Kamis, September 29

Karya Indonesia "PT Astra Agro Lestari Tbk"




Artikel Kebun Kelapa Sawit "PT Astra Agro Lestari Tbk"

Profil Singkat Kebun Kelapa Sawit 
Termasuk perkebunan kelapa sawit terbesar di indonesia. awal mula berdiri dan beroperasi sejak 35 tahun lalu. PT Astra Agro Lestari Tbk sering disebut juga sebagai role model dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit. sejak tahun 1997, telah menjadi perusahaan transparan dan menanamkan saham di Bursa Efek Indonesia. Saat ini kepemilikan saham publik telah mencapai 20,3% dari total 1,57 miliar saham yang beredar. Ditengah tantangan usaha yang semakin kompetitif di dalam persaingan saat ini jadi perseroan berkomitmen untuk mengelola perusahaan secara produktif.
Selain itu juga berkomitmen dalam memberikan manfaat yang baik bagi seluruh pemangku kepentingan di dalam masyarakat luas.

Visi 
Menjadikan usaha kelapa sawit yang lebih efisien, kreatif, inovatif, dan produktif.

Misi
sebagai panutan dan berkontribusi untuk kesejahteraan bangsa.

Tanggung Jawab Perusahaan
  • Manajemen SDM
Adalah hal terpenting dan mendasar untuk usaha kebon kelapa sawit ini adalah pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM)sebagai kunci penentu kemajuaan dan keberhasilan perusahaan kedepannya dalam rangka mendapatkan SDM yang berkualitas. Menurut Prinsip dasar SDM ini adalah sebuah asset yang utama.
SDM yang dimiliki perseroan harus memiliki kompetensi yang baik dan harus ditingkatkan sehingga masing-masing mampu memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan perseroan.
Beberapa inisiatif yang harus diperhatikan :
1. Program mekanisasi untuk tingkat produktif dan efisiensi yang mulai dijalankan sejak beberapa tahun lalu.
2. Komunikasi formal dan informal antara pimpinan kebun dan karyawan dijalankan secara rutin dan konsisten melalui mekanisme untuk menjadikan lebih baik lagi.
3. Penyebarluas kegiatan pendampingan dan pelaksanaan pelatihan untuk meningkatkan
kompetensi teknis karyawan terkait program mekanisasi di seluruh area perkebunan kelapa sawit.
  • Keselamatan Kerja
Selain manajemen SDM, juga masih ada salah satu aspek penting di dalam menjamin kelanjutan usaha perkebunan kelapa sawit yaitu aspek keselamatan kerja. Perseroan memberikan perhatian yang sangat besar terhadap aspek keselamatan kerja dimana sejumlah kebijakan dilakukan untuk menjamin tercapainya zero accident ( nol kecelakaan kerja). Misalnya tersedia alat pelindung diri bagi karyawan yang bekerja di area berisiko, juga harus bersedia alat penanggulangan darurat seperti hydrant, alat dan mobil pemadam kebakaran. selain itu juga harus melakukan sosialisasi keselamatan kerja secara rutin diseluruh departemen.

Referensi:

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @B04-PRIMA Artikel yang menarik tapi penjelasan nya masi ada yang kurang seperti apakah pt astra ini memiliki cabang dan untuk bahan baku di dapat dari mana saja

    BalasHapus
  3. B02-RAUDA
    Artikel ini sudah cukup menarik namun kurangnya penjelasan tentang kunci sukses perusahaan ini dan strategi pemasaran dari perusahaan ini seperti apa.

    BalasHapus
  4. @B03-Elfira
    Artikel ini masih kurangnya penjelasan secara rinci, mungkin bisa ditambahkan labanya, jaringan pemasarannnya sudah dimana saja

    BalasHapus