Jumat, September 30

Bank Central Asia

Sejarah
PT. Bank Central Asia, Tbk
BCA secara resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV. Banyak hal telah dilalui sejak saat berdirinya itu, dan barangkali yang paling signifikan adalah krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997.
Krisis ini membawa dampak yang luar biasa pada keseluruhan sistem perbankan di Indonesia. Namun, secara khusus, kondisi ini memengaruhi aliran dana tunai di BCA dan bahkan sempat mengancam kelanjutannya. Banyak nasabah menjadi panik lalu beramai-ramai menarik dana mereka. Akibatnya, bank terpaksa meminta bantuan dari pemerintah Indonesia. Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) lalu mengambil alih BCA pada tahun 1998.
Berkat kebijaksanaan bisnis dan pengambilan keputusan yang arif, BCA berhasil pulih kembali dalam tahun yang sama. Di bulan Desember 1998, dana pihak ke tiga telah kembali ke tingkat sebelum krisis. Aset BCA mencapai Rp 67.93 triliun, padahal di bulan Desember 1997 hanya Rp 53.36 triliun. Kepercayaan masyarakat pada BCA telah sepenuhnya pulih, dan BCA diserahkan oleh BPPN ke Bank Indonesia pada tahun 2000. Selanjutnya, BCA mengambil langkah besar dengan menjadi perusahaan publik. Penawaran Saham Perdana berlangsung pada tahun 2000, dengan menjual saham sebesar 22,55% yang berasal dari divestasi BPPN. Setelah Penawaran Saham Perdana itu, BPPN masih menguasai 70,30% dari seluruh saham BCA. Penawaran saham kedua dilaksanakan di bulan Juni dan Juli 2001, dengan BPPN mendivestasikan 10% lagi dari saham miliknya di BCA.

Visi 
Menjadi Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

MISI
   - Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
  - Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
    - Men ingkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA.

Produk-Produk BCA
  • Produk Simpanan
Tahapan : Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tapres, TabunganKu
Giro : Deposito Berjangka, BCA Dollar
  • Kartu Kredit
BCA Card
BCA MasterCard
BCA VISA
  • Fasilitas Kredit
Kredit Pemilikan Rumah
Kredit Kendaraan Bermotor
Kredit Modal Kerja
Kredit Sindikasi
Kredit Ekspor
Kredit Investasi
Distributor Financing
Supplier Financing
Dealer Financing
Warehouse Financing
Trust Receipt

Nilai-Nilai Budaya:
First-Class Teamwork
Mengembangkan kerjasama dengan meyakinkan orang lain dan mampu untuk menyampaikan informasi dengan jelas serta menyelesaikan perbedaan pendapat dengan komunikasi yang terbuka dengan kesadaran bahwa keberhasilan unit atau organisasi tidak bergantung pada seseorang saja.
Orientation to Quality
Mengidentifikasikan berbagai kondisi yang berdampak pada kualitas pelayanan dengan menetapkan standar mutu, melaksanakan perkerjaan berdasarkan standar tersebut dan meningkatkannya secara berkesinambungan.
Customer Focus
Membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan serta berupaya untuk memahami kebutuhannya, dan menyediakan solusi yang dapat memenuhi harapan pelanggan.
Uncompromised Integrity
Penerapan nilai-nilai etika, sosial, dan prosedur kerja yang standard dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.
Striving for Excellence 
Menetapkan target yang menantang dan berusaha untuk mencapainya serta mampu untuk memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan yang menantang.


Sumber:
http://wehisland1.blogspot.co.id/2013/06/profil-bank-bca.html

10 komentar:

  1. @A39_FEGA menurut saya,sejarahnya kurang lengkap dan gambar logonya kurang besar sehingga tulisannya tidak keliatan. Terimakasih BANK BCA

    BalasHapus
  2. @A35-MAYA artikel nya sudah bagus dan lengkap hanya saja bahasa nya lebih di sederhanakan kembali agar mudah dipahami

    BalasHapus
  3. @A10-Siti: menurut saya deskripsi perusahaan nya sudah bagus. Ditampilkan dalam bentuk point-point yang tidak membosankan bila dibaca. Saran saya: sebaiknya maindmapnya dibuat lebih menarik lagi.

    BalasHapus
  4. @42-Gilda
    Menurut saya artikel ini sudah lengkap menjelaskan tentang sejarah bank BCA, hanya yang kurang informasi dalam manejemen team nya dan filosofi dari logo bank tersebut

    BalasHapus
  5. @43-ANIDA

    artikelnya sudah cukup lengkap, mungkin bisa dipersingkat lagi artikelnya biar orang tertarik untuk membacanya.

    BalasHapus
  6. @41-Ruri menurut saya mind map nya kurang besar untuk dibacanya sulit dan artikel lebih di singkat lagi

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. @A41-Ruri menurut saya gambar mind map kurang besar jadi kurang terbaca dan lebih di ringkas lagi artikel agar lebih menarik

    BalasHapus
  9. @A08-SULIS : Mnurut saya kurang menarik karna informasi kuurang jjelas pokooknya

    BalasHapus
  10. @A04_Haryo Wicaksono

    Bahasanyaa bagus tapi logonya kurang besar

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.