Selasa, Oktober 4

About Multipolar Corp


RIWAYAT SINGKAT

PT Multipolar Tbk, selanjutnya disebut juga “Perseroan”, adalah induk dari anak-anak perusahaan yang merupakan pemimpin pasar di masing-masing sektor bisnis yang dibidanginya.

Didirikan tahun 1975, Perseroan yang mengawali bisnisnya sebagai perusahaan ritel elektronik mampu berevolusi sehingga menjadi perusahaan investasi strategis dengan cakupan bisnis meliputi bidang ritel, teknologi, multimedia & telekomunikasi (TMT), serta bidang-bidang usaha lainnya. Perseroan juga mampu memperluas jangkauan bisnisnya sehingga mencapai berbagai wilayah di Indonesia yang pada akhirnya memperkuat daya saingnya dengan cakupan pasar terluas di Indonesia.

Lini bisnis utama Perseroan di sektor ritel adalah PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), yang merupakan salah satu peritel dominan di sektor FMCG dan mengelola salah satu jaringan toko hipermarket terbesar di Indonesia. Selama ini, konsep toko multiformat yang diterapkan MPPA memiliki reputasi yang kuat di mata masyarakat sebagai toko ritel modern dengan koleksi produknya maupun pelayanan yang berkualitas tinggi, terutama bagi segmen pasar kelas menengah ke atas.

Selain MPPA, bisnis ritel Perseroan yang telah kuat di pasar adalah PT Matahari Department Store Tbk (MDS). Pada tahun 1972, MDS meluncurkan konsep department store yang modern di Indonesia dan kini telah menjadi pemimpin pasar sebagai department store paling dipilih di Indonesia. MDS menerapkan konsep modern, luas, serta nyaman dengan koleksi produk fashion yang beragam, aksesoris, kecantikan hingga produk rumah tangga.
Anak perusahaan lain pada segmen ritel ini adalah PT Gratia Prima Indonesia yang mengoperasikan toko buku Books&Beyond yang memiliki koleksi buku yang besar dan menjual alat tulis berkualitas tinggi dengan konsep gerai yang nyaman dan modern seiring meningkatnya minat baca di kalangan masyarakat Indonesia.

Pada segmen ritel juga terdapat anak perusahaan lain, yaitu PT Matahari Graha Fantasi yang mengoperasikan Timezone. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri pusat hiburan keluarga, Timezone terus melakukan inovasi untuk memberikan pengalaman edukasi untuk anak-anak dengan metode belajar sambil bermain.

Sementara di lini bisnis TMT, PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) memiliki reputasi sebagai penyedia solusi TI terkemuka di Indonesia, sedangkan anak perusahaannya, PT Visionet Internasional (VisioNet), berfokus pada penyediaan IT managed services. Kemudian pada segmen bisnis multimedia, PT First Media Tbk telah berinvestasi di jaringan Hybrid Fiber Coaxial(HFC) yang besar di Indonesia sehingga memastikan pelanggan dapat menikmati layanan terintegrasi: TV kabel, Internet broadband dan komunikasi data melalui kabel serat optik tunggal.

Dalam rangka memperluas pasar TV berbayar ke seluruh Indonesia, Perseroan mendirikan PT Indonesia Media Televisi pada tahun 2014, yang menyediakan layanan TV satelit dengan merek dagang BigTV, yang memiliki channel layanan terbanyak di bisnis ini.

Entitas anak Perseroan lainnya, PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (MMI), melayani pengarsipan data secara modern dan manajemen dokumen. MMI menyediakan layanan Jasa Pengelolaan dan Penyimpanan Arsip Surat Berharga, Jasa Alih Media, Jasa Manajemen Arsip, Jasa Manajemen Fasilitas dan Jasa Lainnya.

KEGIATAN USAHA
Bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi, industri informatika, perdagangan umum termasuk perdagangan impor, ekspor, interinsulair, lokal dan ritel (eceran), jasa pengembangan dan pengelolaan properti/real estate, dan penyewaan ruang-ruang dalam toko. Saat ini, Perseroan berkedudukan sebagai induk dari entitas anak yang bergerak dalam bidang perdagangan, ritel, teknologi, multimedia, dan kearsipan

VISI MISI PERUSAHAAN
Dalam menjalankan bisnisnya, PT Multipolar Tbk berpegangan pada visi dan misi perusahaan:

VISI : 
Menjadi perusahaan investasi terkemuka yang memberikan nilai tambah yang tinggi
bagi stakeholders dan menyentuh kehidupan masyarakat luas.

MISI :
 Meraih portofolio bisnis yang strategis melalui ekspansi dan investasi yang berkesinambungan
untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dan memaksimalkan nilai korporasi.

Anak Perusahaan dan Bidang Usaha
Nama
Bidang Usaha
Jumlah Aset
Persentase Kepemilikan
PT Multifiling Mitra Indonesia
Jasa
44.491.000.000
50,20
PT Multipolar Technology
Jasa Perdagangan
362.000.000
100,00
PT Matahari Putra Prima Tbk.
Retail Trade
7.066.795.000.000
50,10
PT Visionet Internasional
Jasa Perdagangan
89.181.000.000
100,00
PT Reksa Puspitak Karya
Jasa Perdagangan
167.024.000.000
100,00
PT Sharestar Indonesia
Jasa
16.145.000.000
100,00
PT Tryane Saptajagat
Jasa Perdagangan
52.000.000
100,00

stuktur organisasi

Daftar pustaka

6 komentar:

  1. @A46-AINI

    Menurut saya, artikelnya sudah bagus dan lengkap. Saran saya mind map nya lebih sederhana lagi.

    BalasHapus
  2. A03_Yosua Albert
    Komentar: Tidak ada kesimpulan pada artikel

    Saran : Diberikan kesimpulan pada artikel

    BalasHapus
  3. A03_Yosua Albert
    Komentar: Tidak ada kesimpulan pada artikel

    Saran : Diberikan kesimpulan pada artikel

    BalasHapus
  4. @A32-BILLY
    Artikel yang lengkap dengan susunan yang sudah baik, saran saya agar diberi judul yang lebih menarik.

    BalasHapus
  5. @A12-LISA : saran saya kurang mindmapnya dan penjelasannya sudah jelas

    BalasHapus
  6. @B28-REYNALDI
    aritikel cukuo baik tapi saran saya lengkapi dengan mind map.

    BalasHapus