Minggu, Desember 25

CHOCONA

PERENCANAAN USAHA

BAB 1
PENDAHULUAN
   A. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan berjalan nya waktu kemajuan Usaha Kegiatan Menengah (UKM) mulai di pandang oleh masyarakat, sehingga membuat saya sendiri merasa bahwa membangun UKM adalah peluang yang sangat tepat untuk menjadi wirausaha.
Tidak dapat dipungkiri bahwa UKM yang sekarang ini ada sudah sangat berkembang pesat bahkan UKM kecil saja sudah dapat Go International, dengan membangun UKM, kita dapat membantu perekonomian negara dan mengurangi angka pengangguran.
Meskipun masoh banyak UKM yang mengalami kendala maupun kegagalan, tapi tidak menyurutkan keinginan saya untuk membangun UKM , ada juga yang terlibat masalah karena kurang nya modal akan tetapi sudah banyak koperasi yang menyediakan pinjaman usaha berupa modal untuk membangun UKM.
Dan lagi Usaha kecil dan menengah biasanya tidak berpengaruh dengan adanya krisis global karena biasanya hanya perusahaan-perusahaan sajalah yang terpengerah krisis global seperti tingkat inflasi dan lain sebagai nya, bukti inilah yang membuat masyarakat lebih memilih untuk membangun usaha kecil dan menengah karena bisa menghasilkan untung yang lebih maksimal.


B. Target Pasar
Target pasar saya adalah semua kalangan, karena jajanan yang saya produksi adalah pisang jadi dapat dimakan semua orang dan juga karena pisang kaya akan vitamin yang bermanfaat, hampir seluruh kalangan dari anak kecil dampai orang tua menyukai pisang apalagi kalau di tambah cokelat yang rasanya manis tentu akan membuat mereka ketagihan untuk terus mencobanya.

C, Memulai Bisnis Chocona

1.       Skill dan pengetahuan tentang panganan yang sehat dan banyak disukai orang-orang sangat dibutuhkan dalam memulai bisnis kuliner seperti ini, dan lagi keahlian dalam membuat dan memasarkan nya menjadi kunci sukses dalam berwirausaha.
2.       Kerjasama, membangun mitra kerjasama dengan orang-orang sekitar dan yang terdekat untuk memperluas area wirausaha.
3.       Carilah tenaga kerja yang kreatif dan memiliki skill bagus dalam membuat makanan dan juga memasarkan produk.
4.       Selalu jaga kualitas produk yang akan di psarkan, apakah layak konsumsi atau tidak.
5.       Selalu ikuti tren yang sudah booming akhir-akhir ini, yang dapat meningkatkan pemsaran produk sehingga tidak kalah dengan pesaing lain.

 D. Keuntungan
Tidak dapat di pungkiri aneka makanan berbahan buah pisang sangat banyak disukai masyarakat, karena pisang kaya akan vitamin dan juga buah pisang bisa diolah bermacam-macam seperti digoreng, di bikin es, di panggang, di bakar dan lain lain, tekstur pisang yang lembut dan rasanya yang manis sehingga banyak kalangan menyukai berbagai macam jenis olahan pisang.
Produk yang saya buat adalah psang cokelat dimana dadar gulung pisang ini dilampisi pisang yang berlumuran cokelat tidak seperti piscok pada umumnya yang memakai kulit keras tapi piscok yang saya pasarkan berkulit lembut dan manis karena untuk membuat kulit nya juga memakai cokelat batangan.

E. Kendala
kendala bisnis yang biasanya saya hadapi adalah pembagian waktu saat saya kuliah dan memasarkan produk sehingga menjdai tidak efisien dalam bekerja, biasanya saya berjualan tidak tiap hari untuk membuat efek kangen pada konsumen yang sering membeli Chocona ini.

F. Strategi Pemasaran
Biasanya saya memasarkan produk saya dengan via sosial media dan biasanya saya membuat broadcasting seperti di BBM dan Line untuk memasarkan produk saya. Pemasran nya juga bisa lewat orang lain dengan testimoni konsumen yang membeli lalu memberitahukan kesan nya kepada teman-teman nya sehingga membuat teman nya penasaran untuk memebeli produk Chocona ini.

G. Kunci Sukses
·         Jangan malu dalam memasarkan produk.
·         Jangan dengarkan orang lain berkata buruk, tetap jadi diri sendiri.
·         Selalu berpikir kreatif dan selalu update tentang apa yang lagi trend sekarang ini.
·         Jangan malu untuk bertanya dan belajar dari yang sudah sukses.

H. Analisa Ekonomi
Modal awal pembelian produk karena untuk sementara saya hanya mendrop produk nya dari orang lain sehingga modal yang saya keluarkan juga tidak terlalu banyak.
Modal awal 1 kotak         Rp 300.000,-
Laba kotor                           Rp 500.000,-
                                                Rp 200.000,-
Apabila saya berjualan selama sebulan maka laba bersih yang saya dapatkan sebesar Rp 200.000,-

I.  Penutup
Saya tidak menghitung uang transportasi karena saya baru berjualan disekitar kampus.

Tidak terlalu banyak karena masih awal-awal apabila saya sudah fokus dalam menjalankan usaha, pasti usaha saya ini akan terus berkembang dan jauh lebih pesat dari sebelumnya.
https://chocona19.blogspot.co.id/search?updated-min=2017-01-01T00:00:00-08:00&updated-max=2018-01-01T00:00:00-08:00&max-results=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.