Rabu, Januari 11

BISNIS PLAN

Bisnis Plan Usaha Sweater Rajut

I.                   Pendahuluan
Latar belakang
                     Belakangan ini, rajutan kembali menjadi salah satu hal yang paling dilirik oleh masyarakat. Selain karena motif yang unik dan bermacam-macam, rajutan juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak semua orang dapat membuat rajutan karena butuh ketelitian dan kreatifitas. Alasan saya  dan tante saya menjual produk ini adalah mulanya kegemaran saya menggunakan sweater untuk berpergian sehari-hari, dan pada saat saya membaca peluang bisnis, fashion keduanya memang sedang menjadi tren dibanyak kalangan khususnya remaja-dewasa. Dan kebutuhan pula yang menjadikan dasar saya menjual produk ini, musim hujan yang tidak beraturan dan daya beli yang tinggi yang membuat saya berani untuk menjual produk ini secara online.

II.                Target Pasar
Konsumen
Kerajinan rajut cenderung digemari oleh para wanita, khususnya ibu-ibu. Namun seiring dengan perkembangan mode saat ini, kerajinan rajut juga mulai digemari para remaja putri. Masyarakat sekitar dan teman-teman kampus UMB
         
III.             Bagaimana Memulai Bisnis
-          Skill dan Pengetahuan
Dalam menjalankan usaha ini pastinya harus membutuhkan skill dalam hal memilih bahan baku untuk pakaian dengan baik dan benar
-          Tenaga Kerja
Mengenai tenaga kerja, saya dan tante saya masih memulai usaha ini dengan sendiri. karena usaha ini masih kecil-kecilan.
-          Kerjasama atau Jaringan
Saat ini kami masih usaha sendiri, belum mencoba untuk bekerja sama atau bergabung dengan yang lainnya. Dan saya memasarkan usaha saya ini dengan membuat iklan di sosial media, dan dari mulut ke mulut saja.
-          Kualitas
Kualitas AyasShop ini sudah tidak diragukan lagi, karena kami menjual pakaian yang sangat berkualitas dan produknya pun sangat terjamin. Pakaian-pakaian yang kami jual ini pastinya fashion yang lagi tren pada saat ini di kalangan remaja ataupun anak kuliahan. Dan harganyapun sangat terjangkau untuk para pembeli.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
·         Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
·         Bermacam-macam model dan ukurannya
·         Sesuai dengan selera konsumen

-          Trending Topic
AyasShop ini sendiri belum pernah booming di sosial media ataupun di dunia maya, karena kami memulai usaha bisnis fashion ini baru kecil-kecilan dan belum sampai

IV.             Keuntungan Bisnis
Besarnya minat para konsumen akan kerajinan, mampu menjadi salah satu peluang usaha kerajinan rajut untuk meramaikan pasar. Keunikan dari tiap rajutan yang saling terkait dalam produk rajut dalam memberikan untun yang cukup besar bagi para pengrajin. Disamping itu, untuk memulai bisnis rajut tidak dibutuhkan peralatan dan bahan baku yang mahal. Sehingga modal utama dari bisnis ini adalah keterampilan dan ketelitian dalam menghasilkan kerajinan rajutan.

V.                Kendala Bisnis
Kendala yang sering dihadapi adalah pengerjaan kerajinan rajut membutuhkan waktu yang relative lama, karena pengerjaannya secara manual. Selain itu untuk menhasilkan produk yang berkualitas, diperlukan ketelitian dan keterampilan merajut.

VI.             Strategi Pemasaran
Saya melakukan promosi produk saya melalui sejumlah media elektronik, maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membuka online shop di berbagai jejaring social media yang seperti instagram, dan blog. Sedangkan promosi dari mulut ke mulut, saya lakukan dengan mendekati teman-teman terdekat dikampus.

VII.          Kunci Sukses
Yang pertama itu niat dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha dan yang terpenting tingkatkan keterampilan serta kreativitas, agar menghasilkan kerajinan rajut yang berkualitas dan diminati banyak konsumen.

VIII.       Analisa Ekonomi
Modal awal bahan
-          benang rajut dan aksesorisnya Rp. 500.000,00
-          peralatan (jarum, gunting dll)              Rp. 100.00,00 +
total                                                     Rp. 600.000,00

Biaya operasional
bahan-bahan                                        Rp. 500.000,00

Omset perminggu                 
-          cardigan rajut                                      Rp. 70.000,00 x 3 = Rp. 210.000,00
-          sweater rajut                                        Rp. 80.000,00 x 2 = Rp. 160.000,00 +
total                                                                                   = Rp. 370.000,00

Omset perbulan                                 Rp. 370.000,00 x 4 = Rp. 1.480.000,00

Laba bersih perbulan
Rp. 1.480.000,00 – Rp. 500.000,00 = Rp. 980.000,00

IX.             Kesimpulan
Sweater di AyasShop yang berbeda dari dipasaran dan yang mengikuti fashion luar yang sedang banyak digandrungi banyak kalangan wanita semua umur akan dipastikan dan sudah menjadi salah satu gaya, yang dimana menjadikan saya berani untuk menjual barang ini, dan karena permintaan pasar/konsumen yang tinggi. Serta minat dan daya beli yang tinggi yang dimiliki oleh konsumen jaman sekarang, serta kemudahan atas penjualan barang, cara pemesanan dan transaksi pembayaran. Itu menjadi daya tarik tersendiri untuk pembeli online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar