Senin, Desember 26

Sweet Green


Bisnis Plan Usaha Manisan


Pendahuluan 
berbagai macam peluang bisnis mulai bermunculan menawarkan segepok keuntungan bagi para pelakunya. Salah satunya adalah bisnis kuliner yang menawarkan berbagai makanan mulai dari cemilan hingga makanan berat.

Melihat perkembangan kuliner saat ini saya ingin mengembangkan suatu makanan yang di anggap makanan biasa biasa saja namun bisa di ubah menjadi makanan yang layak diperhitungkan dan menjadi makanan yang unik. Sehingga tidak heran bila saat ini beragam peluang bisnis seputar kuliner mulai dikembangkan masyarakat umum sebagai alternatif tepat untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya.

Konsumen
Makanan masih menjadi kebutuhan utama masyarakat, dengan berbagai macam varian makanan membuat masyarakat lebih mempunyai banyak pilihan dan tidak cepat bosen dengan makanan yang itu itu saja. Manisan ini juga bisa di nikmat oleh semua kalangan baik anak-anak, remaja, dewasa, orang tua pun bisa menikmati manisan ini. 

Memulai bisnis manisan 
Untuk memulai bisnis manisan pada dasarnya kita tidak harus memiliki tempat usaha yang berukuran luas. Yang terpenting adalah kelengkapan produk yang ditawarkan dan lokasi usaha yang strategis, misalnya saja di pusat perbelanjaan, di lingkungan sekolah, di lingkungan rumah dan lain sebagainya.

Keuntungan Bisnis 

Seiring dengan meningkatnya perkembangan makanam yang unik dan banyak pilihan maka saya membuat makanan yang sudah sering orang dengar yaitu manisan, namun tidak hanya manisan biasa saja namun juga manisan dengan varian rasa yang ke kinian, misalnya manisan rumput laut rasa coklat , sehingga konsumen tidak bosan dengan makanan yang biasa biasa saja. sehingga tidak heran bila daya tarik produk makanan (cemilan) semakin tinggi dan prospek pasarnya semakin hari kian terbuka lebar.

Kendala Bisnis

Untuk menjalankan bisnis jual beli manisan ini tentunya dibutuhkan modal usaha yang tidak sedikit. Sebab, untuk mencari buah atau bahan baku haruslah yang berkualitas terbaik dan menyehatkan konsumen. 

Strategi Pemasaran

Untuk memperluas jangkauan pasar bisnis manisan ini, Anda bisa membuka toko online atau memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mempromosikan produk-produk manisan terbaru hingga berbagai pelosok daerah. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan omset penjualan

dengan mengikuti berbagai macam bazar makanan  yang diadakan pihak swasta maupun pemerintah. Melalui event tersebut, Anda bisa memberikan penawaran diskon menarik serta membagikan brosur maupun pamflet kepada para pengunjung pameran untuk menginformasikan daftar harga serta produk yang kita tawarkan. Strategi pemasaran tersebut cukup efektif, sehingga jangkauan pasar yang kita miliki semakin luas dan peluang mendapatkan omset besar setiap bulannya semakin terbuka lebar.

Kunci Sukses


Yang terpenting dalam menjalankan bisnis cemilan manisan adalah kejelian Anda dalam memenuhi permintaan pasar. Karenanya, Anda harus benar-benar jeli mengikuti perkembangan makanan produk terbaru yang sedang diburu konsumen, dan menawarkan harga bersaing untuk menarik minat pelanggan.

Analisa Ekonomi
Modal awal
Sewa tempat 1 tahun Rp 10.000.000,00
Renovasi dan display tempat usaha Rp 5.000.000,00
Komputer Rp 4.000.000,00
Kulakan bahan bahan Rp 10.000.000,00+
Total Rp 29.000.000,00

Omset per bulan
Penjualan per bulan :
Penjualan manisan dengan harga rata-rata :
@ Rp 7000,00 x 10 buah = Rp 70.000,00


Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat yang akan membuka bisnis di bidang kuliner, dan semoga bisa membantu pemula mencari insppirasi usaha. Amati perkembangan pasar di sekitar Anda dan penuhi kebutuhan mereka untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.