Selasa, Mei 24

Business SMART Plan



Sebagai seorang entrepreneur, sebelum memulai sebuah usaha akan lebih cerdas jika memulainya dengan langkah merencanakan usaha.
Merencanakan usaha ini kita seperti membuat peta-peta pikiran yang di dalamnya terdapat berbagai macam cabang, seperti strategi usaha, rencana pelaksanaan, profil usaha, rencana operasional, data finansial, produk, analisis persaingan dan pasar, hingga jadwal operasinal.

Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang menggunakan konsep SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Reasonable, Trackable). Perencanaan yang bersifat spesifik bertujuan agar tujuan dari bisnis yang akan diusung jelas dan terarah, sehingga kita dapat fokus dalam menjalani bisnis kita. Measurable atau dalam Bahasa Indonesia dapat diukur bertujuan agar tahu kapan perencanaan tersebut telah tercapai. Achievable, bahwa perencanaan yang telah dibuat harus tercapai jangan sampai mengerucut. Sementara, Reasonable adalah di mana pemenuhan syarat faktual dan realistis perencanaan dipenuhi. Terakhir, Trackable atau bisa disebut juga timely yaitu setiappencapaian tujuan usaha harus mampu dilacak, agar dapat diketahui setiap kemajuannya.

Selain itu, perencanaan usaha harus dilengkapi dengan beberapa komponen penunjang, antara lain, perencanaan lokasi begitu penting, karena hal ini dapat berhubungan dnegan efisiensi maupun operasi. Lalu, komponen kedua adalah manusia, karena semua faktor seperti tanah, mesin, atau pun bangunan tidak akan berarti tanpa aanya kemampuan dari manusianya. Kepemimpinan dan softskill lain yang mendukung akan menjadi bagian penting dari kesuksesan sebuah usaha.

Suryahadi,2008. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.
https://www.sba.gov/starting-business/write-your-business-plan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar