Sabtu, Mei 21

Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha


                Dalam menjalankan bisnis, salah satu faktor penting dalam meraih kesuksesan adalah dengan memilih jenis usaha yang akan dijalankan dan mengenali dimana peluang usaha itu berada.
Apabila sudah ada motivasi, dan niat untuk menjalankan bisnis, langkah selanjutnya adalah mengenali peluang dan memilih jenis usaha Anda.
                Ada banyak hal yang dapat dicoba dalam melihat peluang bisnis, seperti:
-Mengenali kebutuhan pasar
-Mengembangkan produk yang telah ada dipasaran
-Memadukan bisnis-bisnis yang ada
-Mengenali kecenderungan (tren) yang terjadi
-Mewaspadai segala kemungkinan yang awalnya terlihat sepele, yang ternyata setelah ditekuni dapat menjadi bisnis yang luar biasa.
-Menggunakan asumsi-asumsi yang baru (tidak baku)
                Nah jika Anda sudah memahami peluang yang ada, langkah berikutnya adalah memilih jenis usaha yang akan Anda bangun. Dalam memulai usaha bagi pemula, ada baiknya dengan memulai usaha kecil-kecilan, dengan tidak bermodalkan biaya yang terlalu besar. Untuk dapat mempromosikan usaha yang Anda kembangkan bisa dimulai dari lingkungan terdekat Anda. Bisa disekitar rumah, sekolah, kampus, maupun tempat bekerja.
                Ada beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat antara lain :
-Tentukan tujuan besar yang hendak dicapai
-Buat daftar ide usaha
-Nilai kemampuan pribadi
-Pilih kriteria
-Membandingkan dan dapatkan saran dari pengusaha, konsultan, atau mentor.
-Nilai keadaan bisnis saat ini dan masa mendatang melalui riset.
-Tetapkan pilihan.
                Adapun beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum mendirikan bisnis adalah modal, resiko, kemampuan majerial, waktu, dan juga pajak. Apabila bisnis dijalankan sesuai prosedur yang benar dan dijalankan dengan pertimbangan yang matang, maka Anda kemungkinan besar akan berhasil dan sukses.

CARISSA WIJAYANTI
46115010043



Sumber:
1.       Suryahadi,2008. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat
2.       Heru.hevri,2013. Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha. Kewirausahaan. Dalam http://hevri20heru.blogspot.co.id/2013/05/bab-6-mengenali-peluang-dan-memilih_2846.html diakses 21 Mei 2016
3.       Angkat.Rajaaidil,2012. Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha. Dalam http://rajaaidilangkat.blogspot.co.id/2012/10/mengenali-peluang-dan-memilih-jenis.html diakses 21 Mei 2016
4.       Elisabeth.Akutansi,2012. Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha. Kewirausahaan. Dalam  http://akuntansi17elisabeth.blogspot.co.id/2012/07/bab-6-mengenali-peluang-dan-memilih.html diakses 21 Mei 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar