Sabtu, Mei 21

Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha



Perencanaan sumber daya manusia adalah suatu kegiatan yang secara sistematis memperkirakan kebutuhan jumlah dan kualitas sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan.
Dalam menjalankan usaha, manusia merupakan faktor penting, tanah, mesin, bangunan pun tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya manusia. Untuk dapat menghasilka suatu bisnis yang sukses, kadangkala manusia harus bekerjasama dengan manusia lainnya.
Dalam perencanaan yang baik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Specific : mengandung arti bahwa perencanaan yang dibuat tidak akan bermakna ganda, sehingga pencapaian tujuan akan lebih terarah karena dalam perencanaan tersebut lebih berfokus dan sangat jelas mengenai apa yang diinginkan .
2. Measurable : perencanaan yang dibuat harus terukur, sehingga kita akan tau kapan perencanaan tersebut telah tecapai.
3. Achievable : bahwa perencanaan yang telah diperbuat tersebut harus dicapai , jangan terlalu jauh memikirkan hal-hal ynag besar, kita harus memecahkannya menjadi lebih kecil.
4. Reasonable : dimana perencanaan yang baik harus memenuhi persyaratan factual dan realistis.
5.Trackable : setiap perencanaan yang telah dibuat dalam pencapaian tujuan usaha, harus dapat dilacak untuk mengetahi setiap kemajuan.
Dalam membangun usaha dan perencanaan yang sukses juga dibutuhkan Manajemen usaha atau business management yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, staff dan mengendalikan kegiatan berbagai sumber daya dalam organisasi melalui usaha manusia sistemik, terkoordinasi dan kooperatif untuk mencapai tujuan organisasi.



CARISSA WIJAYANTI
46115010043


Sumber:
1.       Suryahadi,2008. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat
2.       Sihwidhi.Rini,2014. Manajemen Operasional Usaha/Bisnis. Dalam http://rinisihwidhi.blogspot.co.id/2014/12/manajemen-operasional-usahabisnis.html diakses 21 Mei 2016
3.       Noviyanti.Danti,2013. Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha. Dalam http://dantinoviyanti.blogspot.co.id/2013/06/bab-7-perencanaan-dan-operasionalisasi.html diakses 21 Mei 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar