus Dimiliki Pelaku Wirausaha Untuk Sukses”. 31 Maret 2015. http://blog.sribu.com/12-sikap-yang-harus-dimiliki-pelaku-wirausaha-untuk-sukses/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar