Jumat, September 30

Charoen Pokphand Indonesia

Dhanin Chearavanont adalah seorang pemilik dari Charoen Pokphand Group, salah satu perusahaan pakan ternak dan agribisnis terbesar di dunia. Produknya yang sudah mendunia membuat Dhanin memutuskan untuk membuka cabang, salah satunya di Indonesia.
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (Perseroan) merupakan perusahaan yang berfokuskan pada industry makanan ternak, budidaya dan pembibitan ayam ras, pengolahan makanan, pengawetan daging ayam dan sapi, dry cold storage, dan menjual makanan ternak. Kantor pusatnya terletak di Jl. Ancol VIII/1, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia.
Visi: menyediakan pangan bagi dunia yang berkembang.
Misi: Memproduksi dan menjual pakan, anak ayam usia sehari dan makanan olahan yang memiliki kualitas tinggi dan berinovasi.
Produk utamanya adalah pakan ternak yg diproduksi oleh 7 fasilitas produksi Perseroan dan anak perusahaan yang sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Adapun hasil dari pakan ternak berupa konsentrat, tepung, dan pellet. Konsentrat merupakan sumber energi dan sumber protein bagi ternak. Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih bahan konsentrat adalah cara pengolahan, palatabilitas, komposisi asam amino, derajat kontaminasi dan lama penyimpanan. Merek-merek pakan ternak yang sudah dikenal dan diproduksi di Pokphand antara lain HI-Pro, HI-Pro-Vite, Bintang, Bonavite, Royal Feed, Turbo Feed, dan Tiji.
Produk Perseroan yang memberikan kontribusi kedua adalah Day Old Chicks (DOC) yaitu anak ayam usia seharai yang sudah dikomersilkan. DOC terbagi menjadi 3 bagian: (1)Broiler DOC, anak ayam berumur sehari kemudian dijual untuk dikembangkan menjadi ayam potong; (2) Petelur DOC, anak ayam berumur satu hari dan dijual untuk dijadikan ayam petelur; dan (3) DOC lainnya, menjual anak ayam usia sehari untuk dijadikan induk ayam dan pejantan.
Produk ketiga yang memberikan keuntungan besar terhadap perusahaan adalah makanan olahan. Merek-merek yang dimiliki Pokphand dalam produk pengolahan daging ayam adalah Golden Fiesta, Fiesta, Champ, dan Okay.
            Perseroan Charoen Pokphand pernah memiliki masalah dengan lingkungan karena tidak bisa mengolah limbah dari perusahaannya, kemudian masyarakat mulai terganggu dan meminta penyelesaiannya. Setelah mengadakan rapat, perseroan tersebut mendapatkan penyelesaian dengan mengedukasi para peternak Perseroan untuk menggunakan kotoran ayam sebagai pupuk organic dalam bercocok tanam sehingga diharapkan dapat mengurangi pemakaian pupuk anorganik. Selain itu, peternah dapat memiliki tambahan penghasilan diluar hasil dari peternakan ayam mereka.
Daftar Pustaka:


1 komentar:

  1. @A27 - FEBBY
    Setelah saya baca sekilas artikel anda, saya rasa sudah cukup bagus dan membantu informasi yang anda berikan. Hanya saja, saya kurang paham maksud dari logo perusahaan tersebbut.

    Saran: Akan lebih baik lagi jika anda juga mencantumkan makna/maksud darilogo tersebut.
    Terimakasih

    BalasHapus