April 07, 2016

kreativitas dan inovasi berwirausaha

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

Pengusaha selalu dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi dan inovasi yang baru dalam menunjang usahanya. Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang.

Tuntutan Kreativitas dalam Bisnis Masa Kini
Mempertahankan eksistensi usaha harus diiringi upaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik lagi. Dan seorang wirausahawan harus memastikan bahwa kreativitas yang selama ini dilakukan, bila telah usang atau tidak terpakai lagi.
Para peneliti telah membedakan tipe kreatifitas dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
a.       Membuat atau menciptakan, yaitu proses membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada.
b.       Mengombinasikan dua hal atau lebih yang belumnya tidak saling berkaitan menjadi leih bermnfaat.
c.       Memodifikasi sesuatu yang memang sudah ada. Poses ini menggunakan berbagai cara untuk membentuk fungsi-fungsi baru atau menjadikan sesuatu menjadi lebih berguna bagi orang lain.

Hambatan dan Teknik Meningkatkan Kreativitas
1.       Hambatan kreativitas
a.       Hambatan Psikologis
b.       Hambatan Budaya
c.       Hambatan Lingkungan
d.       Hambatan Bahasa befikir
e.       Hambatan Keterpurukan Fungsional
f.        Hambatan Kebiasaan Memnadang
2.      Teknik meningkatan kreativitas
Cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah cara berfikir dan proses bertindak. Berikut cara-cara meningkatkan kreativitas dalam proses pemecahan masalah :
·         Perumusan masalah secara kreatif
·         Bertanya dan bertanya
·         Curah gagasan
·         Menciptakan iklim kreativitas
Bagian otak anda yang dominan akan selalu mendikte bagaimana anda harus berfikir. Pengaruh otak kiri yang menyebabkan seseorang lebih teratur dalam berfikir, analitis, da kurang kreatifitas sehingga terlalu banyak pertimbangan dalam bertindak dan cenderung menjadi pengekor.

Arti Penting Inovasi Dalam Kewrausahaan
Ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan pengusaha yaitu :
1.       Pengenalam barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada
2.       Pengenalan metode produksi baru
3.       Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru
4.       Penciptaan/pengadaan persediaan (supply) bahan mentah atau setengah jadi baru
5.       Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru
Funsi inovasi dari seorang pengusaha tentu saja dapat mengubah pasar dan “aturan main” (rule of the game) yang sudah ada. Pengusaha yang dapat menciptakan jenis barang baru akan memberi keuntungan bagi pasar sehingga lebih banyak terdapat pilihan bagi konsumen.

Teknik Mengembangkan Inovasi
Kemenangan bisa dicapai dengan cara menciptakan pasar baru lewat inovasi. Inovasi harus terus dibangun melalui budaya kreatif, mengikuti tren perubahan, dan membangun pasar.
Seorang wirausaha harus segera menterjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi. Inovasi adalah kreativ yang diterjemahkan menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber yang kita miliki. Sifat inovasi dapat ditumbuhkembangkan dengan memahami bahwa inovasi adalah seatu kerja keras, terobosan, dan kaizen (perbaikan terus menerus)

Melindungi Gagasan dari Hasil Kreativitas dan Inovasi
Banyak perusahaan yang tidak mengetahui pentingnya hak perlindungan usaha. Wirausahawan harus memahami cara mendapatkan hak paten, merek dagang dan hak cipta.
Pengusaha harus memahami cara mendapatkan hak paten, merek dagang, dan hak cipta yang biasanya disebut dengan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada seseorang atau sekelompok orang untuk memegang monopoli dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari kekayaan intelektual.


Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar