September 30, 2016

PT. BANK MEGA TBk

·      

          Sejarah
Berawal dari sebuah usaha milik keluarga bernama PT. Bank Karman yang didirikan pada tahun 1969 dan berkedudukan di Surabaya, selanjutnya pada tahun 1992 berubah nama menjadi PT. Mega Bank dan melakukan relokasi Kantor Pusat ke Jakarta.
Seiring dengan perkembangannya PT. Mega Bank pada tahun 1996 diambil alih oleh PARA GROUP (PT. Para Global Investindo dan PT. Para Rekan Investama). Untuk lebih meningkatkan citra PT. Mega Bank, pada bulan Juni 1997 melakukan perubahan logo dengan tujuan bahwa sebagai lembaga keuangan kepercayaan masyarakat, akan lebih mudah dikenal melalui logo perusahaan yang baru tersebut. Dan pada tahun 2000 dilakukan perubahan nama dari PT. Mega Bank menjadi PT. Bank Mega.
Dalam rangka memperkuat struktur permodalan maka pada tahun yang sama PT. Bank Mega melaksanakan Initial Public Offering danlisted di BEJ maupun BES. Dengan demikian sebagian saham PT. Bank Mega dimiliki oleh publik dan berubah namanya menjadi PT. Bank Mega Tbk.
Pada saat krisis ekonomi, Bank Mega mencuat sebagai salah satu bank yang tidak terpengaruh oleh krisis dan tumbuh terus tanpa bantuan pemerintah bersama-sama dengan Citibank, Deutche Bank dan HSBC.

PT. Bank Mega Tbk. dengan semboyan “Mega Tujuan Anda” tumbuh dengan pesat dan terkendali serta menjadi lembaga keuangan ternama yang mampu disejajarkan dengan bank-bank terkemuka di Asia Pasifik dan telah mendapatkan berbagai penghargaan dan prestasi baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. Dalam upaya mewujudkan kinerja sesuai dengan nama yang disandangnya, PT. Bank Mega Tbk. berpegang pada azas profesionalisme, keterbukaan dan kehati-hatian dengan struktur permodalan yang kuat serta produk dan fasilitas perbankan terkini.

·         Profil
Atas penilaian kinerja yang telah dicapai, Bank Mega berhasi meraih beberapa prestasi dan penghargaan baik di tingkat nasional, regional maupun internasional, antara lain :
  1. Bank dengan Pertumbuhan aset Tertinggi se Asia Pasifik versi majalah Asia Week tahun 1999.
  2. Bank Terbaik versi majalah Swasembada pada tahun 2002 dan 2003.
  3. Bank dengan Pelayanan Terbaik(Banking Service Excelence) berdasarkan survey Marketing Research Indonesia kerjasama dengan majalah Infobank.
  4. Emiten Terbaik untuk sektor perbankan versi majalah Investor tahun 2003.
  5. Predikat Bank yang Sangat Bagus selama 5 tahun berturut – turut versi majalah Info Bank dari tahun 2001 – 2005.
  6. Penghargaan untuk Mega Visa dalam kategori Outstanding Performance dan Volume Growth Award dari visa internasional pada tahun 2006.
  7. Kriya Pranala Award dalam Linkage Program sebagai “The Best New Comer” dari Bank Indonesia pada tahun 2006.
  8. Global Transaction Service USD Straight Through Processing Award dari Citibank.
  9. Gold Medal Quality Crown Award dari Business Initiative Direction yang berkeudukan di Spanyol.
  10. Yungky Setiawan – CEO Bank Mega, salah satu CEO Terbaik versi majalah Warta Ekonomi.
  11. Chairul Tanjung – Komisaris Utama Bank Mega, “Marketer of The Year” versi The Indonesian Marketing Asscociation bekerjasama dengan Markplus.
  12. Chairul Tanjung – Komisaris Utama Bank Mega, salah satu ” Bankers of The Year”versi majalah Globe Asia.
  13. Chairul Tanjung memperoleh Enterpreneur of the Year 2009, Asia Pacific Enterpreneurship Awards dari Enterprise Asia.
  14. 10 Besar Bank paling Likuid di Asia dari majalah Globe Asia
  15. The Best Domestic Bank Foreign Exchange Services 2009, dari majalah Asia Money.
  16. Penghargaan sebagai Perusahaan Publik dengan kinerja Terbaik di Indonesia atau “Wealth Added Creator Award 2010” versi majalah SWA, Stern & Co
  17. Predikat Bank Dengan Kinerja Sangat Bagus tahun 2009, dengan modal 1 s/d 10 Triliun Rupiah dari majalah InfoBank.

·         Visi dan Misi
Visi
Menjadi Kebanggaan Bangsa
Misi
Menciptakan hubungan baik yang berkesinambungan dengan nasabah melalui pelayanan jasa keungan dan kemampuan kinerja organisasi terbaik untuk meningkatkan nilai bagi para pemegang saham
·         Nilai Perusahaan
1.       Kewirausahaan
  1. Etika
  2. Kerjasama
  3. Dinamis
  4. Komitmen

·         Stategi Pemasaran
1.       Tumbuh dengan hasil optimal, resiko minimal dan patuh terhadap ketentuan yang  berlaku.
  1. Menyelaraskan sumber daya manusia dan organisasi untuk tujuan perusahaan.
  2. Kepuasan untuk nasabah dan masyarakat.

·         Daftar Pustaka


5 komentar:

  1. @B17-FAUZI Saya yakin anda masih dapat mengembangan MindMap lebih bagus lagi. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @B12-REZKY, Sebagian besar hasil observasi anda sangat menarik untuk dibaca. Tetapi ada baiknya bila dilengkapi dengan MindMap yang menarik juga. Terima Kasih

    BalasHapus
  4. b01-vinny
    mindmap yang kurang jelas karena tidak adanya penjelasan yang terdapat di mindmap tersebut. dan untuk motto bank mega pun tidak terdapat dalam mindmap yang dibuat

    BalasHapus
  5. @B38-FERDIKA
    Mindmap terlalu sederhana dan tanpa penjelasan. Dan apakah 3 sumber sudah cukup?

    BalasHapus