Minggu, Mei 22

Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha



Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha
            Untuk memulai sebuah usaha baru perlu dibuat perencanaan matang, baik yang menyangkut input, proses, output, maupun rencana pemasarannya. Untuk membuat usaha baru, kita harus benar-benar memahami proses bisnis dari A sampai Z tentang usaha yang akan digeluti nantinya.  Perencanaan yang detail pun akan membuat kita lebih siap dalam menghadapi resiko, selain itu juga akan mendorong rasa percaya diri yang tinggi dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang dikelolanya. Usaha yang sudah direncanakan dengan baik pun kadang kala mengalami kegagalan. Maka dari itu diperlukan perencanaan usaha sebelum menjalankannya. Karena dengan adanya perencanaan yang baik, kita dapat menjawab semua pertanyaan yang mungkin timbul di masa datang.
            Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan, dan untuk itu cobalah berpikir dengan SMART (specific, measurable, achievable, reasonable, trackable), yang dapat diuraikan satu persatu. Sbb:
1.     1.  Specific: perencanaan yang dibuat tidak akan bermakna ganda, sehingga pencapaian tujuan akan lebih terarah karena dalam perencanaan tersebut lebih terfokus dan sangat jelas mengenai apa yang di inginkan.
2.      2. Measurable: perencanaan yang dibuat harus dapat terukur, sehingga kita akan tahu kapan perencanaan tersebut telah tercapai.
3.      3. Achievable: perencanaan yang telah dibuat tersebut harus dapat dicapai, jangan terlalu memikirkan hal-hal yang besar, kita harus memecahnya menjadi lebih kecil.
4.      4. Reasonable: perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan yang factual dan realistis. Artinya, apa yang dirumuskan sangat masuk akal dan rasinal. Jika tidak, pikiran alam bawah sadar kita akan menolaknya.
5.      5. Trackable atau timely: setiap perencanaan yang telah dibuat dalam pencapaian tujuan usaha, harus dapat dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan.
            Dalam membangun usaha baru dan perencanaan yang sukses juga dibutuhkan manajemen usaha atau business management.

Luciana Amanda
46115010044

Sumber:
1.      1. Suryahadi,2008. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.
2.      2. Adjies.muhammad,2013. Perencanaan dan Operasionalosasi usaha. Dalam http://muhammadadjies.blogspot.co.id/2013/06/perencanaan-dan-operasionalisasi-usaha.html?m=1 diakses 17 Juni 2013
3.      3. Ikha.10komvis,2012. Perencanaan dan operasional. Dalam http://komvis10ikha.blogspot.co.id/2012/05/bab-7-perencanaan-dan-operasionalisasi.html?m=1 diakses 31 Mei 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar