Minggu, Januari 8

Bisnis Plan



BISNIS PLAN iCOBAiN’s

Banyak peluang yang bisa di manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis baru tersebut sekalipun dikalangan mahasiswa bukanlah menjadi penghalang untuk memulai berwirausaha. Tergantung bagaimana membuat inovasi dan kreasi ketika terjun ke bisnis tersebut. Inovasi tanpa kreasi tidak akan sukses, kreasi tanpa di sertai tindakan nyata hanyalah impian semata. Sebelum terjun ke dunia bisnis ini kita harus mempersiapkan mental dan modal yang terkadang tidak sedikit jumlahnya.


Berikut ini saya informasikan salah satu ide bisnis yang bisa saya jadikan sebagai peluang usaha, yaitu iCOBAiN’s. Icobain’s adalah suatu usaha dalam bidang kuliner yang menjual makanan semacam bento yang berisi nasi atau mie dengan berbagai macam topping lauknya dan berbagai macam saus, dengan harga yang relatif murah yaitu mulai dari Rp. 10.000,- bisa dinikmati oleh semua kalanga. Walaupun memiliki harga yang murah, kami tetap memiliki kualitas yang baik.

Konsumen
Target pasar yang bisa saya bidik adalah dari berbagai kalangan, anak-anak, remaja, sampai orang dewasa sekalipun pasti membutuhkan makan makanan yang murah dan enak. Bento ini bisa dijadikan pilihan menu makanan mereka karna selain membuat kenyang bento ini juga murah yang pas dikantong para anak-anak dan remaja. Karena disajikan dengan cepat juga bisa membuat mereka tidak usah menunggu lama, apalagi yang mempunyi waktu istirahat yang sebentar, bento ini sudah pasti pilihan yang pas.

Memulai Bisnis Bento.
Untuk menjalankan pe;uang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang perlu saya siapkan terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.      Modal utama saya adalah harus memilih topping berupa (ayam, ikan, udang dan berbagai macam seafood) yang baik dan masih segar. Jadi saya harus mencari terlebih dahulu dimana saya bisa membelinya yang memenuhi syarat.
2.      Menjalin kerjasama dengan supplier seafood yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan yang ingin digunakan.
3.      Mencari tenaga kerja yang benar-benar kreatif dan memiliki skill bagus dalam hal memasak maupun membuat menu saus baru. Dan disini bila perlu saya harus lakukan seleksi ketat sebelum akhirnya menentukan tenaga kerja,
4.      Selalu lakukan pengontrolan (quality control) pada produk makanan yang telah dibuat, hal ini agar kualitas makanan tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan bento lainnya yang ada di pasaran.

Keuntungan Bisnis Bento
Makanan tak bisa dipungkiri bahwa sampai kapanpun masih terus dibutuhkan oleh para konsumen dari berbagai kalangan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela membeli makanan yang mahal dan enak yang mereka sukai. Peluang inilah yang dimanfaatkan saya sebagai besar pelaku usaha sehingga bisa menghasilkan untung besar setiap bulannya melalui bento yang enak yang memiliki harga yang murah.

Kendala Bisnis Bento
Beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha makanan yaitu ketersediaan bahan baku yang sering terlambat dan sedikitnya bahan baku yang di produksi. Bila konsumen sedang naik, persediaan bahan baku sedikit sehingga mengakibatkan kekecewaan konsumen yang datang ingin makan bento ini.

Strategi Pemasaran
Untuk memperluas jaringan pemasaran bento ini, saya akan melakukannya dengan mengikuti berbagai macam pameran UKM yang sering diselenggarakan instansi pemerintahan maupun swasta. Melalui kegiatan tersebut, saya bisa mengenalkan makanan ini kepada masyarakat luas, menambah jaringan bisnis, dan memperbesar peluang pasar yang dimiliki.
Selain itu untuk memulai usaha ini saya akan memberikan promo untuk menarik perhatian pelanggan dan pastinya saya akan selalu membuat ide baru untuk menu selanjutnya.

Kunci Sukses
1.      Saya harus punya mental juara dalam diri saya, dan menjadilah pemenang dalam setiap tantangan yang ada. Saya berusaha agar tidak pernah takut dengan persaingan yang ada di depan saya, karena dalam setiap tantangan ada peluang baru yang bisa saya manfaatkan.
2.      Saya berusaha untuk terus kreatif dan inovatif untuk menghadapi gempuran persaingan. Karena bila kualitas makanan yang saya hasilkan tetap terjaga, maka para konsumenpun akan terus setia untuk membeli makanan di tempat saya.

Analisa Ekonomi
1.      Asumsi
       Proses produksi dilakukan dengan cara menyewa tempat usaha, dan yang digunakan untuk sewa tempat sebesar Rp. 2.000.000,- per bulannya.

2.      Modal Awal
Perabot dan peralatan                                                                   Rp. 1.000.000,-
Bahan baku                                                                                   Rp. 1.500.000,-

3.      Omset Perhari
       Bento Rp. 15.000 /pcs. (x50 pcs)                                                 Rp. 750.000,-

Penutup
            Jadi icobains ini merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak dibidang makanan, dan makanan yang disediakan ini sangat aman untuk dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang baik di dalamnya. Kuliner ini dapat dikonsumsi oleh siapapun, mulai dari anak-anak, remaja dan orangtua sekalipun karena kami memiliki harga yang murah yang mulai dari 10.000. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.