Kamis, September 29

Berkenalan dengan PT Medco Energi Internasional tbk


PT Medco Energi Internasional Tbk ini sering juga dikenal sebagai MedcoEnergi. Medco Energi adalah perusahaan publik di Indonesia yang bergerak dalam bidang energi terintegrasi.


Perusahaan ini bermula dari sebuah perusahaan kontraktor pertikelir di bidang jasa pengeboran minyak dan gas bumi di daratan (onshore drilling), Meta Epsi Pribumi Drilling Co, yang didirikan Arifin Panigoro pada tanggal 9 Juni 1980.

Bidang Usaha, MedcoEnergi termasuk dalam bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, industri hilir: produksi LPG, distribusi bahan bakar disel dan pembangkit tenaga listrik. Saat ini MedcoEnergi beroperasi di 10 wilayah kerja minyak dan gas di Indonesia dan operasi internasional di OmanYamanLibya dan Amerika Serikat.

berdomisili di Jakarta dan kantor pusat beralamat di Gedung Graha Niaga Lantai 16, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 58, Jakarta 12190.
Ruang lingkup aktivitas perusahaan terdiri dari eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, dan aktivitas energi lainnya seperti usaha pengeboran darat dan lepas pantai, serta melakukan investasi (langsung dan tidak langsung) pada anak perusahaan. Perusahaan memulai kegiatan operasi komersialnya pada 13 Desember 1980.

Visi Misi mereka adalah
  • ·            Menjadi perusahaan energi pilihan bagi investor, pemegang saham, mitra kerja, karyawan serta masyarakat umum.
  • ·            Mengembangkan sumber daya energi menjadi portofolio investasi yang menguntungkan

MedcoEnergi senantiasa menjalankan bisnisnya berdasarkan pada standar tata kelola perusahaan yang baik dengan selalu memperhatikan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Selain itu, mereka juga aktif untuk mengimplementasikan program tanggung jawab sosial perusahaan. Dalam semua bidang ini MedcoEnergi telah menerima penghargaan baik dari swasta maupun pemerintah..

Dalam berita terbarunya
PT Medco Energi Internasional Tbk melalui anak perusahaannya Medco Bawean (Holding) Pte Ltd, telah menandatangani Perjanjian Jual Beli dengan Hyoil (Bawean) Pte Ltd (Hyoil) pada 1 September 2016, dan melepaskan 100 persen hak partisipasi di PSC Bawean melalui penjualan saham di Camar Resources Canada Inc (CRC) dan Camar Bawean Petroleum Ltd (CBPL).

PSC Bawean merupakan aset penghasil minyak lepas pantai yang terletak di Jawa Timur, dengan produksi pada semester pertama 2016 sekitar 670 bopd.
Perseroan telah mengoperasikan PSC Bawean sejak 2004 melalui kepemilikan di CRC. Masa kontrak PSC Bawean akan berakhir pada 2031 sesuai perpanjangan kontrak 20 tahun yang telah diberikan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2010.

CEO Medco Energi Internasional Roberto Lorato mengatakan divestasi ini sejalan dengan rencana untuk merasionalisasikan portofolio Perseroan agar tetap fokus pada aset yang memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi.
MedcoEnergi termasuk perusahaan besar dan baru-baru ini MedcoEnergi mengakuisi dua anak perusahaan ConocoPhilips

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menandatangani perjanjian jual beli (sale and purchase agreement/SPA) untuk mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Inc Ltd (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte Ltd (CSOP). Keduanya merupakan anak perusahaan ConocoPhillips (COP).

Dengan kepemilikan sebesar 40%, CIIL sebagai Operator dari PSC South Natuna Sea Block B PSC juga merupakan Operator dari West Natuna Transportation System. Sedangkan, CSOP mengoperasikan Onshore Receiving Facility di Singapura. 

Infrastruktur West Natuna Transportation System beserta jaringan pipa gas Malaysia akan terus memegang peran penting dalam mengkomersialisasikan temuan-temuan minyak dan gas yang ada dan aktivitas eksplorasi yang sedang berlangsung di kawasan Natuna. Transaksi ini diharapkan selesai pada kuartal IV/2016.

Menghadapi tantangan berupa penurunan alami produksi dan cadangan minyaknya, Medco Energi terus berupaya meningkatkan produktifitas operasi melalui intensifikasi kegiatan eksplorasi dan produksi, peningkatan monetisasi gas, serta peningkatan efektifitas organisasi. Pada tahun 2003, Perseroan melakukan pengeboran terhadap sumur eksplorasi untuk blok Madura, melakukan pengembangan prasarana di PSC-JOB Senoro-Toili, survei seismik di blok Bengara, Kalimantan Timur, dan mengidentifikasi prospek berkualitas tinggi di blok Asahan, Sumatera Utara.

DAFTAR PUSTAKA
http://fleble.com/medco-energi-internasional-tbk
http://ekbis.sindonews.com/read/1140567/32/medco-akuisisi-dua-anak-usaha-conocophillips-1474286720
http://ulilstronghold.blogspot.co.id/2008/10/analisis-swot-pt-medco-energy.html
http://www.beritasatu.com/ekonomi/383786-medcoenergi-melepaskan-100-persen-hak-partisipasinya-di-psc-bawean.html
https://id.wikipedia.org/wiki/MedcoEnergi
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/11400-medco-energi-internasional-medc
http://www.medcogroup.co.id/id/medco-energi-2/

4 komentar:

  1. B10-YUNITA

    Mindmap masih kurang detail: tidak ada sasaran, tujuan, divisinya apa saja, strukturnya, makna dari perusahaannya apa, keunggulan dari perusahaan tersebut apa saja, sejarah singkat, dan penghargaan apa saja yang telah dicapai perusahaan tersebut

    BalasHapus
  2. @b09-lailatul menurut pendapat saya strategi pemasaran, sejarah perusahaan kurang diperjelas. seharusnya artikel ini lebih diperjelas lagi.

    BalasHapus
  3. @B05-YAP
    menurut saya mind mappnya sudah cukup bagus, tetapi penjelasannya kurang jelas.

    BalasHapus
  4. @B08-PUSPITA
    komentar : mindmapping yang sudah dibuat cukup bagus tetai alangkah lebih baiknya tambahkan sedikit lagi penjelasan di mindmap tersebut agar pembaca dapat memahami dari artikel yang anda buat tanpa melihat dari deskripsinya, kiat-kiat sukses dari perusahaan ini juga belum dicantumkan agar dapat digunakan untuk kita mempelajari kiat-kiat sukses dari perusahaan tersebut.

    saran : semoga artikel yang anda buat bisa bermanfaat untuk para pembaca dan jelaskan artikel tersebut sejelas-jelasnya.

    BalasHapus