Jumat, Mei 20

Peluang Usaha

Mengenali Suatu Peluang di Setiap Kesempatan yang Ada



Peluang adalah suatu kesempatan yang harus dimiliki oleh setiap wirausahawan dan tidak boleh dilewatkan karena bisa mendapatkan suatu keuntungan.
Ada beberapa cara dalam memulai suatu bisnis
a. Memulai Bisnis Baru
b. Membeli Bisnis yang Sudah Ada
c. Mengembangkan Bisnis yang Sudah Ada
d. Memilih Usaha yang Bersifat Kerjasama
e. Jangan mudah tergiur oleh suatu keuntungan
f. Melakukan Pengamatan dan Penyelidikan
g. Memilih usaha Waralaba
h. Memiliki Naluri Bisnis yang Tajam

Berikut ini ada beberapa contoh kasus para pengusaha muda yang sukses karena pintar dalam mengenali suatu peluang usaha. Kasus ini saya ambil dalam acara KICK ANDY, 26 Maret 2013
1. Theresia Deka Putri, 25 tahun
Puteri memulai usahanya sejak SMP. Sampai akhirnya di umur 25 tahum ia bisa membuka usaha kopinya sendiri di Jawa Timur. Ide awalnya untuk usaha muncul pada saat SMP yang berfikir untuk menambah uang jajan sekolahnya. Ia pernah berjualan gorengan dan sepatu serta alat-alat make-up. Peluang akhirnya datang saat ia bekerja di suatu perusahaan orang lain dan melihat ada bisnis kopi yang menjanjikan. Ia melakukan riset dengan melihat lingkungannya yang dikelilingi oleh warung-warung kecil, Modal pertama ia meminjam kopi dengan orang lain lalu dijualnya ke warung. Ada 3 produk yang dijual dalam bisnis Puteri yang sudah maju,yaitu : KOPI LUWAK LANANG, LANANG LANDEK dan GAJAH HITAM. Ia juga menjadi instruktur kemasan untuk wilayah Jawa Timur. Ia juga sudah memiliki perkebunan 4 hektar. Dan Puteri sudah mengekspor usahanya sampai ke luar negeri serta sudah bekerjasama dengan BUMN.

2. Nicholas Kurniawan, 29 tahun 
Ia menjual ikan hias secara online. Ia mempunyai ide berwirausaha sejak kelas 1 SD. Pertama kali ia memulai bisnis dengan membantu ibunya berjualan kue di sekolahnya. Ia pernah menjual mainan, gorengan, sampai baju bola tetapi selalu gagal. Ia menjadi eksportir ikan hias dengan cara mencari informasi kepada orang yang sudah ahli dalam bidang eksportir. Sampai sekarang ia sukses mengekspor ikan hias ke Amsterdam, China, Australia. Ia pernah mengalami penipuan sebesar 30 juta. Ia juga mengalami kegagalan dalam mengekspor ikan ke Malaysia. Menurut Niko, tantangan terbesar dalam berusaha yaitu banyak regulasi, harus ada trik-trik dalam pengiriman ikan. Niko percaya akan suatu mimpi dan berusaha mewujudkannya.

3. Hamsal Izzulhaiq, 19 tahun
Membuka usaha dibidang bimbingan belajar, usaha kasur lipat, bantal guling serta sofa. Ia mempunyai 58 orang karyawan. Ada 3 cabang usaha bimbingan belajarnya. Semua ia awali dengan kerja serabutan sejak SD. Ia pernah ojek payung, jual petasan, jual kelereng, ngamen, jual koran ,dll. Akhirnya, Ia mengikuti komunitas bisnis untuk memulai usahanya. Ia pernah jatuh bangun dalam usaha restoran. Saat megikuti seminar ia melihat ada sebuah peluang disana. Modal pertama untuk membuka usaha bimbingan belajar ia dapati dari pinjaman orangtuanya. Dimana narasumber pembicara menawari ia pekerjaan dengan modal 125 juta. Dari situ ia meminjam uang orangtuanya yang hendak membeli mobil. Dan Hamzah juga menjadi penulis buku tentang wirausahawan di umur muda.

TERIMA KASIH. SEMOGA BERMANFAAT :)




Referensi :
Suharyadi, dkk. 2008. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta : Salemba Empat
https://www.idjoel.com/pengertian-peluang-usaha/
Acara Kick Andy, 26 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar