Jumat, Januari 13

BISNIS PLAN USAHA PAKAIAN MUSLIM




I.       Pendahuluan
Laju pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belakangan ini memang cukup pesat. Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Meskipun sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu lalu sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti inilah yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

II.    Konsumen
Target pasar yang dibidik adalah kalangan remaja sampai dewasa. Terutama untuk kalangan remaja apalagi mahasiswi khususnya yang memakai kerudung. Pakaian yang dijual ini dari bahan katun yang nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan, dengan pakaian yang nyaman di tubuh dan menyerap keringat akan bagus untuk pemakainya.

III.    Bagaimana Memulai Bisnis
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
3.1. Skill Dan Pengetahuan
Modal utama untuk memulai bisnis adalah skill dan pengetahuan tentang bisnis apa yang akan dijalankan. Perkembangan fashion pakaian muslim yang saat ini laris manis di pasaran dapat membuka peluang untuk usaha. Untuk itu sangat diperlukan kejelian dalam  melihat perubahan minat konsumen melalui majalah, internet, maupun mengamati langsung pakaian yang sedang digemari masyarakat luas.

3.2.Kerjasama
Menjalin kerjasama dengan supplier pakaian muslim yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan pakaian yang di gunakan.

       3.3 Tenaga Kerja
Untuk Tenaga kerja harus memiliki skill bagus dalam berjualan serta dapat melayani pembeli dengan baik. Karena tenaga kerja merupakan factor pendukung berjalannya suatu usaha agar kedepannya lebih baik. Bila perlu lakukan seleksi ketat sebelum akhirnya menentukan tenaga kerja yang akan dipekerjakan.
3.4 Kualitas
Selalu melakukan pengontrolan (quality control) pada produk yang telah diproduksi, hal ini penting agar kualitas produk tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan produk pakaian lainnya yang ada di pasaran. Kualitas dari suatu produk sangat menentukan ketertarikan pembeli.
        3.5 Trending Topic
Memperhatikan perkembangan trend pakaian sangat penting agar produk-produk yang di ciptakan tidak ketinggalan jaman dan laris manis diserbu konsumen. Trend fashion setiap saat dapat berubah agar tidak kalah bersaing, jadi perlu di amati dengan baik. Pada saat ini trend yang sedang digemari oleh kalangan remaja adalah pakaian dengan warna yang soft, terlihat simple, pakaian yang di beri ombre/ pom-pom kecil, dan lain-lain.

IV.    Keuntungan Bisnis Boneka
Tak bisa dipungkiri bahwa sampai kapanpun pakaian akan masih terus digandrungi para konsumen dari berbagai kalangan walau mereka sudah banyak memiliki pakaian. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela menyisihkan uangnya hanya untuk mengoleksi berbagai macam pakaian yang mereka sukai. Peluang inilah yang dimanfaatkan sebagian besar pelaku usaha sehingga mereka bisa meraup untung besar setiap bulannya melalui penjualaan pakaian muslim yang memiliki nilai jual cukup tinggi.
Selain minat konsumen perorangan yang masih sangat tinggi, saat ini banyak instansi yang mulai memanfaatkan peluang ini untuk berwirausaha. Kondisi ini tentunya menjadi peluang besar bagi para produsen pakaian, sebab permintaan konsumen tidak hanya dari perorangan saja namun juga bisa melayani pesanan masal dari instansi tertentu. 

V.    Kendala Bisnis
Beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha pakaian yaitu banyaknya pesaing yang berjualan pakaian juga dan kebanyakan sudah memiliki pelanggan tetap. Dimana semakin hari semakin kreatif dan inovatif dalam membuat suatu pakaian yang digandrungi oleh para remaja. Disamping itu, para pelaku bisnis banyak yang mulai memanfaatkan social media sangat pintar untuk menarik perhatian pembeli. Maka dari itu kami harus memikirkan bagaimana agar pembeli nya tetap stabil. Dan sebisa mungkin jalin kerjasama dengan supplier pakaian yang terpercaya dan harga jual yang ditawarkan tidak kalah bersaing.

VI.  Strategi Pemasaran
Untuk memperluas jaringan pemasaran produk pakaian. Dapat melakukannya dengan mengikuti berbagai macam pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi pemerintahan maupun swasta. Melalui kegiatan tersebut, Anda bisa mengenalkan produk produk unggulan kepada masyarakat luas, menambah jaringan bisnis, dan memperbesar peluang pasar yang dimiliki.
Selanjutnya untuk memperluas jangkauan pasar, bisa memanfaatkan media massa seperti memanfaatkan internet marketing sebagai solusi tepat pemasaran UKM. Banyaknya para pengguna social media membuat pemasaran akan lebih mudah dan menghemat biaya. 

VII.  Kunci Sukses
Sebagai pelaku UKM ada dua kunci sukses yang perlu di terapkan. Pertama, pupuklah mental juara dalam diri sendiri dan jadilah pemenang dalam setiap tantangan yang ada. Jangan pernah takut dengan persaingan yang ada di depan, karena dalam setiap tantangan ada peluang baru yang bisa di manfaatkan. Kedua, teruslah kreatif dan inovatif untuk menghadapi gempuran persaingan pasar yang semakin pesat. Bila kualitas produk yang dihasilkan tetap terjaga, maka para competitor pun akan kesulitan dalam menduplikasi produk. 

VIII.    Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi
Modal awal
Untuk modal awal tergantung ada berapa banyak pesanan baju, karena penjualan tergantung ada atau tidaknya pesanan. Saya sebagai pihak reseller yang mengambil barang pada supplier.
Laba bersih per bulan
Untuk laba bersih yang di dapat sekitar Rp 240.000

IX.       PENUTUP

Persaingan pasar di dunia usaha semakin pesat dan begitu banyaknya orang-orang yang sudah mulai membuka suatu usaha. Usaha yang ada pun dibuat lebih menarik dan inovatif agar tidak kalah bersaing dengan produk lain. Dengan demikian, kita harus dapat membuat sebuah usaha yang menarik perhatian orang lain. Untuk bisnis yang sekarang saya jalani semoga kedepannya dapat membuka usaha sendiri, menjalankan usaha dengan baik dan tidak kalah dalam persaingan yang semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.