Jumat, September 30

PT. KRAKATAU STEEL.

Menurut sumber yang saya baca PT Krakatau Steel adalah perusahaan baja terbesar di Indonesia merupakan BUMN yang berlokasi di Cilegon, Banten. Berdiri pada tanggal 31 Agustus 1970.
Produk yang dihasilkan dari perusahaan ini adalah baja lembaran panas, baja lembaran dingin, dan baja batang kawat. Hasil produk ini nantinya akan dilanjutkan untuk menjadi bahan baku selanjutnya. Pembangunan dari industri baja ini dimulai dengan memanfaatkan sisa peralatan proyek baja trikora yakni untuk Pabrik Kawat Baja, pabrik baja tulangan dan pabrik baja profil. PT Krakatau Steel yang berdiri pada tahun 1970 telah berkembang menjadi produsen baja terbesar di Indonesia. Krakatau Steel mampu menunjukkan perkembangan yang pesat dan dalam kurun waktu kurang dari sepuluh tahun, Perseroan menambah berbagai fasilitas produksi seperti Pabrik Besi Spons, Pabrik Billet Baja, Pabrik Baja Batang Kawat, serta fasilitas infrastruktur berupa pusat pembangkit listrik, pusat penjernihan air, pelabuhan dan sistem telekomunikasi. PT Krakatau Steel (Persero) menjadi Perusahaan baja terpadu di Indonesia dengan fasilitas infrastruktur yang lengkap.
Sejarah Singkat dari PT Krakatau Steel ini adalah di suatu masa pada 1960, Presiden Soekarno mencanangkan Proyek Besi Baja Trikora untuk meletakkan dasar industri nasional yang tangguh. Lalu sepuluh tahun kemudian tepatnya 31 Agustus 1970, berdirilah PT Krakatau Steel (Persero) yang memanfaatkan kembali peralatan-peralatan dari proyek itu yang berbentuk pabrik kawat baja, pabrik baja tulangan dan pabrik baja profil. ada 1977, Presiden Suharto meresmikan mulai beroperasinya produsen baja terbesar di Indonesia itu.
Proses produksi baja di PT Krakatau Steel dimulai pada pabrik pembuatan besi yang menggunakan proses reduksi langsung bijih besi dengan gas alam. Hasil produksi yang berupa besi spons ini selanjutnya dilebur bersama dengan besi bekas (scrap) pada proses pembuatan baja yaitu pabrik baja slab dan pabrik baja billet. Proses pembuatan baja tersebut menggunakan teknologi dapur busur listrik yang dilanjutkan dengan proses pengecoran kontinu menjadi baja slab dan baja billet. Baja billet yang dihasilkan sebagian dijual ke konsumen namun pada umumnya diproses lebih lanjut di pabrik baja batang kawat menjadi batang kawat.
Ada beberapa anak dari PT Krakatau Steel diantaranya yaitu PT KHI Pipe Industry,PT Krakatau Wajatama, PT Krakatau Engineering, PT Krakatau Bandar Samudra, PT Krakatau Information Technology, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon, PT Krakatau Daya Listrik, PT Krakatau Tirta Industri, PT Krakatau Medika, PT Meratus Jaya Iron & Steel.
Krakatau Steel ini mampu menunjukkan perkembangan yang pesat dan dalam kurun waktu kurang dari sepuluh tahun, Perseroan menambah berbagai fasilitas produksi seperti Pabrik Besi Spons, Pabrik Billet Baja, Pabrik Batang Kawat, serta fasilitas infrastruktur berupa pusat pembangkit listrik, pusat penjernihan air, pelabuhan Cigading dan sistem telekomunikasi. PT Krakatau Steel (Persero) menjadi satu-satunya Perusahaan baja yang terpadu di Indonesia.

Tidak hanya itu, Perseroan terus mengembangkan produksi berbagai jenis baja untuk bermacam keperluan, seperti baja lembaran panas, baja lembaran dingin dan batang kawat. Saat ini, Krakatau Steel memiliki kapasitas produksi baja kasar sebesar 2,45 juta ton per tahun. Melalui sepuluh anak Perusahaannya, Krakatau Steel sanggup melakukan diversifikasi usaha yang menunjang operasional Perusahaan, seperti produk baja bernilai tambah tinggi (pipa spiral, pipa ERW, baja tulangan, baja profil), industri utilitas (air bersih, tenaga listrik), industri infrastruktur (pelabuhan, kawasan industri), industri jasa teknik (konstruksi, rekayasa), teknologi informasi, serta layanan kesehatan (rumah sakit). Produk-produk baja Krakatau Steel ini tidak hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan baja nasional, tetapi juga dipasarkan secara internasional.
Visi dari PT Krakatau Steel ini adalah menjadi sebuah perusahaan baja terpadu dengan keunggulan kompetitif untuk tumbuh terus menerus ke arah sebuah perusahaan global terkemuka. Sedangkan misi dari PT Krakatau Steel yaitu menyediakan produk baja berkualitas terbaik dan layanan terkait untuk kemakmuran bangsa.
Nilai budaya yang selama ini dianut perusahaan Krakatau Steel sendiri telah dibangun dengan dasar-dasar dalam kompetensi, integritas, reliabilitasnya, dan inovasi.
Kompetensi PT Krakatau Steel yang mencerminkan rasa percaya diri dan tekad untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, keahlian dan sikap untuk kinerja yang berkelanjutan.

Referensi:


6 komentar:

  1. @B47-AYU
    Sudah cukup lengkap dan jelas hanya mind map nya kurang menarik

    BalasHapus
  2. @B45-GINA
    mind map nya kurang berwarna tetapi penjelasan dari artikelnya sangat lengkap

    BalasHapus
  3. @B50-Niken mind mapnya terlalu simple dan kurang menarik tapi untuk penjelasan lumayan lengkap

    BalasHapus
  4. @B46-FEBRI
    Menurut saya, artikel ini sudah cukup lengkap. Hanya saja kurang diberikan arti logonya.

    BalasHapus
  5. @B10-YUNITA

    sebaiknya untuk mindmap lebih dijelaskan detail lagi per point point daripada penjelasannya dijabarkan di artikelnya dengan tulisan karena itu kurang menarik, dan menurut saya untuk mindmap diberikan tambahan background supaya tidak hanya putih polos, mindmap ditambahkan point seperti manajemen mereka seperti apa, produknya apa saja dan juga harganya kalau bisa, sttuktur nya, prestasi apa yang sudah pt krakatau steel raih

    BalasHapus
  6. @B40-ARIEF
    Penjelasan di atas kurang lengkap seharusnya bisa lebih memaksimalkan data dari sumber-sumber yg anda dapatkan

    BalasHapus